Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENILAIAN KINERJA PUSKESMAS

PENILAIAN KINERJA PUSKESMAS

Ratings: (0)|Views: 56 |Likes:

More info:

Published by: Indah Puthri Hamdani on Apr 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/30/2013

pdf

text

original

 
PENILAIAN KINERJA PUSKESMAS (PKP)
D
alam rangka pemerataan pelayanan kesehatan dan pembinaan kesehatanmasyarakat telah dibangun Puskesmas. Puskesmas adalah Unit Pelaksana TeknisDinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang bertanggungjawab menyelenggaraanpembangunanan kesehatan di suatu wilayah kerja tertentu. Puskesmas berfungsisebagai (1) Pusat pembangunan wilayah berwawasan kesehatan ; (2) Pusatpemberdayaan masyarakat; (3) Pusat pelayanan kesehatan masyarakat primer ; (4)Pusat pelayanan kesehatan perorangan primer.
 
Untuk menunjang pelaksanaan fungsi dan penyelenggaraan upayanya,Puskesmas dilengkapi dengan insrumen manajemen yang terdiri dari (1) Perencanaantingkat puskesmas ; (2) Lokakarya Mini puskemas ; (3) Penilaian kinerja puskesmasdan manajemen sumberdaya termasuk alat, obat, keuangan, tenaga dan aset, sertadidukung dengan manajemen sistem pencatatan dan pelaporan yang disebut sisteminformasi manajemen puskesmas (SIMPUS) dan upaya peningkatan mutu pelayanan(antara lain melalui penerapan quality assurance).
 
Mempertimbangkan rumusan pokok-pokok program dan program-programunggulan sebagaimana disebutkan dalam rencana srategis Kementrian Kesehatan danspesifik daerah, maka area program yang akan menjadi prioritas di suatu daerah perludirumuskan secara spesifik oleh daerah sendiri demikian pula srategi dalampencapaian tujuannya yang harus disesuaikan dengan masalah, kebutuhan sertapotensi setempat.
 
Puskesmas merupakan ujung tombak terdepan dalam pembangunan kesehatan,mempunyai peran cukup besar dalam upaya mencapai tujuan pembangunan kesehatantersebut di atas, maka pedoman stratifikasi puskesmas yang telah dipergunakanselama ini telah disempurnakan, dan selanjutnya digunakan istilah
Penilaian KinerjaPuskesmas
.Penilaian kinerja Puskesmas adalah suatu upaya untuk melakukan penilaianhasil kerja/prestasi Puskesmas. Pelaksanaan penilaian dimulai dari tingkat puskesmas,sebagai instrumen mawas diri karena setiap Puskesmas melakukan penilaian
 
kinerjanya secara mandiri, kemudian dinas kesehatan kabupaten/ kota melakukanverifikasi hasilnya. Adapun aspek penilaian meliputi hasil pencapaian cakupan danmanajemen kegiatan termasuk mutu pelayanan (khusus bagi Puskesmas yang telahmengembangkan mutu pelayanan) atas perhitungan seluruh puskesmas. Berdasarkanhasil vertifikasi, dinas kesehatan kabupaten / kota bersama Puskesmas dapatmenetapkan Puskesmas ke dalam kelompok I,II,III (baik, sedang, kurang) sesuaidengan pencapaian kinerjanya.
 
Pada setiap kelompok tersebut, dinas kesehatan kabupaten / kota dapatmelakukan analisa tingkat kinerja Puskesmas berdasarkan rincian nilainya, sehinggaurutan pencapaian kinerjanya dapat diketahui, serta dapat dilakukan pembinaan secaralebih mendalam dan terfokus. Adapun manfaat Penilaian Kinerja Puskesmas yaitu :
 
 Penghargaan untuk Kategori Cakupan, Manajemen, Mutu dan Yanpublik 
 1.
Puskesmas mengetahui tingkat pencapaian (prestasi) kegiatandibandingkan dengan target yang harus dicapainya
 2.
Puskesmas dapat melakukan identifikasi dan analisis masalah,mencapai penyebab dan latar belakang serta hambatan masalah kesehatan diwilayah kerjanya berdasarkan adanya kesenjangan pencapaian kinerjaPuskesmas (out put dan out come).
 3.
Puskesmas dan Dinas Kesehatan kabupaten/ kota dapatmenetapkan tingkat urgensi suatu kegiatan untuk dilaksanakan segera padatahun yang akan datang berdasarkan prioritasnya
 
 
4.
Dinas kesehatan kabupaten / kota dapat menetapkan danmendukung kebutuhan sumberdaya Puskesmas dan urgensi pembinaanPuskesmas.Untuk pelaksanaan PKP di Kabupaten Magetan setiap tahun secara rutin diadakanPelatihan PKP dalam rangka mengevaluasi instrument penilaian dan menetapkanpedoman yang akan dipakai untuk tahun berikutnya.
 1.
 
D. PENILAIAN KINERJA PUSKESMAS
 Penilaian Kinerja Puskesmas adalah suatu upaya untuk melakukan penilaian atas hasil kerja yangdilaksanakan Puskesmas dan sebagai
“ Instrument Mawas Diri “ dalam menilai hasil
kinerjanya secara mandiri.1.
 
E. TUJUAN DAN MANFAAT PENILAIAN KINERJA
 
1. Tujuan
 1.
 
Tujuan UmumUntuk melihat tingkat pencapaian Kinerja Puskesmas Sungkai yang berkualitas dan optimaldalam kontribusinya untuk mendukung pebcapaian pembangunan kesehatan tingkat kabupaten1.
 
Tujuan khusus1) Untuk mendapatkan gambaran tingkat pencapaian hasil cakupan dan mutu kegiatan sertamanagemen Puskesmas Sungkai pada akhir tahun kegiatan 20082) Untuk mengetahui tingkat kinerja Puskesmas Sungkai pada akhir tahun berdasarkan urutan peringkat katagori kelompok Puskesmas,3) Untuk mendapatkan informasi analisis kinerja Puskesmas Sungkai dan bahan masukandalam penyusunan rencana kegiatan Puskesmas Sungkai dan Dinas Kesehatan Kabuapen Banjar di tahun tahun mendatang1.
 
Manfaat
1.
 
Diketahuinya tingkat pencapaian (porestasi) kunjungan dibandingkan dengan target yangharus dicapai2.
 
Dapat melakukan identifkasi dan analisis masalah , mencari penyebab dan latar belakangserta hambatan masalah kesehatan di wilayah kerja Puskesmas berdasarkan adanyakesenjangan pencapaian kinerja Puskesmas yang didapat. ( Output dan Out come )

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->