Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
24 Standar Pelayanan Kebidanan dan Layanan Kebidanan

24 Standar Pelayanan Kebidanan dan Layanan Kebidanan

Ratings: (0)|Views: 131 |Likes:
Published by MielaZahranaCmulan
24 Standar Pelayanan Kebidanan dan Layanan Kebidanan
24 Standar Pelayanan Kebidanan dan Layanan Kebidanan

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: MielaZahranaCmulan on Apr 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/09/2013

pdf

text

original

 
ASUHAN KEBIDANAN V (KOMUNITAS)
Standar Pelayanan Asuhan Kebidanan Dan Pelayanan Kebidanan
 Disusun Oleh:
Nurul MuzammilahP27824110089Non Reguler/ Semester VKELAS NON REGULER (SEMESTER IV)POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SURABAYAJURUSAN KEBIDANAN PROGRAM STUDI KEBIDANANKAMPUS SUTOMO SURABAYA2012
 
BAB IPENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Pelayanan kebidanan terintegrasi dengan pelayanan kesehatan. Selama ini pelayanan kebidanan tergantung pada sikap sosial masyarakat dan keadaanlingkungan dimana bidan bekerja. Kemajuan sosial ekonomi merupakan parameter yang amat penting dalam pelayanan kebidanan.Telah disadari bahwa pertolongan pertama/penanganan kegawatdaruratanobstetrik neonatal merupakan komponen penting dan merupakan bagian yangtidak terpisahkan dari pelayanan kebidanan di setiap tingkat pelayanana. Bila haltersebut dapat diwujudkan, maka angka kematian ibu dapat diturunkan.Berdasarkan itu, standar pelayanan kebidanan ini mencakup standar untuk  penanganan keadaan tersebut, disamping untuk pelayanan kebidanan dasar.Dengan demikian ruang lingkup standar pelayanan kebidanan meliputu 24standar yang dikelompokkan sebagai berikut :1.Standar Pelayanan Umum (2 Standar)2.Standar Pelayanan Antenatal (6 Standar)3.Standar Pertolongan persalinan (4 Standar)4.Standar Pelayanan Nifas (3 Standar)5.Standar Penanganan Kegawatdaruratan Obstetri-Neonatal (9 Standar)Sedangkan dalam menjalankan tugasnya, pelayanan seorang bidan terbagiatas 3, yaitu pelayan primer, pelayanan kolaborasi, dan pelayanan rujukan.Pelayanan primer merupakan pelayanan yang dapat dilakukan oleh seorang bidansecara mandiri. Pelayanan kolaborasi merupakan (kerjasama) dengan rekansejawat atau tenaga kesehatan lainnya dalam memberi asuhan pada pasien.Sedangkan pelayanan rujukan, merupakan tindakan melimpahkan tanggung jawabdalam penanganan pasien dari bidan ketempat pelayanan kesehatan yang lebihlengakap.
2
 
1.2.Tujuan1.2.1.Tujuan Umum
Pembuatan makalah ini memiliki tujuan umum untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca tentang standar asuhan pelayanan kebidanan dan pelayanan kebidanan. dalam asuhan kebidanan V.
1.2.2.Tujuan Khusus
Tujuan khusus dari pembuatan makalah ini adalah:1.2.2.1.Memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen pengajar mata kuliah AsuhanKebidanan V.1.2.2.2.Meningkatkan wawasan mahasiswa tentang standar asuhan pelayanankebidanan dan pelayanan kebidanan dalam asuhan kebidanan V1.2.2.3.Sebagai bahan referensi mahasiswa untuk memberikan pelayanankebidanan sesuai dengan standar pelayanan asuhan kebidanan dan pelayanan kebidanan.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->