Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RUANG LINGKUP EKONOMI

RUANG LINGKUP EKONOMI

Ratings: (0)|Views: 68 |Likes:
Published by Dewi Ayu Kartika
Tugas
Tugas

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Dewi Ayu Kartika on Apr 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/05/2013

pdf

text

original

 
1.DEFINISI DAN METODOLOGI EKONOMI
Ekonomi
adalahilmu sosialyang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungandengan produksi,distribusi,dankonsumsiterhadap barangdan jasa. Istilah "ekonomi" sendiri berasal dari bahasaYunani,yaitu
oikos
yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan
nomos
yang berarti "peraturan, aturan,hukum". Secara garis besar, ekonomi diartikansebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sedangkan Ilmuekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih danmenciptakan kemakmuran.
DEFINISI EKONOMI MENURUT PARA AHLI
ADAM SMITH 
Adam Smith dikenal sebagai filsuf berkebangsaan Skotlandia. Ia juga dikenaloleh Bangsa Barat sebagai Bapak Ekonomi. Teori ekonominya, laissez faire,merupakan teori ekonomi pasar bebas yang banyak memengaruhi ekonomi padaabad ke 18. Adam Smith telah menulis buku Wealth of Nations. Dalam bukunya,ekonomi adalah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan Negara.
MILL J. S
 
Ia adalah seorang ekonom, filsuf dan pejabat senior di Perusahaan East-India berkebangsaan Inggris. JS. Mill merupakan filsuf dan pembicara yang paling berpengaruh dari Inggris pada abad ke 19. Ia menciptakan berbagai macam teoridan kebijaksanaan yang menginspirasi bidang politik, ekonomi, dan sosial. BagiJohn Stuart Mill, ekonomi adalah praktek ilmiah tentang pengeluaran dan penagihan keuangan.
ABRAHAM MASLOW
Abraham Maslow dikenal masyarakat dunia sebagai psikolog dari Amerika. Disisi lain, Abraham Maslow membuat suatu teori bernama hierarchy of needs.
 
Dalam teori ini ia menyebutkan setidaknya ada 5 kebutuhan mendasar manusia.Tokoh ini juga terkenal akan pengertian ekonominya.Dalam pengertiannya,
 
Ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yangmencoba menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan manusia melalui penggemblengan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsipserta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien.
HERMAWAN KARTAJAYA
Hermawan Kartajaya adalah seorang pakar   pemasaranberkewarganegaraan Indonesia. Sejak tahun2002, ia menjabat sebagai PresidenWorld Marketing Associationdan olehThe Chartered Institute of Marketingyang berkedudukan di Inggris, ia dinobatkan sebagai
50 Gurus Who Have Shaped The Future of  Marketing 
. Saat ini ia juga menjabat sebagai PresidenMarkPlus & Co, perusahaan konsultan manajemen yang berbasis diAsiayang dirintisnya sejak tahun1990. Ia juga aktif menulis buku-buku seputar dunia pemasaran. Kartajayamerupakan orang Indonesia pertama yang memasuki ranah pemasaraninternasional dengan model yang ia buat sendiri. Ia adalah seorang yang unik kombinasi dari orang yang memiliki pemikiran akan konsep bisnis yang strategisdalam bidang marketing dan seorang praktisi. Ahli pemasaran yang namanyadiakui oleh dunia ini mengemukakan bahwa, Ekonomi adalah platform dimanasektor industri melekat diatasnya. Hermawan yang juga founder dan PresidentMarkPlus itu selalu mengatakan bahwa jika ingin membangun brand yang kuat perusahaan tidak boleh hanya mengandalkan iklan. Perusahaan harus melakukansesuatu yang mengena di benak konsumen, tidak sekadar menjual tetapi memilikiimplikasi jangka panjang.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->