Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Konsep Dasar Epidemiologi

Makalah Konsep Dasar Epidemiologi

Ratings: (0)|Views: 510|Likes:

More info:

Published by: Hady D'nover Grade II on Apr 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/05/2013

pdf

text

original

 
MAKALAH KONSEP DASAR EPIDEMIOLOGI
A. Pengertian, definisi, peranan dan ruang lingkup epidemiologi
 
1. Pengertian
 
Epidemilogi berasal dari bahasa Yunani, yaitu (Epi=pada, Demos=penduduk, logos =ilmu), dengan demikian epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari hal-hal yangberkaitan dengan masyarakat.
 2. Definisi
Banyak definisi tentang Epidemiologi, beberapa diantaranya :
 
a. W.H. Welch
 
Suatu ilmu yang mempelajari timbulnya, perjalanan, dan pencegahan penyakit,terutama penyakit infeksi menular. Dalam perkembangannya, masalah yang dihadapipenduduk tidak hanya penyakit menular saja, melainkan juga penyakit tidak menular,penyakit degenaratif, kanker, penyakit jiwa, kecelakaan lalu lintas, dan sebagainya.Oleh karena batasan epidemiologi menjadi lebih berkembang.
 
b. Mausner dan Kramer
 
Studi tentang distribusi dan determinan dari penyakit dan kecelakaan pada populasimanusia.
 
c. Last
 
Studi tentang distribusi dan determinan tentang keadaan atau kejadian yangberkaitan dengan kesehatan pada populasi tertentu dan aplikasi studi untukmenanggulangi masalah kesehatan.
 
d. Mac Mahon dan Pugh
 
Epidemiologi adalah sebagai cabang ilmu yang mempelajari penyebaran penyakit danfaktor-faktor yang menentukan terjadinya penyakit pada manusia.
 
e. Omran
 
Epidemiologi adalah suatu studi mengenai terjadinya distribusi keadaan kesehatan,penyakit dan perubahan pada penduduk, begitu juga determinannya dan akibat-akibatyang terjadi pada kelompok penduduk.
 
 
f. W.H. Frost
 
Epidemiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari timbulnya, distribusi, dan jenispenyakit pada manusia menurut waktu dan tempat.
 
g. Azrul Azwar
 
Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang frekuensi dan penyebaranmasalah kesehatan pada sekelompok manusia serta faktor-faktor yang mempengaruhimasalah kesehatan.
 
Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa ada 3 komponen penting yang adadalam epidemiologi, sebagai berikut :
 1) Frekuensi masalah kesehatan2) Penyebaran masalah kesehatan3) Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya masalah kesehatan.
3. Peranan
 
Dari kemampuan epidemiologi untuk mengetahui distribusi dan faktor-faktorpenyebab masalah kesehatan dan mengarahkan intervensi yang diperlukan makaepidemiologi diharapkan mempunyai peranan dalam bidang kesehatan masyarakatberupa :
 
a. Mengidentifikasi faktor-faktor yang berperan dalam terjadinya penyakit ataumasalah kesehatan dalam masyarakat.
 
b. Menyediakan data yang diperlukan untuk perencanaan kesehatan dan mengambilkeputusan.
 
c. Membantu melakukan evaluasi terhadap program kesehatan yang sedang atau telahdilakukan.
 
d. Mengembangkan metodologi untuk menganalisis keadaan suatu penyakit dalamupaya untuk mengatasi atau menanggulanginya.
 
e. Mengarahkan intervensi yang diperlukan untuk menanggulangi masalah yang perludipecahkan.
 
4. Ruang lingkup
 
a. Masalah kesehatan sebagai subjek dan objek epidemiologi
 
 
Epidemiologi tidak hanya sekedar mempelajari masalah-masalah penyakit-penyakitsaja, tetapi juga mencakup masalah kesehatan yang sangat luas ditemukan dimasyarakat. Diantaranya masalah keluarga berencana, masalah kesehatan lingkungan,pengadaan tenaga kesehatan, pengadaan sarana kesehatan dan sebagainya. Dengandemikian, subjek dan objek epidemiologi berkaitan dengan masalah kesehatan secarakeseluruhan.
 
b. Masalah kesehatan pada sekelompok manusia
 
Pekerjaan epidemiologi dalam mempelajari masalah kesehatan, akan memanfaatkandata dari hasil pengkajian terhadap sekelompok manusia, apakah itu menyangkutmasalah penyakit, keluarga berencana atau kesehatan lingkungan. Setelah dianalisisdan diketahui penyebabnya dilakukan upaya-upaya penanggulangan sebagai tindaklanjutnya.
 
c. Pemanfaatan data tentang frekuensi dan penyebaran masalah kesehatan dalammerumuskan penyebab timbulnya suatu masalah kesehatan.
 Pekerjaan epidemiologi akan dapat mengetahui banyak hal tentang masalah kesehatan dan penyebab dari masalah tersebut dengan cara menganalisis data tentang frekuensi dan penyebaranmasalah kesehatan yang terjadi pada sekelompok manusia atau masyarakat. Denganmemanfaatkan perbedaan yang kemudian dilakukan uji statistik, maka dapat dirumuskan penyebab timbulnya masalah kesehatan.
B. Natural history of deseases
 
Riwayat alamiah suatu penyakit dapat digolongkan dalam 5 tahap :
 1. Pre Patogenesis
Tahap ini telah terjadi interaksi antara penjamu dengan bibit penyakit, tetapiinteraksi ini terjadi di luar tubuh manusia, dalam arti bibit penyakit berada di luartubuh manusia dan belum masuk ke dalam tubuh. Pada keadaan ini belum ditemukanadanya tanda-tanda penyakit dan daya tahan tubuh penjamu masih kuat dan dapatmenolak penyakit. Keadaan ini disebut sehat.
 
2. Tahap inkubasi (sudah masuk Patogenesis)
 Pada tahap ini biit penyakit masuk ke tubuh penjamu, tetapi gejala-gejala penyakit belumnampak. Tiap-tiap penyakit mempunyai masa inkubasi yang berbeda. Kolera 1-2 hari, yang bersifat menahun misalnya kanker paru, AIDS dll.
3. Tahap penyakit dini
 
Tahap ini mulai dihitung dari munculnya gejala-gejala penyakit, pada tahap inipenjamu sudah jatuh sakit tetapi masih ringan dan masih bisa melakukan aktifitas

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->