Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Konseling Di Rumah Sakit

Konseling Di Rumah Sakit

Ratings: (0)|Views: 1,305|Likes:
konseling populasi khusus
konseling populasi khusus

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Muhammad Hasby Jamil on Apr 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
Also found in:makalah, khusus, populasi, konseling
See More
See less

02/10/2014

pdf

text

original

 
 
KONSELING POPULASI KHUSUSTentang:KONSELING DI RUMAH SAKITKelompok VIIOleh :Elpina SariFebby PratamaIstiqamahMiftahur RahmiNico TriadiDosen pengampu mata kuliah:Irman S.Ag., M.pdPROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING JURUSAN TARBIYAHSEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)BATUSANGKAR 2013
 
KONSELING DI RUMAH SAKITA.
 
Pendahuluan
layanan bimbingan dan konseling bukan hal baru, karena bimbingan konselingtidak hanya berada di insitusi pendidikan saja namun juga diberbagai institusi sepertihalnya rumah sakit, pengadilan agama, dan lembaga-lembaga lainnya. Bimbingan dankonseling di rumah sakit rasanya menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Haltersebut dikarenakan pasien di rumah sakit terutama pasien rawat inap bukan hanyamenderita berbagai penyakit fisik akan tetapi mereka juga mengalami berbagai tekanandan gangguan mental yang ringan sampai berat akibat penyakit yang dideritanya.Gangguan tersebut misalnya ketakutan, kecemasan, keputusasaan, dan berbagai bentuk gangguan-gangguan lain yang sekiranya kondisi tersebut memerlukan pendampingan, layanan, dan bimbingan-bimbingan. Dalam makalah ini, pemakalahmencoba menguraikan bagimana bentuk konseling dirumah sakit dengan membatasi penjelasan berkenaan dengan hakikat penyakit dalam pandangan psikologi, kondisi psikologis di rumah sakit, pola konseling yang dilakukan rohaniawan di rumah sakit,dan model-model konseling untuk pasien di rumah sakit.
B.
 
Konseling di rumah sakit1.
 
Hakikat Penyakit Dalam Pandangan Psikologi
Sejak lama para ahli psikologi menduga bahwa di dalam jiwa manusia ituterdapat perasaan, kemauan, dan akal pikiran. Heymans mengistilahkan denganemosionalitas, aktifitas dan fungsi sekunder. Emosionalitas bersumber dari hati,sedangkan aktifitas bersumber dari hawa nafsu keduanya merupakan inti jiwa.Adapun akal merupakan kulit jiwa dan disebut fungsi sekunder. Muatan kekuatanketiga macam potensi kejiwaan ini tidak sama. Dalam kehidupan modern ini seringmuncul tingkah laku yang tidak wajar, seperti tindakan kriminal, manipulasi,korupsi, kejahatan seksual dan perbuatan penyimpangan sosial lainnya diakibatkanoleh persaingan hidup yang sedemikian ketat. Hal ini menimbulkan banyak kegelisahan, keresahan, ketakutan, dan ketegangan batin pada manusia. Akibatnya,tidak sedikit orang yang menderita ketegangan syaraf dan mengalami stres yangmeledak menjadi penyakit mental. Jadi ketegangan serta ketakutan yang dialamimanusia menjadi persemaian yang subur sekali bagi timbulnya bermacam-macam penyakit mental.
 
Apabila jiwa terguncang, pikiran menjadi tidak setabil, akibatnyamempengaruhi fisik manusia dan dapat menimbulkan penyakit yang disebut psikosomatik. Penderita psikosomatik bukan hanya membutuhkan terapi medis atauterapi fisik semata, tetapi juga membutuhkan terapi sufistik dengan salah satumetodenya, yaitu tobat. Uraian ini bertolak dari pemikiran bahwa sumber penyakit psikosomatik dapat disebabkan oleh konflik-konflik psikis atau dapat jugadisebabkan oleh gangguan yang sifatnya organis. Beberapa pendapat ahli tentangdefenisi penyakit:a.
 
Kathleen Meehan Arias; Penyakit adalah suatu kesakitan yang biasanyamemiliki sedikitnya dua sifat dari kriteria ini: agen atiologik telah diketahui,kelompok tanda serta gejala yang dapat diidentifikasi, atau perubahan anatomiyang konsisten. b.
 
DR. Beate Jacob; Penyakit adalah suatu penyimpangan dari keadaan tubuhyang normal atau ketidakharmonisan jiwa.c.
 
Wahyudin Rajab, M. Epid; Penyakit adalah keadaan yang bersifat objektif danrasa sakit bersifat subjektif.d.
 
DR. Eko Dudiarto; Penyakit adalah kegagalan mekanisme adaptasi suatuorganisme untuk bereaksi secara tepat terhadap rangsangan atau tekanansehingga timbul gangguan pada fungsi atau struktur organ atau sistem tubuh.e.
 
Thomas Timmreck; Penyakit adalah suatu keadaan dimana terdapat gangguanterhadap bentuk dan fungsi tubuh sehingga berada dalam keadaan tidak normal.f.
 
Azizan Haji Baharuddin; Penyakit ialah keadaan yang diakibatkan olehkerusakan keseimbangan fungsi tubuh dan bagian badan.
2.
 
Kondisi Psikologis Pasien Di Rumah Sakit
Problematika yang dialami pasien sehubungan dengan masalah fisik yangdialaminya, misalnya ketika pasien divonis kemungkinan untuk sembuh kembalisangat kecil atau ketika pasien akan menjalani pengobatan/penyembuhan dengan jalan operasi atau bedah akan memberi pengaruh terhadap kondisi psikologisnyaseperti:
 
a.
 
Shock 
 
 b.
 
Kecemasan dan ketakutan
 
c.
 
Penolakan
 
d.
 
Keputusasaan
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->