Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam

Ratings: (0)|Views: 49 |Likes:
Published by Nadya Jondri

More info:

Published by: Nadya Jondri on Apr 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/06/2013

pdf

text

original

 
1
BAB 1PENDAHULUAN
1.1.
 
Latar Belakang
Kelangsungan hidup manusia di muka bumi ini tidak dapat dilepaskan dariketersediaan sumber daya alam dan lingkungannya. Manusia tidak dapat hidup tanpaadanya sumber daya alam seperti udara dan air, begitu juga sumber daya alam sepertihutan yang tidak hanya memberikan kontribusi untuk kehidupan manusia, tetapi juga bagi kesejahteraan bangsa. Alam telah menyediakan berbagai kebutuhan hidup manusiadan makhluk hidup lainnya dalam bentuk sumber daya alam baik yang biotik maupunabiotik. Sedangkan lingkungan menyediakan ruang gerak bagi manusia dan makhluk hidup lainnya untuk melakukan segala aktifitas kehidupannya. Untuk itu, sumber dayaalam dan lingkungan merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan darikehidupan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan hidupnya.Kehidupan dan kesejahteraan manusia sangat bergantung pada kelestarian sumber daya alam dan lingkungan. Pengelolaan sumber daya alam yang baik akan meningkatkankesejahteraan manusia, begitu juga sebaliknya, pengelolaan sumber daya alam yang buruk akan menimbulkan dampak yang buruk bagi kelangsungan hidup manusia danmakhluk hidup lainnya. Maka dari itu, manusia seharusnya mampu melakukan pengelolaan yang baik terhadap sumber daya alam dan lingkungan sehingga dapatmenghasilkan manfaat bagi kehidupan dan kesejahteraan manusia tanpa mengurangi danmerusak kelestariannya.
1.2.Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang masalah, maka dapat dirumuskan permasalahansebagai berikut:1.
 
Apa pengertian sumber daya alam?2.
 
Apa saja klasifikasi sumber daya alam?3.
 
Bagaimana seharusnya pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup?4.
 
Apa masalah kependudukan dan lingkungan hidup yang berdampak pada kelestariansumber daya alam dan lingkungan hidup?5.
 
Bagaimana upaya pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup?
 
2
BAB IIPEMBAHASAN
2.1. Pengertian Sumber Daya Alam
Pada dasarnya istilah sumber daya merujuk pada sesuatu yang memiliki nilaiekonomi atau dapat memenuhi kebutuhan manusia berupa input-input yang bersifatlangka yang dapat menghasilkan utilitas (kegunaan/kemanfaatan) baik melalui proses produksi maupun bukan, dalam bentuk barang dan jasa. Dari pengertian sumber daya,sumber daya alam dapat berbentuk sebagai faktor produksi dari alam yang digunakanuntuk menyediakan barang dan jasa, komponen dari ekosistem yang menyediakan barang dan jasa yang bermanfaat bagi kebutuhan manusia, dan sumber daya yangdisediakan atau dibentuk oleh alam. (Sumardjono et al, 2009)Terdapat beragam definisi mengenai SDA, yang umumnya bersumber dari aspek  pemanfaatan dan nilai ekonominya, atau secara lebih luas terletak pada aspek  pengelolaannya. Selain itu, berbagai definisi SDA juga menunjukkan pandangan daridisiplin dan kepentingan tertentu.
2.2. Klasifikasi Sumber Daya Alam
Secara umum sumber daya alam dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok,yaitu sumber daya alam
 stock 
dan sumber daya alur atau
 flows
. Sumber daya alam stok merupakan jenis sumber daya yang jumlahnya terbatas di muka bumi ini dan jumlahnyatidak dapat diperbaharui. Eksploitasi terhadap sumber daya akan menghabiskancadangannya. Sumber daya yang kita peroleh di masa kini belum tentu dapat diperoleh dimasa yang akan datang. Adapun sumber daya yang termasuk ke dalam kategori stok adalah minyak bumi, logam, mineral, dan lain-lain. Sedangkan sumber daya alur atau
 flows
merupakan sumber daya yang dapat diperbaharui. Kuantitasnya ada yangdipengaruhi dan tidak dipengaruhi oleh proses biologi. Sumber daya alam yangkeberadaannya tergantung pada proses biologi adalah ikan dan hutan. Sedangkan energisurya, udara, air, dan sebagainya merupakan contoh sumber daya alur yangkeberadaannya tidak dipengaruhi oleh proses biologi. (Fauzi, 2007)Sumber daya alam juga dapat diklasifikasikan sebagai berikut:1.
 
Berdasarkan Sifat
 
3
Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua,yaitu :a.
 
Sumber Daya Alam Hayati ( SDA Biotik); merupakan sumber daya yang terdiridari makhluk hidup seperti hutan,rumput,tanaman perkebunan dll. b.
 
Sumber Daya Alam Fisik atau Non Hayati (SDA Abiotik); merupakan sumber daya yang bukan makhluk hidup seperti tanah,air,udara,batuan.2.
 
Berdasarkan Habitat atau SubstratSDA dapat dibedakan menjadi :a.
 
SDA Terestris (daratan) b.
 
SDA Akuatik (perairan)3.
 
Berdasarkan Pemulihannyaa.
 
SDA Yang Terpulihkan (dapat diperbaharui); merupakan sumber daya alam yangdapat diproduksi secara berkesinambungan seperti tumbuhan,hewan,dan bahansintetik. b.
 
SDA Yang Tak Terpulihkan (tidak dapat diperbaharui); merupakan sumber dayaalam yang tidak diproduksi terus menerus seperti biji logam, gas bumi, batu bara,dan minyak bumi.c.
 
SDA Yang Tak Akan Habis; merupakan sumber daya alam yang tersediasepanjang masa seperti energi matahari, energi pasang surut, air dalam siklushidrologi.3.
 
Berdasarkan Pemanfaatana.
 
SDA Energi; merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk sumber energi. b.
 
SDA Materi; merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan dalam bentuk  benda misalnya, kapas, kayu, kaca, dan lain-lain.c.
 
SDA Hayati; merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup.d.
 
SDA Ruang; merupakan sumber daya alam berupa tempat hidup, seperti area tanahdan ruang angkasa.
2.3. Konsep Pengelolaan Sumber Daya Alam
 Hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan sumber daya alamadalah bagaimana memenuhi kebutuhan hidup manusia yang tidak terbatas denganketersediaan sumber daya alam yang cenderung terbatas atau langka. Tingkatketersediaan ini mengindikasikan bagaimana seharusnya manusia mengelola sumber 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->