Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
40Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ketentuan Hukum Pasar Derivatif

Ketentuan Hukum Pasar Derivatif

Ratings: (0)|Views: 7,504|Likes:
Published by Tenziku

More info:

Published by: Tenziku on Mar 19, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/29/2013

pdf

text

original

 
DERIVATIF:TINJAUAN HUKUM DAN PRAKTEK DI PASAR MODALINDONESIA
Oleh:Edi Broto Suwarno, SH., LL.M
1
I.MENGENAL PASAR MODAL1.Pengertian Pasar Modal
Pasar Modal adalah kegiatan yang bersangkutan dengan PenawaranUmum dan perdagangan Efek, Perusahaan Publik yang berkaitandengan Efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yangberkaitan dengan Efek.
2.Lembaga Penunjang Pasar Modala.Bursa Efek
Bursa Efek adalah Pihak yang menyelenggarakan danmenyediakan sistem dan atau sarana untuk mempertemukanpenawaran jual dan beli Efek Pihak-Pihak lain dengan tujuanmemperdagangkan Efek di antara mereka. Pengertian inimencakup pula sistem dan atau sarana untuk mempertemukanpenawaran jual dan beli Efek, meskipun sistem dan atau saranatersebut tidak mencakup sistem dan atau sarana untukmemperdagangkan Efek.
 b.
Biro Administrasi Efek
.Biro Administrasi Efek (BAE) adalah pihak yang berdasarkankontrak dengan Emiten melaksanakan pencatatan pemilikan Efekdan pembagian hak yang berkaitan dengan Efek.
c.
Kustodian
.Kustodian adalah Pihak yang memberikan jasa penitipan Efekdan harta lain yang berkaitan dengan Efek serta jasa lain,termasuk menerima deviden, bunga, dan hak-hak lain,menyelesaikan transaksi Efek, dan mewakili pemegang rekeningyang menjadi nasabahnya. Kegiatan usaha sebagai Kustodiantersebut dapat diselenggarakan oleh Lembaga Penyimpanan dan
1
 
Bekerja di Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam), Departemen Keuangan RI, KepalaSub Bagian Pengawasan Perusahaan Efek I. Tulisan ini disampaikan dalam
Finance Law Workshop: Derivatives Transaction
tanggal 21 September 2003 di Hotel Borobudur, Jakarta.
1
 
Penyelesaian (LPP), Perusahaan Efek, atau Bank Umum yangtelah mendapat persetujuan dari Bapepam.
d.Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian
Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian adalah Pihak yangmenyelenggarakan kegiatan Kustodian sentral bagi BankKustodian, Perusahaan Efek, dan Pihak lain. Saat ini dilakukanoleh PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).
e.Bank Kustodian
Bank Kustodian adalah pihak yang memberikan jasa PenitipanKolektif dan harta lainnya yang berkaitan dengan Efek. PenitipanKolektif yang dimaksud disini adalah jasa penitipan atas Efekyang dimilki bersama oleh lebih dari satu Pihak yangkepentingannya diwakili oleh Kustodian.
f.Lembaga Kliring dan Penjaminan.
Lembaga Kliring dan Penjaminan adalah Pihak yangmenyelenggarakan jasa kliring dan penjaminan penyelesaianTransaksi Bursa, yaitu kontrak yang dibuat oleh Anggota BursaEfek, yaitu Perantara Pedagang Efek yang telah memperoleh izinusaha dari Bapepam dan mempunyai hak untuk mempergunakansystem dan atau sarana Bursa Efek menurut peraturan BursaEfek, sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh Bursa Efekmengenai jual beli Efek, pinjam meminjam Efek, atau kontrak lainmengenai Efek atau harga Efek. Saat ini dilakukan oleh PT.Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI).
g.
 Wali Amanat.
 Wali Amanat adalah pihak yang mewakili kepentinganPemegang Efek bersifat utang. Bank Umum yang akan bertindaksebagi Wali Amanat wajib terlebih dahulu terdaftar di Bapepamuntuk mendapatkan Surat Tanda Terdaftar sebagai Wali Amanat.
h.
Pemeringkat Efek
.Perusahaan Pemeringkat Efek adalah pihak yang menerbitkanperingkat-peringkat bagi surat utang (
debt securities
), sepertiobligasi dan
commercial paper 
. Sampai saat ini, Bapepam telahmemberikan izin usaha kepada dua Perusahaan PemeringkatEfek yaitu PT Pefindo dan PT Kasnic Duff & Phelps Credit RatingIndonesia.
3.Profesi Penunjang Pasar Modal
a.
Akuntan Publik
 
2
 
Akuntan Publik adalah pihak yang memberikan pendapat ataskewajaran, dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasilusaha serta arus kas sesuai dengan prinsip akuntansi yangberlaku umum. Akuntan yang melakukan kegiatan di bidangPasar Modal wajib terlebih dahulu terdaftar di Bapepam untukmendapatkan Surat Tanda Terdaftar Profesi Penunjang PasarModal untuk Akuntan.
 b.
Konsultan Hukum
.Konsultan Hukum yang melakukan kegiatan di bidang PasarModal wajib terlebih dahulu terdaftar di Bapepam untukmendapatkan Surat Tanda Terdaftar Profesi Penunjang PasarModal untuk Konsultan Hukum.
c.
Penilai
.Penilai adalah Pihak yang melakukan penilaian terhadap aktivatetap perusahaan. Penilai yang melakukan kegiatan di bidangPasar Modal wajib terlebih dahulu terdaftar di Bapepam untukmendapatkan Surat Tanda Terdaftar Profesi Penunjang PasarModal untuk Penilai.
d.Penasihat Investasi.
Penasihat Investasi adalah Pihak yang memberi nasihat kepadaPihak lain mengenai penjualan atau pembelian Efek denganmemperoleh imbalan jasa.
e.
Notaris
.Notaris adalah Pejabat Umum yang berwenang membuat AktaAnggaran dasar dan Akta Perubahan Anggaran Dasar termasukpembuatan Perjanjian Penjaminan Emisi Efek, Perjanjian AntarPenjamin Emisi Efek, Perjanjian Perwaliamanatan, PerjanjianAgen Penjual dan perjanjian lain yang diperlukan. Notaris yangmelakukan kegiatan di bidang Pasar Modal wajib terlebih dahuluterdaftar di Bapepam untuk mendapatkan Surat Tanda TerdaftarProfesi Penunjang Pasar Modal untuk Notaris.
4.Pelaku Pasar Modal
a.
Perusahaan Efek
.Perusahaan Efek adalah pihak yang melakukan kegiatan usahasebagai Penjamin Emisi Efek, Perantara Pedagang Efek, dan atauManajer Investasi.
1)
Penjamin Emisi Efek
.
3

Activity (40)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
jendralbroe liked this
Angga Frastia liked this
Ahrs Racer liked this
zarya2010 liked this
Yaumil Firdaus liked this
rullysapra liked this
Sitioktovani Vn liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->