Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sumber-sumber Agama Dan Ajaran Islam

Sumber-sumber Agama Dan Ajaran Islam

Ratings: (0)|Views: 314|Likes:

More info:

Published by: Yankzha Widya Wardani on Apr 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/01/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANA.LATAR BELAKANG
Kehadiran agama Islam yang dibawa Nabi Muhammad Sawdiyakini dapat menjamin terwujudnya kehidupan manusia yang sejahteralahir dan batin.Petunjuk-petunjuk agama mengenai berbagai kehidupanmanusia, sebagaimana terdapat di dalam sumber ajarannya, Alquran danHadis, tampak amat ideal dan agung. Islam mengajarkan kehidupan yangdinamis dan progresif, menghargai akal pikiran melalui pengembanganilmu pengetahuan dan teknologi, bersikap seimbang dalam memenuhikebutuhan material dan spiritual, senantiasa mengembangkan kepeduliansosial, menghargai waktu, bersikap terbuka, demokratis, berorientasi padakualitas, egaliter, kemitraan, anti-feodalistik, mencintai kebersihan,mengutamakan persaudaraan, berakhlak mulia dan bersikap positif lainnya.
B.Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan pembuatan makalah ini adalah :1.Memenuhi salah satu tugas pendidikan agama Islam2.Mengetahui peranan mahasiswa dalam pembelajaran pendidikanagama Islam di Indonesia3.Menumbuhkembangkan dan memantapkan sikap profesional yangdiperlukan mahasiswa untuk menunjang tanggung jawab sebagaimahasiswa fakultas Pendidikan Agama Islam
 
2
C.Manfaat
Makalah ini di tulis dengan harapan semoga dapat mambawamanfaat,khususnya bagi kami sebagai penulis dan umumnya semogabermanfaat bagi teman-teman serta semua orang yang membutuhkan.Kami menyadari masih banyak kekurangan dan kesalahan dalammakalah ini. Semoga teman-teman semua dapat memberikan saran dankritik membangun.
D.Metode Penulisan
Dalam proses penyusunan makalah ini menggunakan metodekepustakaan dan Metode analisis data, yaitu pengumpulan data dengancara melakukan studi kepustakaan dan studi dokumen-dokumen yangberdasar pada buku-buku. Data yang diperoleh akan dianalisis secarakualitatif yaitu analisis yang dilakukan dengan memahami dan merangkaidata yang telah dikumpulkan dan disusun secara sistematis, kemudianditarik kesimpulan. Kesimpulan yang diambil dengan menggunakan caraberpikir deduktif yaitu cara berpikir yang mendasar kepada hal-hal yangbersifat umum dan kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat khusus.
 
3
BAB IIPEMBAHASANSUMBER-SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAMA.
 
Pengertian Sumber Ajaran Islam
Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, sumber adalah asalsesuatu. Sumber ajaran Islam adalah asal ajaran Islam dan sumber agama Islam. Allah telah menetapkan sumber ajaran Islam yang wajibdiikuti oleh setiap muslim. Ketetapan Allah itu terdapat dalam surat An-Nisa (4) ayat 59.59. Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul(Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainanpendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (AlQuran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) danlebih baik akibatnya.Menurut al-Qur’an surat An-Nisa ayat 59 tersebut, semua mukminwajib mengikuti kehendak Allah, kehendak Rasul, dan kehendakpenguasa atau ulul amri kalangan mereka sendiri. Kehendak Allah kiniterekam dalam al-Hadits, kehendak penguasa berupa ilmu pengetahuanuntuk mengalirkan ajaran Islam dari tiga sumber utamanya yakni al-Qur’an, al-Hadits dan ra’yu atau akal pikiran yang memenuhi syarat untukberijtihad. Berijtihad adalah berusaha dengan sungguh-sungguh denganmempergunakan seluruh kemampuan akal pikiran, pengetahuan, danpengalaman manusia yang memenuhi syarat untuk mengkaji danmemahami wahyu dan sunnah serta mengalirkan ajaran, termasuk ajaranmengenai hukum islam dari keduanya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->