Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan

Ratings: (0)|Views: 2,059 |Likes:
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan

More info:

Published by: TMC Polda Metro Jaya on Apr 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/01/2013

pdf

text

original

 
 
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 55 TAHUN 2012 TENTANGKENDARAANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang: bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 48 ayat (4), Pasal50 ayat (4), Pasal 51 ayat (6), Pasal 56, Pasal 57 ayat (4), Pasal59 ayat (6), Pasal 60 ayat (6), Pasal 61 ayat (4), dan Pasal 76ayat (5)
 
Undang
 – 
Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang LaluLintas dan Angkutan Jalan, perlu menetapkan PeraturanPemerintah tentang Kendaraan;Mengingat: 1.
 
Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945;2.
 
Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang LaluLintas dan Angkutan Jalan (Lembaran Negara RepublikIndonesia Tahun 2009 Nomor 96, Tambahan LembaranNegara Republik Indonesia Nomor 5025);MEMUTUSKAN:Menetapkan: PERATURAN PEMERINTAH TENTANG KENDARAAN.BAB I . . .
 
 - 2 -BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan:1.
 
Kendaraan adalah suatu sarana angkut di jalan yangterdiri atas Kendaraan Bermotor dan Kendaraan TidakBermotor.2.
 
Kendaraan Bermotor adalah setiap Kendaraan yangdigerakkan oleh peralatan mekanik berupa mesin selainKendaraan yang berjalan di atas rel.3.
 
Kendaraan Tidak Bermotor adalah setiap Kendaraan yangdigerakkan oleh tenaga manusia dan/atau hewan.4.
 
Sepeda Motor adalah Kendaraan Bermotor beroda 2 (dua)dengan atau tanpa rumah-rumah dan dengan atau tanpakereta samping, atau Kendaraan Bermotor beroda tigatanpa rumah-rumah.5.
 
Mobil Penumpang adalah Kendaraan Bermotor angkutanorang yang memiliki tempat duduk maksimal 8 (delapan)orang, termasuk untuk pengemudi atau yang beratnyatidak lebih dari 3.500 (tiga ribu lima ratus) kilogram.6.
 
Mobil Bus adalah Kendaraan Bermotor angkutan orang yang memiliki tempat duduk lebih dari 8 (delapan) orang,termasuk untuk pengemudi atau yang beratnya lebih dari3.500 (tiga ribu lima ratus) kilogram.7.
 
Mobil Barang adalah Kendaraan Bermotor yang dirancangsebagian atau seluruhnya untuk mengangkut barang.8.
 
Rumah
 – 
rumah adalah bagian dari Kendaraan Bermotor jenis Mobil Penumpang, Mobil Bus, Mobil Barang, atauSepeda Motor yang berada pada landasan berbentukruang muatan, baik untuk orang maupun barang.9.
 
Pengujian Kendaraan Bermotor adalah serangkaiankegiatan menguji dan/atau memeriksa bagian ataukomponen Kendaraan Bermotor, Kereta Gandengan, danKereta Tempelan dalam rangka pemenuhan terhadappersyaratan teknis dan laik jalan.10. Uji . . .
 
 - 3 -10.
 
Uji Tipe Kendaraan Bermotor adalah pengujian yangdilakukan terhadap fisik Kendaraan Bermotor ataupenelitian terhadap rancang bangun dan rekayasaKendaraan Bermotor, Kereta Gandengan atau Kereta Tempelan sebelum Kendaraan Bermotor dibuat dan/ataudirakit dan/atau diimpor secara massal serta KendaraanBermotor yang dimodifikasi.11.
 
Uji Berkala adalah Pengujian Kendaraan Bermotor yangdilakukan secara berkala terhadap setiap KendaraanBermotor, Kereta Gandengan, dan Kereta Tempelan, yangdioperasikan di jalan.12.
 
Modifikasi Kendaraan Bermotor adalah perubahanterhadap spesifikasi teknis dimensi, mesin, dan/ataukemampuan daya angkut Kendaraan Bermotor.13.
 
Uji Sampel adalah pengujian kesesuaian spesifikasi teknisseri produksi terhadap sertifikat Uji Tipe.14.
 
Kereta Gandengan adalah sarana untuk mengangkutbarang yang seluruh bebannya ditumpu oleh sarana itusendiri dan dirancang untuk ditarik oleh KendaraanBermotor.15.
 
Kereta Tempelan adalah sarana untuk mengangkut barang yang dirancang untuk ditarik dan sebagian bebannyaditumpu oleh Kendaraan Bermotor penariknya.16.
 
 Jumlah Berat Yang Diperbolehkan yang selanjutnyadisebut JBB adalah berat maksimum Kendaraan Bermotorberikut muatannya yang diperbolehkan menurutrancangannya.17.
 
 Jumlah Berat Kombinasi Yang Diperbolehkan yangselanjutnya disebut JBKB adalah berat maksimumrangkaian Kendaraan Bermotor berikut muatannya yangdiperbolehkan menurut rancangannya.18.
 
 Jumlah Berat Yang Diizinkan yang selanjutnya disebut JBIadalah berat maksimum Kendaraan Bermotor berikutmuatannya yang diizinkan berdasarkan kelas jalan yangdilalui.19.
 
 Jumlah Berat Kombinasi Yang Diizinkan yang selanjutnyadisebut JBKI adalah berat maksimum rangkaianKendaraan Bermotor berikut muatannya yang diizinkanberdasarkan kelas jalan yang dilalui.BAB II . . .

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
Damarringga Damar added this note
pusing dah ...
1 thousand reads
1 hundred reads
bos_bubalus76 liked this
Irwan Haryanto liked this
Momon Mmpd liked this
Eko Kiswoyo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->