Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Contoh Renstra by Tumbekek

Contoh Renstra by Tumbekek

Ratings: (0)|Views: 142|Likes:
Published by tumbekek

More info:

Published by: tumbekek on Apr 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/09/2014

pdf

text

original

 
Rencana Strategis Kelurahan Tanjung Unggat
B A B I
 
P E N D A H U L U A N
 
I.1. Latar Belakang
 
Era otonomi daerah yang dimulai dengan terbitnya UU Nomor 22 Tahun 1999,kemudian diperbarui/direvisi dengan UU Nomor 32 Tahun 2004 tentangPemerintahan Daerah, tidak hanya membawa angin segar bagi daerah untukdapat lebih mengembangkan potensi daerah. Namun otonomi daerah jugamembawa keharusan bagi pemerintah daerah untuk dapat lebih meningkatkankesejahteraan masyarakatnya. Selain itu era otonomi daerah juga membawaimplikasi bagi pemerintah daerah dan perangkatnya untuk mewujudkan GoodGovernance. Good Governance atau pemerintahan yang baik tentu sajamensyaratkan asas-asas tertentu, antara lain asas transparansi dan akuntabilitas.
 
 Asas transparansi menuntut adanya keterbukaan pemerintah dalam segalabidang pelayanan dan penyelenggaraan pemerintahan. Hal ini menyebabkanpemerintah harus lebih banyak melibatkan masyarakat dan stakeholder pemerintahan lainnya, mulai dari penyusunan, perencanaan, pelaksanaan danpertanggungjawaban hasil pelaksanaan pembanggunan itu sendiri.
 
Sebagai implementasi dari hal-hal tersebut di atas sebagai bagian dari unitkerja di Kota Tanjungpinang, maka Kelurahan Tanjung Unggat, Kecamatan BukitBestari perlu menyusun rencana kerja tahunan yang disusun dalam bentukRencana Strategis (Renstra). Renstra Kelurahan Tanjung Unggat diharapkandapat dijadikan acuan bagi aparatur kelurahan dalam menyusun danmelaksanakan urusan wajib pemerintahan dan tugas serta urusan-urusan lainyang telah dilimpahkan ke kelurahan.
 
Rencana strategis tersebut mempunyai kebijakan, strategi dan programpembangunan yang dapat mensinergikan sumber daya dan potensi denganpeluang pengembangan wilayah. Sumber daya tersebut bersifat spesifik lokalyang meliputi sumber daya alam, sumber daya manusia, serta sumber-sumber pendapatan daerah yang potensial.
 
 
Rencana strategis kelurahan selanjutnya wajib dikomunikasikan ke seluruhelemen yang terlibat untuk membantu mengarahkan semua kegiatan yangtertuang dalam renstra, guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalampembangunan daerah.
 
I.2. Maksud dan Tujuan
 
Maksud dan tujuan penyusunan Rencana Strategis Kelurahan TanjungUnggat, Kecamatan Bukit Bestari ini adalah untuk membangun sebuah rencanastrategis yang sifatnya sistemik dan sistematis dengan mengacu pada Visi Misi,Rencana Strategis, dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah KotaTanjungpinang.
 
Rencana Strategis Kelurahan Tanjung Unggat ini menjadi dasar mekanismepengecekan dan perimbangan kewenangan atas kegiatan-kegiatanpembangunan yang dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat dan PemerintahKelurahan Tanjung Unggat. Renstra ini juga diharapkan dapat membatasipeluang pengelolaan yang salah dan peluang penyalahgunaan sumber dayaserta memastikan kegiatan pembangunan sejalan dan searah dengan visi atautujuan akhir yang ingin dicapai oleh Kelurahan Tanjung Unggat.
 
Berikut ini adalah tujuan Rencana Strategis Kelurahan Tanjung Unggat :
 
1.
 
Merumuskan arah kebijakan dasar dan strategi pelayanan dan pemberdayaanmasyarakat kelurahan yang dapat mendorong peran aktif seluruh elemenmasyarakat di dalam kegiatan pembangunan untuk mewujudkan masyarakatyang lebih sejahtera.
 
2.
 
Merumuskan instrumen dan komitmen kebijakan anggaran jangka menengah.
 
3.
 
Merumuskan kerangka strategi dan program jangka menengah yangmengandung sasaran, outcomes dan outputs yang spesifik, dan memilikitarget kinerja terukur.
 
4.
 
Merumuskan kebijakan, strategi dan program pembangunan yang dapatmensinergikan sumber daya atau potensi yang dimiliki dengan peluangpengembangan wilayah untuk mewujudkan tujuan akhir yang ingin dicapai.
 
5.
 
Merumuskan sebuah dokumen rencana strategis yang dapat dijadikan acuanuntuk proses koordinasi antar program dan kegiatan yang dilakukan olehKelurahan Tanjung Unggat, agar tercipta sinergitas lintas SKPD.
 
 
6.
 
Merumuskan dokumen rencana strategis yang dapat mengintegrasikanberbagai kepentingan secara vertikal dan horizontal.
 
7.
 
Meletakkan pondasi dan fokus tujuan pembangunan dan pelayanan yanghendak dicapai.
 
8.
 
Mengarahkan program dan kegiatan yang dilakukan oleh seluruh elemenorganisasi untuk pencapaian visi dan misi Kelurahan Tanjung Unggat.
 
9.
 
Memudahkan upaya sosialisasi kepada elemen internal dan eksternalkelurahan guna meningkatkan komitmen dan motivasi seluruh stakeholder dalam mencapai tujuan akhir penyelenggaraan pemerintahan di KelurahanTanjung Unggat.
 
I.3. Dasar Hukum
 
Dasar hukum yang digunakan dalam penyusunan Renstra Kelurahan TanjungUnggat :
 
1.
 
Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2001 tentang Pembentukan KotaTanjungpinang (Lembarang Negara Tahun 2001 Nomor 85, TambahanLembaran Negara Nomor 4112);
 
2.
 
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2002 tentang Pembentukan ProvinsiKepulauan Riau (Lembaran Negara Tahun 2002 Nomor 111, TambahanLembaran Negara Nomor 4237);
 
3.
 
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah(Lembaran Negara Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaran NegaraNomor 4437) sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir denganUndang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atasUndang-Undang Nomor 32 Tahun tentang Pemerintahan Daerah (LembaranNegara Tahun 2008 Nomor 59, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4826);
 
4.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2005 tentang Kelurahan (LembaranNegara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 159, Tambahan LembaranNegara Republik Indonesia Nomor 4588);
 
5.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata CaraPenyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan RencanaPembangunan Daerah;
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->