Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
2-Berwirausaha.doc

2-Berwirausaha.doc

Ratings: (0)|Views: 26|Likes:
Published by Shidqi Capriandi
berwirausaha
berwirausaha

More info:

Categories:Types, Business/Law
Published by: Shidqi Capriandi on Apr 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/06/2014

pdf

text

original

 
KOMPETENSI YANG AKAN DICAPAI
Setelah memperoleh layanan ini, diharapkan siswa dapat :1.Memiliki minat kuat untuk berwirausaha.2.Memiliki gambaran mengenai dunia usaha.3.Memiliki gambaran mengenai marketing sebagai nyawa dari sebuah usaha.
BERWIRAUSAHA
A.Berwirausaha
Menjadi seorang wirausaha atau karyawan merupakan sebuah pilihan hidupbagi setiap orang. Tidak salah satu dari pilihan tersebut merupakan pilihan yanglebih baik dari pilihan yang lainnya. Menjadi seorang karyawan adalah dapatmenerima penghasilan yang tetap dalam kurun waktu tertentu, namun waktubekerja lebih ketat (tidak sebebas wirausaha). Seorang wirausaha penghasilannyatidak menentu, terkadang lebih besar, terkadang lebih sedikit. Semuanya memilikikelebihan dan kekurangan.Menjadi seorang wirausaha merupakan suatu cita-cita yang mulia. Di tanganseorang wirausahalah beberapa orang menggantungkan hidupnya. Denganmembuka lapangan pekerjaan berarti telah memberikan nafkah kepada orang yangmengalami kesulitan mencari pekerjaan.Di bawah ini akan dibahas mengenai hal yang berhubungan dengankewirausahaan.
Pengertian WirausahaWirausaha adalah
semangat, perilaku, dan kemampuan untuk memberikantanggapan yang positif terhadap peluang memperoleh keuntungan untuk dirisendiri dan atau pelayanan yang lebih baik, serta menciptakan dan menyediakanproduk yang lebih bermanfaat menerapkan cara kerja efisien, melalui keberanianmengambil resiko, kreatifitas dan inovasi serta kemampuan managemen.
 Asas pokok kewirausahaan :
 Modul Bina Karier - Bimbingan Konseling SMK-XII 
9 
B E R W I R A U S A H A
Bidang Bimbingan :PribadiJenis Layanan :InformasiStandar Kompetensi :Memahami Seluk Beluk Dunia Usaha( Wirausaha )K e l a s :XII
 
a. Mampu dan berani membuat keputusan dan mengambil resikob. Tekun, teliti dan produktic. Kreatif dan inovatid. Kebersamaan dan etika bisnis. Berwirausaha ada aturannya. Tidaksemua jalan dapat ditempuh untuk menjadi pengusaha sukses.e. Kemauan yang kuat untuk berkarya dengan semangat mandiriKewirausahaan menyangkut tiga dimensi penting, yakni inovasi,pengambilan resiko dan proaktif. Keinovatifan mengacu pada pengembanganproduk, jasa atau proses yang unik. Keinovatifan meliputi upaya sadar untukmenciptakan tujuan tertentu, memfokuskan perubahan pada potensi sosialekonomi perusahaan yang berdasarkan pada kreatifitasMengingat orang yang kreatif dikenal menyukai lingkungan kerja yang memberikanindependensi dan otonomi yang tinggi.Sementara itu jiwa kewirausahaan juga berkait dengan pengambilan resiko, yangmengacu pada kemauan aktif untuk mengejar peluang. Resiko perludiperhitungkan dan wirausaha secara objektif harus mengidentifikasikan faktor resiko dan sumber daya yang ada serta secara sistematis mengelola faktor ini.Dimensi ketiga kewirausahaan adalah proaktif. Bahwa kewirausahaan sebagaipengambil resiko dan melakukannya bukan sekedar bereaksi terhadap lingkungan.
Operasionalisasi dari sifat ini adalah :
a.Memutuskan apakah dalam hal inovasi, organisasi mengikuti pesaing atautidak.b. Menyukai apa yang telah lalu atau pertumbuhan, inovasi, danpengembangan.c. Mencoba bekerjasama dengan pesaing atau tidak.
B.Tahapan Kewirausahaan
Kewirausahaan dikenal sebagai suatu proses penciptaan nilai denganmenggunakan berbagai sumberdaya untuk mengeksploitasi peluang.
Proses ini dalam beberapa tahapan khusus, yakni :
1.Pengidentifikasian peluang2.Pengembangan (konsep) bisnis baru.3.Evaluasi dan pengumpulan sumberdaya yang diperlukan4.Penerapan konsep5.Pemanfaatan serta keberhasilan dari bisnis yang dijalankan.
C.Ciri-ciri Wirausaha
Ciri-ciri wirausaha :
1.Berani menanggung resiko2.Mampu menciptakan dan meningkatkan sumberdaya3.Terbuka terhadap umpan balik4.Selalu mencari perubahan5.Tanggap terhadap perubahan6.Memanfaatkan perubahan sebagai peluang7.Terus-menerus malakukan inovasi8.Cenderung petualang9.Tidak suka mencari kambing hitam
 Modul Bina Karier - Bimbingan Konseling SMK-XII 
10
 
D.Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan
Berikut ini merupakan hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan berkenaandengan upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan.1. Memperbaiki kualitas diri sendiri agar mampu menjadi individu yang dapatdipercaya dan dihormati karena memiliki standar moral tinggi. Suksesberwirausaha erat kaitannya dengan kemampuan meraih kepercayaan.2. Membiasakan diri menciptakan impian, memiliki keyakinan luar biasa,serta ketekunan berusaha. Berjiwa perintis sejati, harus mampu merencanakandengan baik, cepat dan efisien berani menanggung resiko, penuh kesabaranmemelihara dan menjaga usahanya dengan baik sebelum melihatnya tumbuhsukses.3. Memupuk kebiasaan berpikir positif. Tidak seorangpun pebisnis sukses didunia ini yang tidak pernah gagal. Disamping profesional, memiliki dedikasi yangtinggi, mereka juga selalu mampu bangkit ketika mengalami kegagalan.Menjadikan setiap kegagalan sebagai motivasi untuk terus bergerak maju.4. Memupuk kemampuan mencetak laba. Untuk itu harus belajar tentangpemasaran yang baik dan juga meningkatkan kedisiplinan dalam melakukanmanajemen keuangan. Sebab dalam dunia usaha, keuntungan sekecil apapunsangat penting untuk memperkuat stabilitas sekaligus untuk melakukanpeningkatan usaha.5. Mengembangkam rasa peduli. Rasa peduli yang tinggi akan membantumenghasilkan karya yang tidak hanya dapat dinikmati dan menguntungkan dirisendiri tetapi juga dapat dinikmati dan menguntungkan sesama.6. Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Awal berwirausahamembutuhkan tingkat energi tinggi, ketahanan mental, dan motivasi yang besar,sehingga sangat membutuhkan kebugaran fisik.7. Melatih diri menciptakan dan memperbarui masa depan sertamerencanakan tindakan dan pencapaian untuk jangka pendek maupun jangkapanjang. Kemampuan memperbarui sangat diperlukan jika ingin usaha yangdijalankan terus mengalami perkembangan.8. Meningkatkan kemampuan mengorganisasi, menempatkan orang yangtepat pada posisinya.9. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Ini sangat penting untukmenggali informasi dari target pasar tentang produk jasa yang sangat diinginkansekaligus menciptakan komunikasi yang baik dengan pelanggan.10.Meningkatkan daya kreatifitas, mengubah sesuatu yang biasa menjadikomoditas yang bernilai tinggi dan mengguncang pasar.
Usaha yang Menjadi Pilihan Para Pemula
Sebenarnya tidak ada hal spesifik yang menjadi pilihan pelaku usaha kecil danpemula. Apa pun jenis usahanya bisa dilakukan.
 Modul Bina Karier - Bimbingan Konseling SMK-XII 
11

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->