Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Politik Dan Strategi Nasional

Makalah Politik Dan Strategi Nasional

Ratings: (0)|Views: 753|Likes:
Published by Rahimah Muslihah
Makalah ini berisi mengenai Politik dan Strategi Nasional
Makalah ini berisi mengenai Politik dan Strategi Nasional

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Rahimah Muslihah on Apr 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/12/2013

pdf

text

original

 
POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL
 
Kelompok 5-B Page 1
BAB IPENDAHULUAN
Politik merupakan rangkaian asas, prinsip, keadaaan, jalan, cara dan alat yangdigunakan untuk mencapai tujuan tertentu yang kita kehendaki.
 Politics
dan
 policy
 mempunyai hubungan yang erat dan timbal balik.
 Politics
memberikan asas, jalan, arah, danmedannya, sedangkan
 policy
memberikan pertimbangan cara pelaksanaan asas, jalan, danarah tersebut sebaik-baiknya.Politik nasional diartikan sebagai kebijakan umum dan pengambilan kebijakan untuk mencapai suatu cita-cita dan tujuan nasional. Dengan demikian definisi politik nasionaladalah asas, haluan, usaha serta kebijaksanaan negara tentang pembinaan (perencanaan, pengembangan, pemeliharaan, dan pengendalian) serta penggunaan kekuatan nasional untuk mencapai tujuan nasional. Sedangkan strategi nasional adalah cara melaksanakan politik nasional dalam mencapai sasaran dan tujuan yang ditetapkan oleh politik nasional.Politik dan strategi nasional diwujudkan dalam sistem perencanaan pembangunannasional. Pembangunan nasional bertujuan meningkatkan kesejahteraan lahir dan batin padaseluruh bangsa Indonesia.Dekade sebelumnya Indonesia menuangkan politik nasionalnya dalam bentuk Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN). GBHN merupakan pernyataan kehendak rakyat secaramenyeluruh yang ditetapkan oleh MPR guna mewujudkan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan. Agar perencanaan pelaksanaan politik dan strategi dapat berjalan dengan baik maka dirumuskan dan dilakukan pemikiran strategis yang akan digunakan.Saat itu mekanisme penyusunan polstranas yang dilakukan adalah setelah presidenmenerima GBHN, selanjutny presiden akan menyusun program kabinet dan memilih menteri-mentri yang akan melaksanakan program tersebut. Strategi nasional dilaksanakan oleh paramenteri dan pimpinan lembaga pemerintah non-departemen berdasarkan petunjuk presiden.Adapun yang dilaksanakan oleh presiden adalah politik dan strategi nasional yang bersifat pelaksanaan. Namun saat ini, mekanisme penyusunan polstranas acuannya adalah pidato visidan misi presiden dan wakil presiden setelah mereka resmi dilantik. Penjabarannya nantidalam bentuk program kerja selama lima tahun kedepan.
 
POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL
 
Kelompok 5-B Page 2
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Pengertian Politik, Strategi, dan Polstranas1.
 
Pengertian Politik 
Kata politik secara etimologi berasal dari bahasa yunani
 politeia
, yang akar katanya adalah
 polis
, berarti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri, yaitunegara dan
teia
yang berarti urusan. Dalam bahasa Indonesia, politik dalam arti
 politics
mempunyai makna kepentingan umum warga negara suatu bangsa. Politik merupakan suatu rangkaian asas, prinsip, keadaan, jalan, cara dan alat yangdigunakan untuk mencapai tujuan tertentu yang dikehendaki.
 Politics
and
 policy
memiliki hubungan yang erat dan timbal balik.
 Politics
memberi asas, jalan, cara,dan arah, sedangkan
 policy
memberikan pertimbangan cara pelaksanaan asas, jalan, dan arah tersebut sebaik-baiknya.Dalam bahasa Inggris
 politics
adalah suatu rangkaian asas (prinsip), keadaan,cara, dan alat yang digunakan untuk mencapai cita-cita dan tujuanya tertentu.Sementara
 policy
yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagaikebijaksanaan adalah pengunaan pertimbangan-pertimbangan yang dianggapdapat lebih menjamin terlaksananya suatu usaha, cita-cita atau tujuan yangdikehendaki.Dengan demikian, politik membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan:
a.
 
Negara
, yang merupakan suatu organisasi dalam satu wilayah yang memilikikekuasaan tertinggi yang ditaati oleh rakyatnya.
b.
 
Kekuasaan
, yaitu kemampuan seseorang atau kelompok untuk mempengaruhitingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginannya.
c.
 
Pengambilan Keputusan
, yaitu siapa pengambil keputusan dan untuk siapakeputusan diambil, dalam politik pengambilan keputusan melalui saranaumum.
d.
 
Kebijakan Umum (policy)
, merupakan suatu kumpulan keputusan yangdiambil oleh seseorang atau kelompok politik dalam memilih tujuan dan caramencapai tujuan tersebut.
e.
 
Distribusi
, merupakan pembagian dan pengalokasian nilai-nilai (value) dalammasyarakat. Nilai adalah sesuatu yang diinginkan dan penting, ia harus dibagisecara adil.
 
POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL
 
Kelompok 5-B Page 3
2.
 
Pengertian Strategi
Strategi berasal dari bahasa Yunani
 strategia
yang di
artikan sebagai “
The art
of general” atau
seni seorang panglima yang biasany digunakan dalam peperangan. Karl vont Clausewitz (1780-1831) berpendapat bahwa strategi adalah penggunaan pertempuran untuk memenangkan perangan, sementara itu perang itusendiri merupakan kelanjutan dari politik.Dalam pengertian umum, strategi adalah cara untuk mendapatkankemenanagan atua pencapaian tujuan. Strategi pada dasarnya merupakan seni danilmu, dalam menggunakan serta mengembangkan kekuatan (ideology), politik,sosial budaya, dan hankam) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkansebelumnya.
3.
 
Pengertian Polstranas
Politik nasional diartikan sebagai kebijakan umum dan pengambilan kebijakanuntuk mencapai suatu cita-cita dan tujuan nasional. Dengan demikian, defenisi politik nasional adalah asas, haluan, usaha, kebijaksanaan negara tentang pembinaan serta penggunaan kekuatan untuk mencapai tujuan nasional.
4.
 
Dasar Pemikiran Penyusunan Politik dan Strategi Nasional
Dalam penyusunan politik dan strategi nasional perlu dipahami pokok-pokok  pikiran yang terkandung dalam sistem manajemen nasional yang berlandaskanideologi Pancasila, UUD 1945, Wawasan Nusantara, dan Ketahanan Nasional.
5.
 
Penyusunan Politik dan Strategi Nasional
Politik strategi nasional yang telah berlangsung selama ini disusun berdasarkan sistem kenegaraan menurut UUD 1945. Sejak tahun 1985 berkembang pendapat yang mengatakan bahwa pemerintah dan lembaga-lembaganegara yang diatur dalam UUD 1945 merupakan suprastruktur politik, lembaga-lembaga tersebut adalah MPR, DPR, Presiden, BPK, dan MA. Sedangkan badan- badan yang berada didalam masyarakat disebut sebagai infrastruktur politik yangmencakup pranata politik yang ada dalam masyarakat seperti partai politik,organisasi kemasyarakatan, media massa, kelompok kepentingan (
interest group
)dan kelompok penekan (
 pressure group
). Suprastruktur dan infrastruktur politik harus dapat bekerja sama dan memiliki kekuatan yang seimbang.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->