Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
P. 1
Shell and Tube Heat Exchanger

Shell and Tube Heat Exchanger

Ratings: (0)|Views: 141 |Likes:
Published by Ikchsan Fajrin-Sy

More info:

Published by: Ikchsan Fajrin-Sy on Apr 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/16/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
I.1. LATAR BELAKANGHeat Exchanger adalah suatu peralatan yan digunakan untuk mentransfer kalor dari air proses pada suatu industri ke air pendingin melalui dinding-dindingheat exchanger secara konveksi. Salah satu jenis dari Heat Exchanger ini adalahSheel dan Tube Heat Exchanger.Dalam proses desain Shell dan Tube Heat Exchanger sangat diperlukan untuk mengetahui factor-faktor apa saja yang mempengaruhi Ukuran dari Shell danTube Heat Exchanger itu serta pertimbangan Desainnya.Peralatan heat exchanger bisa dirancang berdasarkan tipe (misal fixed tubesheet, outside packed head, dll) atau berdasarkan fungsi (Chiller, condenser,cooler, dll).I.2. MASALAHMasalah yang dibahas dalam makalah ini adalah :1.Faktor-faktor yang mempengaruhi ukuran dan tipe Shell and Tube HeatExchanger.2.Pertimbangan Desain Shell and Tube Heat Exchanger I.3. TUJUANSecara umum penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor apa saja yang mempengaruhi ukuran dan tipe Shell and Tube Heat Exchanger danuntuk mengetahui pertimbangan Desain Shell and Tube Heat Exchanger.
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
I. SEJARAH SINGKAT SHELL AND TUBE HEAT EXCHANGER 
Heat exchanger adalah peralatan utama untuk perpindahan panas antara aliran panas dan aliran dingin. Mereka dipisahkan menjadi 2 aliran dan dioperasikan secaraterus-menerus, mereka juga disebut Recuperator untuk membedakan mereka dariRegenerator, dimana aliran panas dan aliran dingin melalui jalan yang sama danmenukar panas dengna massa peralatan yang secara intensional dibuat dengnamemperbesar kapasitas panas. Recuperator digunakan kebanyakan pada pelayanankriogenik dan pada temperatur lain sebagai temperatur tinggi preheater udara.Treatment yang lebih mendetail mengenai teori ini dipersembahkan oleh Hausen(1983).Kebanyakan penggunaan yang meluas dari jenis peralatan proses menuntut bahwa Heat Exchanger dibuat dengna mudah. Klasifikasi langsung dari pabrik HeatExchanger dipersembahkan oleh Walker (1982) selama bertahun-tahun, ada sekitar 200 pabrik peralatan shell and tube. Exchanger yang paling banyak dan luas penggunaannya adalah tipe shell and tube, tetapi tipe plate dan variasinya juga berharga sehingga secara ekonomi bersaing dalam beberapa aplikasi.Dalam shell and tube heat exchanger dibuat beberapa tube dalam parallel atauseri dimana satu fluida mengalir dan tertutup dalam shell sedangkan fuida yanglainnya dialirkan. Pinggiran shell ditetapkan dengna jumlah baffle untumenaikankecepatan dan efisiensi aliran cross lebih besar pada bagian luar tube.Bagian tube lebih baik untuk fluida yang tekanan dan temperature yang lebih tinggiatau fluida yang lebih korosif. Bagian tube kurang disukai jika terjadi kebocoranfluida yang mahal dan berbahaya tetapi lebih mudah dibersihkan. Pressure drop danheat transfer laminar dapat diprediksi lebih akurat untuk bagian tube. Untuk itulah
 
 bagian tube harus diseleksi untuk fluida yang digunakan. Aliran turbulen diperoleh pada bilangan Reynold yang lebih rendah pada bagian shell, sehingga fluida denganaliran massa yang rendah lebih disukai mengalir pada bagian ini. Bilangan Reynoldyang tinggi diperoleh dengan multipassing bagian tube.Perancangan secara konvensional Shell and Tube Heat Exchanger diajukan danditetapkan oleh Tubular Exchanger Manufacturers Association (TEMA). Size dantipe shell and tube heat exchanger ditentukan oleh :1.UkuranUkuran shell and tube bundle dirancang oleh nomor yang menjelaskandiameter shell and tube serta panjang tube seperti pada contoh2.Diamete Nominal diameter adalah diameter dalam shell yang dinyatakan dalam inchi,untuk ketel dan boiler, nominal diameter bisa jadi merupakan diameter masuk diikuti diameter shell.3.PanjangPanjang nominal adalah panjang tube yang dinyatakan dalam inchi. Panjangtube untuk tube lurus diambil sebagai panjang actual overall. Untuk U-tube, panjangnya diambil seperti tube lurus, yakni dari ujung tube ke sudut pembengkokannya.4.TipePerancangan tipe dilambangkan dengan huruf yang menerangkan stationaryhead, shell and rear head. Ditunjukkan oleh gambar 11-1 (terlampir).
Contoh tipe
:a.Split-ring floating heat exchanger dengan tipe removable channel and cover,single pass shell, diameter dalam 23 ¼ inchi dengan panjang tube 16 ft.Jadi heat exchanger ini memiliki SIZE 23-192 Type AES.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->