Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Contoh Proposal Pengabdian Masyarakat

Contoh Proposal Pengabdian Masyarakat

Ratings: (0)|Views: 210 |Likes:
Published by Geoffree O Rengku

More info:

Published by: Geoffree O Rengku on Apr 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/17/2013

pdf

text

original

 
CONTOH PROPOSAL PENGABDIAN MASYARAKAT
A. JUDUL
 
PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA MASYARAKATPERKAMPUNGAN KUMUH BANJIR KANAL TIMUR MELALUI KETERAMPILANKOMPUTER 
 
B. ANALISIS SITUASI
 
Pandean lamper merupakan kelurahan yang berada di Kecamatan Gayamsari. Letak kelurahan Pandean lamper berada di sebelah timur Banjir kanal timur. Seiring berjalannya waktu perkembangan penduduk di kelurahan pandean lamper semakin pesat. Jumlah penduduk yangsemakin bertambah diakibatkan oleh angka kelahiran yang terus bertambah serta arus urbanisasiyang tinggi. Luas lahan permukiman yang sudah semakin sempit mengakibatkan pertumbuhan permukiman yang tak terkendali. di sepanjang bantaran kali banjir kanal timur banyak berdiri permukiman kumuh akibat membludaknya jumlah penduduk.
 
Pemukiman kumuh adalah pemukiman yang tidak layak huni karena tidak memenuhi persyaratan untuk hunian baik secara teknis maupun non teknis. Suatu pemukiman kumuh dapatdikatan sebagai pengejawantahan dari kemiskinan, karena pada umumnya di pemukimankumuhlah masyarakat miskin tinggal dan banyak kita jumpai di kawasan perkotaan seperti diKelurahan pandean lamper Kecamaran Gayamsari.
 
Kemiskinan merupakan salah satu penyebab timbulnya pemukiman kumuh di kawasan perkotaan. Pada dasarnya kemiskinan dapat ditanggulangi dengan adanya pertumbuhan ekonomiyang tinggi dan pemerataan, peningkatan lapangan pekerjaan dan pendapatan kelompok miskinserta peningkatan pelayanan dasar bagi kelompok miskin dan pengembangan institusi penanggulangan kemiskinan. Peningkatan pelayanan dasar ini dapat diwujudkan dengan peningkatan air bersih, sanitasi, penyediaan usaha perbaikan perumahan dan lingkungan pemukiman serta peningkatan kualitas SDM.
 
Kemiskinan terjadi akibat rendahnya pendapatan dikarenakan kualitas SDM yang kurangmemadahi. Pada Masyarakat bantaran kali banjir kanal timur pada umumnya adalah masyarakat
 
 pinggiran kota yang bermigrasi ke kota untuk merubah taraf hidup agar lebih baik. Minimnya pengalaman dan ketrampilan membuat masyarakat mau tidak mau harus bekerja seadanya.Keinginan masyarakat untuk merubah taraf hidup di kota harusnya dibarengi dengan ketrampilanmemadahi. Peningkatan kualitas sumber daya manusia sangat penting agar dapat bersaing di eraglobalisasi.
 
Tingkat pendidikan di permukiman kumuh bantaran sungai banjir kanal timur secaraumum sangat rendah dan pada umumnya masyarakat bekerja pada sektor informal. sehingga halinilah yang menyebabkan mereka tinggal di bantaran sungai banjir kanal timur.
 
Melihat kondisi seperti diatas maka salah satu langkah yang perlu diambil adalah dengan peningkatan kualitas SDM. Peningkatan kualitas SDM yang dimulai sejak dini dapat berpengaruh pada daya saing individu itu sendiri. Langkah yang di ambil adalah memberikanketrampilan tambahan kepada mereka yang berusia produktif. Salah satu ketrampilan yang akandiberikan kepada masyarakat adalah ketrampilan komputer. Dengan bekal ketrampilan komputer di harapkan masyarakat mampu bersaing untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.
 
C. IDENTIFIKASI DAN PERUMUSAN MASALAH
 
Rendahnya SDM Indonesia diakibatkan kurangnya penguasaan IPTEK, karena sikapmental dan penguasaan IPTEK yang dapat menjadi subyek atau pelaku pembangunan yanghandal. Dalam kerangka globalisasi, penyiapan pendidikan perlu juga disinergikan dengantuntutan kompetisi. Oleh karena itu dimensi daya saing dalam SDM semakin menjadi faktor  penting sehingga upaya memacu kualitas SDM melalui pendidikan merupakan tuntutan yangharus dikedepankan.
 
Dengan penguasaan IPTEK maka masyarakat akan mampu bersaing di era globalisasi.Kemampuan untuk menguasai IPTEK pada umumnya haruslah dimiliki oleh masyarakatkhususnya warga permukiman kumuh bantaran sungai banjir kanal timur. Oleh karena itu,diperlukan kepedulian kalangan akademisi untuk turut serta membantu dalam peningkatankualitas SDM masyarakat tersebut melalui pelatihan komputer/IPTEK. Sehingga dengan penguasaan IPTEK warga permukiman kumuh bantaran sungai banjir kanal timur dapat merubahtaraf hidup agar lebih baik.
 
 
 
D. TINJAUAN PUSTAKA.
 
Secara umum pelatihan merupakan bagian dari pendidikan yang menggambarkan suatu proses dalam pengembangan organisasi maupun masyarakat. Pendidikan dengan pelatihanmerupakan suatu rangkaian yang tak dapat dipisahkan dalam sistem pengembangan sumberdayamanusia, yang di alamnya terjadi proses perencanaan, penempatan, dan pengembangan tenagamanusia. Dalam proses pengembangannya diupayakan agar sumberdaya manusia dapatdiberdayakan secara maksimal, sehingga apa yang menjadi tujuan dalam memenuhi kebutuhan
hidup manusia tersebut dapat terpenuhi. Moekijat (1993:3) juga menyatakan bahwa “pelatihan
adalah suatu bagian pendidikan yang menyangkut proses belajar untuk memperoleh danmeningkatkan keterampilan diluar sistem pendidikan yang berlaku, dalam waktu yangrelatif 
singkat dan dengan metode yang lebih mengutamakan praktek daripada teori”.
 
Menurut definisi BPS (2006) pendapatan adalah merupakan balas jasa yang diterima olehfaktor-faktor produksi dalam jangka waktu tertentu . Balas jasa tersebut dapat berupa sewa, upahatau gaji, bunga uang ataupun laba. Dilihat dari pemanfaatan tenaga kerja pendapatan yang berasal dari balas jasa berupa upah atau gaji di sebut dengan pendapatan tenaga kerja (labor income). Sedangkan pendapatan dari balas jasa selain tenaga kerja disebut dengan pendapatan bukan tenaga kerja (non labor- income) . Disamping itu ada pula pendapatan yang bukan berasaldari balas jasa atas pemanfaatan faktor produksi dan tidak bersifat mengikat. Pendapatan inidisebut pendapatan transfer. Pendapatan transfer ini (transfer income) dapat berasal dari pemberian perseorangan atau institusi (misalnya pemerintah). Pendapatan transfer ini dapat positif maupun negative tergantung pada besarnya pembayaran atau penerimaan transfer dalam jangka waktu tertentu.
 
Dalam pengembangan masyarakat, pelatihan diberikan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dari warga masyarakat dalam menghadapi tuntutan maupun perubahan lingkungan sekitarnya. Pemberian pelatihan bagi masyarakat bertujuan untuk memberdayakan, sehingga warga masyarakat menjadi berdaya dan dapat berpartisipasi aktif 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->