Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
172Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teori Dan Model

Teori Dan Model

Ratings: (0)|Views: 15,907 |Likes:
Published by Alex Desrianto

More info:

Published by: Alex Desrianto on Mar 20, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/01/2013

pdf

text

original

 
Tugas Teori Komunikasi
Teori dan ModelKomunikasi
Oleh:
Alex Desrianto210111080091
 Jurusan Hubungan MasyarakatFakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran Bandung2009
 
TEORI KOMUNIKASIPENGERTIAN MENGENAI TEORI KOMUNIKASI
Secara umum istilah teori dalam ilmu sosial mengandungbeberapa pengertian sebagai berikut:
 Teori adalah abstraksi dari realitas.
 Teori terdiri dari sekumpulan prinsip dan defenisi yangsecara konseptual mengorganisasikan aspek-aspek duniaempiris secara sistematis.
 Teori terdiri dari asumsi-asumsi, proposisi-proposisi, danaksioma-aksioma dasar yang saling berkaitan.
 Teori terdiri dari teorema-teorema yakni generalisasi-generalisasi yang diterima/terbukti secara empiris.Dari unsur di atas dapat disimpulkan bahwa teori padadasarnya merupakan konseptualisasi atau penjelasan logis danempirik tentang suatu fenomena. Bentuknya merupakanpernyataan-pernyataan yang berupa kesimpulan tentang suatufenomena. Teori memiliki dua ciri umum:
1.
Semua teori adalah “abstraksi” tentang sesuatu hal, yangberarti suatu teori bersifat terbatas.2.Semua teori adalah konstruski ciptaan individual manusia.Oleh karena itu sifatnya relatif dalam arti tergantung padacara pandang sipencipta teori, sifat dan aspek yangdiamati, serta kondisi-kondisi lain yang mengikat sepertiwaktu, tempat dan lingkungan sekitarnya. Jadi berdasarkan hal di atas teori komunikasi adalahkonseptualisasi atau penjelasan logis tentang fenomenaperistiwa komunikasi dalam kehidupan manusia.
PENJELASAN DALAM TEORI
Penjelasan dalam teori tidak hanya menyangkutpenyebutan nama dan pendefenisian variable-variabel, tetapi juga mengidentifikasikan keberaturan hubungan diantaravariable. Menurut Litlejohn (1987), penjelasan dalam teoriberdasarkan pada prinsip keperluan (the principle of necessity)yakni suatu penjelasan yang menerangkan variabel-variabel apa
 
yang mungkin diperlukan untuk menjelaskan atau menghasilkansesuatu. Misalnya untuk menghasilkan variable X, mungkindiperlukan variable Y dan Z. selanjutnya dijelaskan pula bahwaprinsip ini terdiri dari 3 macam, yaitu:
1.
Causal Necessity 
(keperluan kausal). Berdasarkan padaazas sebab-akibat. Misalnya karena ada X dan Z maka ada Y.
2.
Practical Necessit
(keperluan praktis). Mengacu padahubungan tindakan-konsekuensi. Menurut prinsip ini X danZ memang bertujuan untuk, atau praktis untukmenghasilkan Y.
3.
Logical Necessity 
(keperluan logis). Prinsip ini berdasarkanasas konsistensi logis. Artinya X dan Z secara konsistendan logis akan selalu menghasilkan Y.
SIFAT & TUJUAN TEORI
Menurut Abraham Kaplan (1964) sifat dan tujuan teoribukan semata-mata untuk menemukan fakta yang tersembunyi,tetapi juga suatu cara untuk melilhat fakta, mengorganisasikanserta merepresentasikan fakta tersebut. Karenanya teori yangbaik adalah teori yang konseptualisasi dan penjelasannyadidukung oleh fakta serta dapat diterapkan dalam kehidupannyata. Bila sebaliknya, maka teori demikian tergolong teorisemu. Jadi teori yang baik harus memenuhi kedua unsuretersebut:1.teori yang sesuai dengan realitas kehidupan2.teori yang konseptualisasi dan penjelasannya didukungoleh fakta serta dapat diterapkan dalam kehidupan yangnyata.
FUNGSI TEORI
Mengenai fungsi teori, secara rinci Littlejohn menyatakan 9fungsi dari teori:
1.
Mengorganisasikan dan menyimpulkan pengetahuantentang suatu hal. Ini berarti bahwa dalam mengamatirealitas kita tidak boleh melakukan secara sepotong-sepotong. Kita perlu mengorganisasikan danmensintesiskan hal-hal yang terjadi dalam kehidupannyata. Pola-pola dan hubungan-hubungan harus dapatdicari dan ditemukan. Pengetahuan yang diperoleh dari

Activity (172)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nf Fahyra liked this
Poongkodi Deva liked this
Usman Devincy liked this
Chandra Utama liked this
Syahrol Ramadhan liked this
Ami Rasyida liked this
Julia W Manafe liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->