Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH Peranan Agama Islam

MAKALAH Peranan Agama Islam

Ratings: (0)|Views: 309 |Likes:

More info:

Published by: Yankzha Widya Wardani on Apr 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/06/2014

pdf

text

original

 
1
BAB IIAGAMA ISLAM
Kata Islam berasal dari kata aslama,yang tunduk, patuh danberserah diri. Ditinjau dari segi pengertian Istilah, islam memiliki duamacam pengertian, yaitu pengertian khusus dan pengertian umum. Islammenurut pengertian khusus adalah agama yang diajarkan oleh NabiMuhammad saw. Menurut pengertian umum, Islam adalah agama yangdiajarkan oleh semua Nabi dan Rasul Allah swt dari Adam as sampaiMuhammad saw. Akan tetapi yang dinamakan Islam itu agama yangmasih murni/asli sesuai yang diajarkan oleh Nabi dan Rasul. Apabilaajaran tersebut sudah berubah dari aslinya, seperti yang terjadi padaagama Nasrani/Kristen yang melenceng dari ajaran Nabi Isa as danagama Bangsa Yahudi sekarang ini yang melenceng dari ajaran NabiMusa as, tidak lagi bisa disebut islam. Itulah makna kata Islam ditinjau darisegi Istilah. Islam adalah nama dari agama wahyu yang di turunkan AllahSwt. Kepada Rosul-rosul - Nya yang berisi wahyu Allah untuk disampaikan kepada manusia. Agama Islam berisi tentang aturan-aturan Allah yang mengatur hubungan manusia denganAllah, manusia denganmanusia,manusia dengan alam. Karena itu agama ini sudah sempurnadan senantiasa sesuai dengan tingkat perkembangan manusia sejakmasa di turunkanya empat belas abad manusia yang lalu hingga akhir peradaban manusia yang di tutup dengan hari kiamat.
A.Pengertian Agama
Manusia memerlukan agama, yaitu sesuatu yang berhubungandengan kepercayaandan keyakinan manusia, istilah agama dalam bahasainggris di sebut religion berasaldari bahasa latin religio yang berarti agamakesucian, kesalahan, ketelitian batin.
 
Setiap manusia yang hidup pastiakan mengetahui apa itu agama?. Secara sederhana agama merupakan
 
2
pegangan hidup agar tidak menyimpang. Tapi bagi orang-orang yangberaliran komunis mungkin agama hanya merupakan candu yang tidakmembawa dalam kemajuan atau kehidupan yang sempurna. Aliran inimemang lebih mengutamakan material dari pada segi religiusnitas.Memang agama memiliki aturan-aturan yang sudah ditetapkan olehpenyebar agama dengan dasar wahyu dari Tuhan. Tuntutan hidup yangharus dilakukan harus sejalan dengan hukum-hukum wahyu Tuhan. Akibatnya masyarakat agama hanya mengikuti dan menunggu akan takdir Tuhan.Pengertian agama dalam konsep Sosiologi adalah: kepercayaanterhadap hal-hal yang spiritual, perangkat kepercayaan dan praktik-praktikspiritual yang dianggap sebagai tujuan tersendiri, dan ideologi mengenaihal-hal yang bersifat supranatural. Dalam konsepsi ini, agama memilikiperanan yang paling penting dalam kehidupan manusia. Dalam kehidupansosial, keberadaan lembaga agama sangat mempengaruhi perilakumanusia. Dengan agama manusia dapat membedakan mana yang baikdan mana yang buruk.
B.Macam agama dan kedudukan Islam
Kebutuhan manusia akan hal-hal yang bersifat keyakinan dansupranatural mendorong manusia untuk mencari agama, hal tersebutadalah alasan utama lahirnya berbagai macama agama didunia. Melihatdefinisi di atas tampak bahwa pengertian agama (religion) mencakupberbagai aspek yang berhubungan dengan kepercayaan terhadap tuhanatau supranatural dan mistik, termasuk di dalamnya legenda dan mitos.Kebutuhan manusia akan hal-hal yang bersifat keyakinan dansupranatural mendorongnya untuk mencari agama, sehingga lahir berbagai agama di dunia.
 
3
Menurut McGee, agama-agama di dunia dapat dikelompokkankepada agama monoteistik dan politeistik, juga agama etikal (agama etik)dan agama ancestral atau nasionalistik. Agama monoteistik agama yangmempercayai satu tuhan, yaitu agama Yahudi, Kristen yang mempercayaiTrinitas (tuhan adalah satu dalam tiga person: Bapak, Anak dan RohKudus), dan Islam. Yang termasuk politeisme adalah Hinduisme yangpercaya akan adanya tingkatan dewa, dari dewa lokal, regional, sampaikepada yang umum. Agama yang termasuk kelompok ethical religion adalah Budhisme,Konfusianisme dan Taoisme. Kesemuanya mencerminkan suatupandangan hidup yang berbeda dengan kepercayaan lainnya. Merekamementingkan etika ketimbang ide. Semuanya kurang mementingkanpersoalan Tuhan sebagai obyek yang disembah. Doktrinnya berkembangdari seperangkat prinsip dasar yang menentukan keteraturan (alam raya)dan kesucian hidup. Prinsip kesucian ini mendorong para penganutnyauntuk hidup teratur dan harmonis dalam kehidupan sosial.Budhisme erat hubungannya dengan Budha yang lahir di Indiapada abad 16 SM, sedangkan Konfusianisme adalah agama yangdisebarkan atas dasar ajaran Konfusius yang hidup pada tahun 551-479SM yang mementingkan hidup harmonis dan atas dasar moral.Konfusianisme menarik banyak orang karena kurang mementingkansystem kependetaan, sistem teologi dan unsur-unsur yang biasa terdapatdalam agama-agama yang lain. Karena itu, sebagian ahlimempertanyakan apakah Konfusianisme dapat dipandang sebagai agamaatau filsafat yang memiliki sistem etika.Taoisme dekat hubungannya dengan Konfusianisme, dimulai darisuatu aliran filsafat di Cina 2000 tahun yang lalu. Ajarannya lebih mistisdaripada Konfusianisme. Taoisme telah memiliki kitab suci dan teori etika

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->