Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Modul 2 2

Modul 2 2

Ratings: (0)|Views: 310|Likes:
Published by Adityo Kuncorojati
Laporan pengukuran teknik
Laporan pengukuran teknik

More info:

Published by: Adityo Kuncorojati on Apr 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/13/2013

pdf

text

original

 
 LAPORAN RESMI PRAKTIKUM PENGUKURAN TEKNIK  Modul 2 Kelompok M 1
BAB IPENDAHULUAN1.1Latar Belakang
Dalam dunia industri ketepatan dimensi dan geometri suatu produk sangatlah penting. Tidak semua produk sesuai yang diaharapkan. Dalam hal ini produk dapat mengalami kecacatan. Untuk dapat menjaga kualitas produk, makaharus memisahkan atau membedakan prosusk yang lolos kualifikasi dengan produk yang cacat. Untuk dapat membedakannya, dilakukan pengukuran.Dalam pengukuran kali ini dilakukan pengukuran kesilindrisan dankebulatan, serta dilakukan pengukuran sudut. Ketiga jenis pengukuran tersebutmerupakan hal yang penting untuk menjamin fungsi dari komponen-komponenmesin. Oleh sebab itu praktikum ini dilakukan untuk lebih memahami cara pengukuran sudut serta pengukuran kebulatan dan kesilindrisan dengan benar.
1.2Rumusan Masalah
Pada praktikum ini mempunyai rumusan masalah sebagai berikut :1.Bagaimana cara mengukurn kebulatan dan kesilindrisan denganmenggunakan metode V-block dan senter meja ?2.Bagaimana cara mengukur sudut dengan menggunakan batang sinus ?
1.3Tujuan
Adapun yang menjadi tujuan dalam percobaan ini adalah :1.Untuk memahami cara pengukuran kebulatan dan kesilindrisan denganmenggunakan metode V-block dan senter meja.2.Untuk mengetahui cara pengukuran sudut dengan menggunakan batangsinus.
 
 Jurusan Teknik MesinFakultas Teknologi Industri  Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) Surabaya2013
1
 
 LAPORAN RESMI PRAKTIKUM PENGUKURAN TEKNIK  Modul 2 Kelompok M 1
I.4Batasan Masalah
Yang menjadi batasan masalah dalam praktikum ini adalah :1.Meja data2.Alat ukur telah dikalibrasi3.Kondisi pengukuran dalam laboratorium merupakan kondisi yang ideal
I.5Sistematika Laporan
Pada laporaan ini terdapat sistematika laporan yang diawali denganAbstrak yang berisi tentang ulasan singkat Latar belakang, metode, dan hasil yangdiudapatkan dari praktikum pengukuran sudut, kesilindrisan dan kebulatan.Kemudian pada Bab I terdapat pendahuluan yang berisi tentang Latar  belakang, Perumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan Masalah, danSistematika Laporan.Pada Bab II terdapat dasar teori yang menjelaskan tentang pengertian dari pengukuran sudut kesilindrisan dan kebulatan dengan menggunakan metode V block, senter meja dan batang sinus.Pada Bab III berisi tentang Metodologi percobaan yang berisi tentangcara-cara pengukuran sudut, kesilindrisan, dan kebulatan dengan menggunakanmetode V block, senter meja dan batang sinus.Pada Bab IV yaitu Analisa Data dan Pembahasan yang berisi tentang Data praktikum, Contoh perhitungan dan pembahasan dari grafik-grafik dengan metodeV block, senter meja dan batang sinus.
 
 Jurusan Teknik MesinFakultas Teknologi Industri  Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) Surabaya2013
2
 
 LAPORAN RESMI PRAKTIKUM PENGUKURAN TEKNIK  Modul 2 Kelompok M 1
Bab V berisi tentang Kesimpulan dan saran yang menjelaskan kesimpulandan saran yang didapat setelah melakukan praktikum kali ini.Dan terakhir terdapat Daftar Pustaka yang menjelaskan dari mana referensi yangdidapat untuk melakukan praktikum ini dan juga penyusunan laporan praktikum .
BAB IIDASAR TEORI2.1 Pengukuran
Pengukuran adalah penentuan besaran, dimensi, atau kapasitas, biasanyaterhadap suatu standar atau satuan pengukuran. Pengukuran tidak hanya terbatas pada kuantitas fisik, tetapi juga dapat diperluas untuk mengukur hampir semua benda yang bisa dibayangkan, seperti tingkat ketidakpastian, atau kepercayaankonsumen.
2.2 Kesilindrisan dan Kebulatan
Kebulatan adalah bentuk melingkar dengan jari-jari yang sama dan berpusat pada satu titik. Suatu benda dapat di katakan bulat apabila jarak darisemua titik pada keliling benda tersebut terhadap pusatnya (jari-jari) mempunyai panjang yang sama.Kesilindrisan adalah harga kebulatan yang besarnya relative sama di sepanjangselimut silinder.
2.3 Blok V dan Senter Meja
Dari beberapa metodepengukuran kebulatan dan kesilindrisan, dua diantaranya yaitu metode pengukuran dengan Blok V dan metodesenter meja.
 Jurusan Teknik MesinFakultas Teknologi Industri  Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) Surabaya2013
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->