Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
33Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Urutan Pembuatan KTSP 2007 Rev2

Urutan Pembuatan KTSP 2007 Rev2

Ratings:

4.67

(3)
|Views: 9,233|Likes:
Published by Iwan Sukma Nuricht

More info:

Published by: Iwan Sukma Nuricht on Mar 21, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/08/2013

pdf

text

original

 
 Kurikulum SMA N 1 Kasihan Tahun 2007/2008
BAB IPENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi danbahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraankegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu inimeliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi danpotensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusunoleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengankebutuhan dan potensi yang ada di daerah.Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragammengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuanpendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses,kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan,pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikantersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakanacuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 1 Kasihan Bantulapabila kegiatan belajar mampu membentuk pola tingkah laku peserta didik sesuaidengan tujuan pendidikan, serta dapat dievaluasi melalui pengukuran denganmenggunakan tes dan non tes. Proses pembelajaran akan efektif apabila dilakukanmelalui persiapan yang cukup dan terencana dengan baik supaya dapat diterima untukmemenuhi:1.Kebutuhan masyarakat setempat dan masyarakat global2.Mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi perkembangan dunia global3.Sebagai proses untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi
B.Landasan
1.Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu:Pasal 38 Ayat 2
“Kurikulum pendidikan dasar dan menengah dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan dan komitesekolah/madrasah di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan atau kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota untuk pendidikan dasar dan Provinsi untuk  pendidikan menengah” 
Pasal 51 Ayat 1
“Pengelolaan satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar,dan pendidikan menengah dilaksanakan berdasarkan standar pelayanan minimal dengan prinsip manajemen berbasis sekolah/madrasah”.
 
1
 
 Kurikulum SMA N 1 Kasihan Tahun 2007/2008
2.Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,yaitu:Pasal 17 Ayat 2
“Sekolah dan komite sekolah, atau madrasah dan komite madrasah,mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabusnya berdasarkankerangka dasar kurikulum dan standar kompetensi lulusan, di bawah supervisi dinaskabupaten/kota yang bertanggungjawab di bidang pendidikan untuk SD, SMP, SMAdan SMK, dan departemen yang menangani urusan pemerintah di bidang agamauntuk MI, MTs, MA, dan MAK”.
Pasal 49 Ayat 1
”Pengelolaan satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar danmenengah menerapkan manajemen berbasis sekolah yang ditunjukkan dengankemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas”.
3.Surat Edaran Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor: 423.5/0912 tanggal 25Maret 2005, tentang Penerapan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Jawa bagiSMA/MA/SMK.4.Surat Edaran Bersama Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Daerah IstimewaYogyakarta Nomor: 423/77 dan Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama PropinsiDaerah Istimewa Yogyakarta Nomor: 433.5/591 tanggal 19 April 2005, tentangPenerapan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Jawa bagi SMA/MA/SMK.
5.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi(SI).6.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL).7.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2006 tentang pelaksanaanpermen diknas nomor 22 dan 23.8.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.
9.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2007 tentang StandaPenilaian.
C.Visi dan Misi sekolahVisi
“Unggul Imtaq Terdidik dan Berkualitas”, dengan penjelasan sbb:1. Unggul, artinya lebih tinggi dari yang lain2. Imtaq artinya meyakini keberadaan Tuhan Yang Maha Esa danmengamalkan perintahNya, menjauhi laranganNya sesuai dengankeyakinan agama yang dianut.3. Terdidik artinya hasil ajaran, latihan dan tuntunan kearah yang baik.4. Berkualitas artinya mempunyai tingkatan/ derajat/ taraf yang baik.
2
 
 Kurikulum SMA N 1 Kasihan Tahun 2007/2008
Misi
Misi sekolah adalah tindakan atau usaha untuk mewujudkan visi dengan rumusansebagai berikut :1. Melaksanakan pembelajaran / bimbingan secara efektif 2. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif seluruh wargaSekolah (disiplin, ketauladanan, dan tanggung jawab).3. Membantu mendorong siswa untuk mengenali potensi dirinya4. Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan agamanya.5. Menerapkan manajemen parsitipatif semua warga sekolah.
D.Tujuan Sekolah
 Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalahmeningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, sertaketerampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
E.Standar Kompetensi Lulusan
Mata PelajaranStandar Kompetensi Lulusan
1. Pendidikan AgamaIslam1.Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitandengan fungsi manusia sebagai khalifah,demokrasi serta pengembangan ilmupengetahuan dan teknologi2.Meningkatkan keimanan kepada Allah sampaiQadha dan Qadar melalui pemahaman terhadapsifat dan Asmaul Husna3.Berperilaku terpuji seperti hasnuzzhan, taubatdan raja dan meninggalkan perilaku tercelaseperti isyrof, tabzir dan fitnah4.Memahami sumber hukum Islam dan hukumtaklifi serta menjelaskan hukum muamalah danhukum keluarga dalam Islam5.Memahami sejarah Nabi Muhammad padaperiode Mekkah dan periode Madinah sertaperkembangan Islam di Indonsia dan di dunia2. Pendidikan AgamaKristen1.Mewujudkan nilai-nilai kristiani dalam pergaulanantar pribadi dan kehidupan sosial2.Merespon berbagai bentuk kehidupan modern,perkembangan budaya dan ilmu pengetahuandan teknologi, dengan mengacu pada ajaranKristen3.Bertanggung jawab sebagai orang Kristen dalam
3

Activity (33)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ria Baroez liked this
Ign Pratikto liked this
Apri Rohayatun liked this
Rakhmat Imands liked this
Rakhmat Imands liked this
Ari Ir Rebel liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->