Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peranan IPTEK

Peranan IPTEK

Ratings:

2.0

(1)
|Views: 181|Likes:
Published by Riwaldi Sirait
IPTEK
IPTEK

More info:

Published by: Riwaldi Sirait on Apr 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/10/2013

pdf

text

original

 
PENDAHULUAN
 A.
 
LATAR BELAKANG
 
Membahas tentang ilmu pengetahuan dan teknologi,semua orang pasti sudah tahu bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi ini sangat penting untuk kehidupan kitasehari-hari. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat daritahun ke tahun dan manfaatnya sangat besar. Di Indonesia, ilmu pengetahuan danteknologi sangat besar manfaatnya, tapi sebagian besar penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi ini sering di salah gunakan. Contohnya, pada teknologikomputer. Penggunaan komputer sangat besar, apalagi banyak orang yangkecanduan dengan internet. Banyak yang membuka media social network,contohnya
 facebook, twitter 
,dll. Penggunaan
 facebook 
yang sangat mudahmenjadi peluang bagi orang-orang yang mempunyai niat buruk. Contohnyamelakukan penipuan, atau melakukan pencurian(hacking). Lebih baik penggunaanIlmu Pengetahuan dan Teknologi ini di manfaatkan dengan baik agar lebih berguna untuk berbagai macam kegiatan.B.
 
RUMUSAN MASALAH1.
 
Apa saja Peranan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ?2.
 
Seberapa Pentingnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ?C.
 
TUJUAN1.
 
Menjelaskan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalamMendukung Pembangunan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi2.
 
Menjelaskan Peranan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalamBerbagai Kegiatan3.
 
Menjelaskan Peranan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalamPembangunan Berbasis IPTEK 
 
MENDUKUNG PEMBANGUNAN ILMU PENGETAHUAN DANTEKNOLOGI
Pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat beragam contohnyaPerkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi di indonesia dalammeningkatkan pengetahuan dan keterampilan bangsa indonesia.
PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DIINDONESIA DI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETRAMPILANBANGSA INDONESIA.
Ilmu pengetahuan muncul sebagai akibat daripada aktivitas untuk pemenuhankebutuhan hidup manusia, baik kebutuhan jasmani maupun kebutuhan rohani.Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak lepas dari para ilmuwanterdahulu yang merubah pengetahuan menjadi inovasi teknologi dan pemikiranyang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Kemajuan ilmu pengetahuan danteknologi tidak dapat dipisahkan dari lembaga pendidikan tinggi. Dimana padaabad-20 peran ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berarti bagi lembaga pendidikan tinggi. Dimana pada abad-20 peran ilmu pengetahuan dan teknologisangat berarti bagi lembaga pendidikan tinggi. Sehingga pada abad-20 mampumendorong perkembangan yang lebih cepat dalam bidang industri, informasi,komunikasi, transportasi dan pertanian.Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia tertinggal jauhdibandingkan dengan negara-negara Eropa dan Amerika Serikat, dan bahkan jugadi negara-negara Asia misalnya Jepang dan China. Hal ini disebabkan karena:1.
 
Masih terbatasnya jumlah orang Indonesia yang mendapatkan pendidikan barat terutama pendidikan tinggi.2.
 
Kurangnya keinginan dari pemerintah maupun perusahaan swasta yangada di Indonesia untuk dapat melakukan alih teknologi.3.
 
Tidak adanya inovasi teknologi yang berarti di dalam masyarakatIndonesia itu sendiri. Ilmu pengetahuan dan teknologi di indonesia mulai berkembang di mana ditandai dengan adanya perguruan tinggi dan pusat- pusat penelitian seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan
 
 juga telah membentuk Badan Pengkajiaan dan Penerapan Teknologi(BPPT).Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia,maka penyebaran informasi dan juga komunikasi di Indonesia pun sudah mulai berkembang. Informasi sangat diperlukan masyarakat Indonesia. MasyarakatIndonesia berhak atas informasi yang benar untuk mengatur kehidupannya dengantepat dan membina dirinya. Manusia yang tidak memiliki pengetahuan tentangfakta dan tidak sempat memahami pandangan yang berbeda-beda, tidak dapatmengadakan pilihan secara tanggung jawab. Penyampaian suatu informasi diIndonesia disebarkan melalui media massa seperti surat kabar, majalah, radio,televisi dan internet. Teknologi informasi selain membawa dampak yang sangatmenguntungkan bagi manusia, teknologi informasi dapat juga menyebabkanterjadinya polusi atau pengotoran informasi. Selain daripada berkembangnyateknologi informasi di Indonesia teknologi komunikasi pun sudah mengalami perubahan yang sangat cepat. Dimana pertama sekali perkembangan komunikasidi Indonesia ditandai dengan sambungan telepon lokal, dan kemudian berkembang menjadi sambungan jarak jauh dan juga membangun sistemkomunikasi yang mampu menghubungkan dan menyebarkan informasi keseluruhwilayah Indonesia dan seluruh dunia secara efektif dan efisien.Pada masa sekarang ini proses komunikasi di Indonesia sudah mengalami perubahan yang sangat cepat, sebagai akibat perubahan teknologi komunikasi.Proses komunikasi yang terpenting adalah:1.
 
Pengumpulan informasi/pengalaman2.
 
Penyimpanan informasi3.
 
Memproses informasi4.
 
Pemilihan / pengeluaran informasi5.
 
Menstransmisi / menyebarluaskan informasi6.
 
Umpan balik atau balikan informasiPada saat ini hampir 90 % di semua wilayah Indonesia telah ada televisi dantelepon serta jumlah pemilik telepon setiap tahunnya terus bertambah.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->