Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1.3KActivity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Metode Analisis Data

Metode Analisis Data

Ratings:

4.58

(12)
|Views: 179,407|Likes:
Published by Tenziku

More info:

Published by: Tenziku on Mar 19, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
Also found in:accounting study
See More
See less

01/14/2014

pdf

text

original

 
1
POKOK BAHASAN IMETODE ANALISIS DATA
A. DATA, STATISTIK, DAN PENELITIAN
Data adalah informasi tentang sesuatu. Data yang dikumpulkan berapapunbanyaknya, bukanlah merupakan tujuan dari penelitian. Akan tetapi data dapatmerupakan sarana untuk memudahkan penafsiran dan memahami maknanya. Jadipengambilan (pengumpulan) data merupakan langkah yang penting dalam penelitian.Agar memudahkan untuk penafsiran, data yang sudah terkumpul harus ditabulasikan.Cara-cara tabulasi data dapat dipelajari saat kita mempelajari Statistik.Data yang sudah ditabulasi, jika diperhatikan dengan cermat dan sungguh-sungguh menimbulkan sejumlah pertanyaan, atau dapat mengungkapkan hal-haltertentu. Kemungkinan, kita akan melihat sejumlah keganjilan atau penyimpangansehingga menimbulkan pertanyaan mengapa bisa terjadi demikian. Meskipun tanpaatau belum menggunakan perhitungan-perhitungan statistik, hanya menggunakanpikiran, imajinasi dan kecermatan pengamatan kita dapat mendekati makna data yangkita hadapi. Dengan selalu menggunakan pertanyaan-pertanyaan kita mencobaberusaha memperoleh jawaban dari data itu.Dengan menggunakan statistik, data dapat diolah dengan lebih eksak. Denganstatistik mungkin pula dapat mengungkapkan aspek-aspek baru, sehingga dapatmemancing pemahaman baru yang dapat membantu kita dalam menelaah data yangkita hadapi.Secara umum statistik dapat membantu kita dalam :a. Menghitung nilai tengah data.Dengan menghitung nilai tengah data (mean, median, modus) kita bisamengetahui kecenderungan dari data tersebut. Hasil dari nilai statistik ini seringterlihat aneh jika dibandingkan dengan yang terdapat dalam dunia nyata.b. Mengetahui sebaran atau distribusi data.Distribusi data umumnya mengikuti distribusi normal yang berbentuk lonceng.Kebanyakan data berkelompok di bagian tengah, dan berangsur-angsur berkurang kebagian tepinya. Makin jauh dari titik tengah berarti makin besar deviasi atau
 
2
penyimpangannya. Dari sini dapat dihitung penyimpangan rata-rata ataupenyimpangan bakunya.c. Mengetahui hubungan antara suatu data dengan data lain.Seperti kita ketahui banyak fakta menunjukkan saling berhubungannya antaravariabel yang satu dengan variabel yang lainnya. Bahkan dalam dunia nyatahubungan antar variabel tersebut sedemikian kompleksnya. Untuk menganalisishubungan yang sangat kompleks sangatlah tidak mungkin. Untuk itu kita harusmenyederhanakan hubungan tersebut dengan membuat model-model hubungandengan sejumlah asumsi-asumsi. Dalam mengetahui hubungan-hubungan ini statistiksangat membantu untuk menghitung besar dan sifat dari hubungan itu. Hubungan inibiasa dikenal dengan korelasi dan regresi. Untuk mendapatkan koefisien korelasi atauregresi kita bisa dilakukan dengan bantuan komputer. Tetapi bukan berarti jikakoefisien korelasi atau regresi sudah kita dapatkan lalu masalahnya menjadi telahterpecahkan dan penelitian selesai. Tidak. Komputer hanyalah sebuah alat ataumesin yang membantu kita menghitung, tetapi ia tidak dapat berpikir. Yang harusberpikir adalah penelitinya sendiri. Penelitilah yang harus menafsirkan danmengiterpretasi nilai-nilai hasil perhitungan komputer tersebut.d. Mengetahui sejauh mana data sesuai atau menyimpang dengan standar.Pada umumnya alam mengikuti aturan-aturan tertentu. Salah satunya adalahdistribusi normal. Sebagian besar kejadian dialam mengikuti distribusi normal. Kurvanormal yang ditemukan oleh Karl Fredrich Gauss menunjukkan bahwa jumlahterbanyak adalah yang mengitari angka rata-rata berkelompok di bagian tengah danke sebelah kanan dan kirinya semakin menipis sehingga jika digambarkan akanmembentuk lonceng yang simetris. Kurva normal ini menunjukkan adanyakeseimbangan dalam alam. Jika suatu distribusi menyimpang dari kurva normal,maka ini pertanda adanya faktor-faktor eksternal yang mempengaruhinya di luarfaktor-faktor alamiah. Adanya pengaruh eksternal ini harus diselidiki. Tujuannyaadalah mengkonfirmasi data dengan data yang diharapkan menurut kurva normal.
 
3
Gambar : Peranan Statistika Dalam Penelitian
B. SKALA PENGUKURAN DATA
Kesesuaian antara macan data dengan metode analisis statistiknya didasarkanpada skala pengukuran datanya. Berdasarkan skala pengukurannya, data dibedakanmenjadi 4 macam, yaitu :
1. Skala Nominal
Data yang diukur menggunakan skala nominal menghasilkan data yangsifatnya hanya penamaan atau menbedakan saja. Data nominal merupakan datayang tingkatannya paling rendah. Data nominal hanya berupa kategori saja. Misalnya: Jenis kelamin, agama, dan sebagainya. Sering juga data nominal diberi simbolbilangan saja. Misalnya : laki-laki diberi nilai 1, perempuan diberi nilai 2.
STATISTIKA
METODEPENGUMPULAN DATA
METODEANALISIS DATA
SUMBER
DATA
DATA
EMPIRIK
INFORMASI
EMPIRIK
AKURAT

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->