Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
80Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Klasifikasi Bandar Udara

Klasifikasi Bandar Udara

Ratings:

4.6

(5)
|Views: 4,418 |Likes:
Published by galante gorky
Klasifikasi dan Kelayakan Bandar Udara
Klasifikasi dan Kelayakan Bandar Udara

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: galante gorky on Mar 21, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/24/2014

pdf

text

original

 
 4
BANDAR UDARA
Lapangan terbang yang dipergunakan untuk mendarat dan lepas landas pesawatudara, naik turun penumpang dan/atau bongkar muat barang serta dilengkapi fasilitaskeselamatan penerbangan dan sebagai tempat perpindahan antar moda transportasiPembangunan sebuah Bandar udara diawali dengan penetapan lokasi Bandar udara.Untuk menetapkan lokasi Bandar udara perlu dilakukan uji kelayakan yang meliputi :
Kelayakan Ekonomi
Yaitu kelayakan yang dinilai secara ekonomis dan financial akan memberikankeuntungan bagi pengembangan wilayah dan perkembangan Bandar udara baiksecara langsung maupun tidak langsung.
Kelayakan Teknis
Yaitu kelayakan yang dinilai berdasarkan factor kesesuaian fisik dasar antara laintopografi, kondisi meteorology dan geofisika, dan daya dukung tanah.
Kelayakan Operasional
Yaitu kelayakan yang dinilai berdasarkan jenis pesawat, pengaruh cuaca,penghalang (obstacle), penggunaan ruang udara, dukungan navigasi penerbanganserta prosedur pendaratan dan lepas landas.
Kelayakan Lingkungan
Yaitu suatu kelayakan yang dinilai dari besarnya dampak yang akan ditimbulkantermasuk pada masyarakat disekitar Bandar udara bila Bandar udara tersebutberoperasi, setelah beroperasi maupun pada tahap-tahap pengembanganselanjutnya.
Kelayakan Dari Segi Usaha Angkutan Udara
Yaitu kelayakan yang dinilai secara ekonomis dan financial akan memberikankeuntungan kepada perkembangan usaha angkutan udara jika melayani rute keBandar udara tersebut.
 
 5
KLASIFIKASI BANDAR UDARA
Sesuai dengan Keputusan Menteri perhubungan No. 44 Tahun 2002 tentangTatanan Kebandarudaraan Nasional, pengklasifikasian Bandar udara dibagi dalam 3 (tiga)kelompok yaitu kelompok A, B dan C, pembagian klasifikasi menjadi tiga kelompok didasaidari ; Jenis Pengendalian Ruang udara disekitar Bandara, Fasilitas Bandar Udara danKegiatan Operasi Bandar Udara.
FASILITAS DAN KEGIATAN OPERASIONALBANDAR UDARAKELOMPOKBANDARUDARATINGKATPELAYANANLLULANDASAN FASLEKTRIK SECURITY PKP-PK12A Un-Attended 1 IAB345B AFIS2 IIIIICD673E89C ADC4IVVVIF10
JENIS PENGENDALIAN RUANG UDARA DISEKITAR BANDAR UDARA
Sesuai dengan KM. 44 Tahun 2002 Jenis pengendalian ruang udara disekitar bandaraterbagi menjadi :1. Ruang Udara disekitar Bandar udara tidak dikendalikan dan tidak melayanipemberian informasi apapun atau bandara yang tingkat pelayanan LLU Un-attended,misalnya bandara-bandara perintis yang masih bersifat Satuan kerja (satker).2. Ruang Udara disekitar tidak dikendalikan tetapi melayani informasi seperti cuaca dankondisi landasan atau bandara yang tingkat pelayanan LLU AFIS, misalnya adalahbandara-bandara yang sudah memiliki jadwal penerbangan yang rutin.
3.
Ruang Udara disekitar dikendalikan, dimana pengelola bandara sudah melayaniinformasi cuaca, kondisi landasan dan pengaturan traffic, atau bandara yang tingkatpelayanan LLU ADC.
 
 
 6

Activity (80)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Fathur Rahman added this note
kalau bandara bisnis itu maksudnya apa yah,, dan jenisnya itu seperti apa?
Yonathan Pumpun liked this
henric liked this
Laila Harun liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->