Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
kepemimpinan pemerintahan

kepemimpinan pemerintahan

Ratings: (0)|Views: 322|Likes:

More info:

Published by: kurnia imam muttaqin on Apr 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/10/2013

pdf

text

original

 
 1
BAB IPENDAHULUAN
 A. Latar BelakangKeberhasilan seorang pemimpin pemerintahan tidak hanya diukur dari sudutseberapa jauh mereka berhasil membangun pemerintahan dan melaksanakanpembangunan tetapi juga diukur seberapa jauh pemimpin pemerintahan itudalam melaksanakan pemerintahan itu dapat mengayomi masayarakat,melindungi masyarakat dan melayani kebutuhan masyarakat, untuk terealisir kondisi ini maka perlunya pemimpin pemerintahan mengetahui dan memahaminilai-nilai yang baik dalam pemerintahan baik yang berasal dari perundang-undangan, nilai-nilai yang berasal budaya masayarakat maupun nilai-nilai yangberasal dari agama yang kesemua itu menjadi lingkup kajian dari etikapemerintahan.Kepemimpinan pemerintahan bukanlah urusan kompetensi dan kewenangansemata, tetapi merupakan sumber aktivitas kelompok yang prima. Jika seorangpemimpin tahu bagaimana memasuki suatu masalah, maka ia pun harusmenemukan strategi untuk keluar dari masalah itu, sesempit apapun jalankeluarnya. Kepemimpinan pemerintahan bukan hadir untuk membetangkanbeban kepada yang dipimpinnya, tetapi hadir di tengah-tengah masyarakat untukmembawa harapan, kesejahteraan, rasa aman dan penghargaan. Kondisi saat initelah mengalami perubahan jika dibandingkan sebelumnya, pemimpinpemerintahan tidak lagi merupakan sosok yang hanya dapat member perintahsaja, tetapi mereka dituntut untuk tanpil sebagai pemeberi suri teladan, menjadipanutan dan pemberi arah, menjadi fasilitator, sebagai mitra kerja, sebagaipenanggung resiko yang mempunyai visi untuk mendorong organisasi danorang-orang yang dipimpinnya berkembang, belajar, serta mampumengembangkan seluruh potensi dirinya secara optimal.
 
 2
B. Tujuan PenulisanTujuan dari penulisan makalah ini adalah mengidentifikasi dan menganalisasifat, watak, dan perangai kepemimpinan dalam salah satu instansi pemerintahanyang ada di provinsi lampung, dimana penulis akan menganalisa instansi Kantor Kelurahan Bumi Sari, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, ProvinsiLampung.C. Kegunaan PenulisanKegunaan dari penulisan makalah ini adalah:1. Secara praktis diharapkan dapat memberikan masukan bagipemerintah dalam menentukan sifat, watak dan perangaikepemimpinan seperti apakah yang sesuai dengan instansipemerintahan yang dipimpinnya.2. Secara teoritis diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikirandan sebagai referensi bagi pengembangan dalam Ilmu Pemerintahankhususnya dalam mata kuliah Kepemimpinan Pemerintahan.
 
 3
BAB IIPEMBAHASANA. Tinjauan Teoritis
 
Pemimpin (Leader = head) adalah seseorang yang mempergunakanwewenang dan kepemimpinannya, mengarahkan bawahan untuk mengerjakansebagian pekerjaannya dalam mencapai tujuan organisasi. Leader adalahseorang pimpinan yang mempunyai sifat-sifat kepemimpinan dan kewibawaan(personality authority). Falsafah kepemimpinannya bahwa ia (pemimpin) adalahuntuk bawahan dan milik bawahannya.Kepemimpinan adalah cara seorang pemimpin mempengaruhi perilakubawahan, agar mau bekerja sama dengan bekerja secara produktif untukmencapai tujuan organisasi. Pengertian Menurut Suwarto (1999;h.273) yangdikutip dari pendapat Gibson kepemimpinan adalah suatu upaya penggunaan jenis pengaruh bukan paksaan (concoercive) untuk memotivasi orang-orangmelalui komunikasi guna mencapai tujuan tertentu.Kepemimpinan mengandung pengertian yang seringkali sukar ditangkap,maka tidak mengherankan apabila timbul berbagai macam definisi atau deskripsitentang kepemimpinan. Ada yang berpendapat bahwa kepemimpinan adalahsesuatu yang melekat pada diri si pemimpin dan oleh karenanya kepemimpinanitu lalu dikaitkan dengan pembawaan, kepribadian, kemampuan dankesanggupan yang kesemuanya mengarah kepada cirri-ciri atau sifat-sifattertentu. Pendapat yang lain mengatakan bahwa kepemimpinan adalah kegiatandari si pemimpin, berhubung dengan itu kepemimpinan lalu dikaitkan dengankedudukan dan jenis erilaku tertentu. Sedangkan yang lain menyatakankepemimpinan sebagai proses antar hubungan atau interaksi antara pemmpin,pengikut, dan situasi.Pamudji mengakomodir berbagai definisi dari kepemimpinan, yang antara laindikemukakan sebagai berikut:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->