Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pendidikan+Anak+Kebutuhan+Khusus+UNIT+5

Pendidikan+Anak+Kebutuhan+Khusus+UNIT+5

Ratings: (0)|Views: 126|Likes:
Published by Bariqul Amalia Nisa

More info:

Published by: Bariqul Amalia Nisa on Apr 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/12/2013

pdf

text

original

 
 
Unit
 
5
 
LAYANAN PENDIDIKAN ANAKBERKEBUTUHAN KHUSUS
Edi Purwanto
Pendahuluan
nak-anak berkebutuhan khusus, adalah anak-anak yang memiliki keunikantersendiri dalam jenis dan karakteristiknya, yang membedakan mereka darianak-anak normal pada umumnya. Keadaan inilah yang menuntut adanyapenyesuaian dalam pemberian layanan pendidikan yang dibutuhkan. Keragamanyang terjadi, memang terkadang menyulitkan guru dalam upaya pemberian layananpendidikan yang sesuai. Namun apabila guru telah memiliki pengetahuan danpemahaman mengenai cara memberikan layanan yang baik, maka akan dapatdilakukan secara optimal.
A
Pada bagian unit ini saudara akan mengkaji beberapa prinsip layananpendidikan untuk anak berkebutuhan khusus, yang dilangkapi dengan beberapailustrasi yang akan memudahkan saudara untuk mengkajinya. Selain itu juga akandisampaikan pendekatan-pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk anakberkebutuhan khusus. Fasilitas pembelajaran juga akan menjadi salah satu bahankajian pada unit ini untuk mendukukung layanan pendidikan anak berkebutuhankhusus.Untuk memperdalam kajian saudara dalam unit ini, saudara juga dimintauntuk mengerjakan latihan-latihan yang disediakan. Dengan demikian usaimengikuti kajian ini saudara akan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalammemberikan layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.
Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus
 
5-1
 
 
Subunit 1:
Prinsip-Prinsip Layanan Pendidikan bagi AnakBerkebutuhan Khusus
ada subunit ini akan disajikan beberapa prinsip layanan pendidikan bagianak berkebutuhan khusus yang mengalami kecacatan fisik, yaitu tunanetra,tunarungu/wicara, tuna daksa, tunamental, tunalaras, dan anak berbakat. Untukmengenal lebih lanjut layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus terlebihdahulu akan disajikan prinsip-prinsip yang mendasari layanan pendidikan bagianak berkebutuhan khusus secara umum. Setelah mengikuti uraian ini diharapkansaudara memiliki kompetenti untuk menjelaskan prinsip-prinsip, bentuk danfasilitas layanan pendidikan bagi anak bekebutuhan khusus
P
Prinsip-prinsip Layanan
Ilustrasi 1
:
Ani anak tunanetra, ia bersama temannya sesama tunanetra belajar disekolah luar biasa. Ia saling membantu dalam menggunakan reglet untukmenyalin apa yang diceriterakan oleh gurunya. Gurunya dengan sabarmendekati mereka satu persatu sampai ia yakin mampu menyalin dengan benar.Sementara Ida, juga tunanetra. Ida belajar bersama temannya anak awas diSMA. Ida, dibacakan teks oleh temannya, dan direkam dalam kaset. Pada suatuwaktu, Ida mempunyai problem untuk memahami simbol kimia. Guru Kimia,dengan sabar berkonsultasi dengan guru pembimbing khusus tentang penulisanbraille untuk simbol kimia yang dipermaslahkan. Akhirnya dengan bimbinganguru pembimbing khusus, Ida dapat memahami simbol-simbol kimia
.
Ilustrasi 2Iwan, anak tunarungu berat. Ia belajar di kelas khusus denganmenggunakan komunikasi total. Beberapa saat kadang guru mengajarkan bunyikepada Iwan dengan berhadapan dan menempelkan punggung tangannya keleher guru untuk ikut merasakan suara yang diucapkan oleh guru, dan Iwandiminta mengucapkan dengan merasakan getaran tangan yang ditempelkan kelehernya. Dengan pelan-pelan akhirnya Iwan dapat menirukan bunyi yangdiucapkan oleh guru walaupun tidak sempurna.Ilustrasi 3 Yoyok, anak tunadaksa yang menggunakan kursi roda. Bersama teman yanglain ia belajar di kelas. Sesekali ia disuruh guru untuk mengerjakan soal di depandengan menggunakan kursi rodanya. Yoyok tampak lincah, dan temannya sesamacacat saling memberikan bantuan dan saling mendukung.
Berdasarkan illustrasi tersebut memberikan gambaran kepada kita betapavariasinya anak berkebutuhan khusus dalam memperoleh layanan pendidikan.Untuk itu ada beberapa prinsip dasar dalam layanan pendidikan bagi anak
5-2
Unit 5
 
berkebutuhan khusus pada umumnya yang perlu diperhatikan dalampenyelenggaraan pendidikan. Prinsip dasar tersebut menurut Musjafak Assjari(1995) adalah sebagai berikut:a.
 
Keseluruhan anak (
all the children
)Layanan pendidikan pada anak berkebutuhan khusus harus didasarkan padapemberian kesempatan bagi seluruh anak berkebutuhan khusus dari berbagaiderajad, ragam, dan bentuk kecacatan yang ada. Dengan layanan pendidikandiharapkan anak dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya seoptimalmungkin, sehingga ia dapat mencapai hidup bahagia sesuai dengankecacatannya.Konsekuensi dari ini, guru seyogyanya bersifat kreatif. Guru dituntut mencariberbagai pendekatan pembelajaran yang cocok bagi anak . Pendekatan tersebutdisesuaikan dengan keunikan dan karakteristik dari masing-masing kecatatan.b.
 
Kenyataan
(reality
)Pengungkapan tentang kemampuan fisik dan psikologis pada masing-masinganak berkebutuhan khusus mutlak untuk dilakukan. Hal ini penting, mengingatmalalui tahapan tersebut pelaksanaan pendidikan maupun pelaksanaanrehabilitasi dapat memberikan layanan yang sesuai dengan kemampuan yangdimiliki oleh masing-masing anak berkebutuhan khusus. Dasar pendidikanyang menempatkan pada kemampuan masing-masing anak tunadaksa inilahyang dimaknai sebagai dasar yang berlandaskan pada kenyataan (reality)c.
 
Program yang dinamis (
a dynamic program
)Pendidikan pada dasarnya bersifat dinamis. Pendidikan dikatakan dinamiskarena yang menjadi subjek pendidikan adalah manusia yang sedang tumbuhdan berkembang, yang di dalamnya terdapat proses yang bergradasi,berkesinambungan untuk mencapai sasaran pendidikan. Dinamika dalam prosespendidikan terjadi karena subjek didiknya selalu berkembang, sehinggapenyesuaian layanan harus memperhatikan akan perkembangan yang terjadipada subjek didik. Dinamika dapat pula terjadi pada perkembangan ilmupengetahuan. Kedua kenyataan ini menuntut guru untuk mengkaji teori-teoripendidikan yang berkembang setiap saat. Memperhatikan kedua dinamikatersebut layanan pendidikan seharusnya memperhatikan karakteristik yangcukup heterogen pada anak dengan segala dinamikanya.d.
 
Kesempatan yang sama (
equality of opportunity
)Pada dasarnya anak berkebutuhan khusus diberikan kesempatan yang samauntuk mengembangkan potensinya tanpa memprioritaskan jenis-jenis kecacatanyang dialaminya. Titik perhatian pengembangan yang utama pada anakberkebutuhan khusus adalah optimalisasi potensi yang dimiliki masing-masinganak melalui jenjang pendidikan yang ditempuhnya. Hal-hal yang bersifatteknis berkaitan dengan sarana dan prasarana sekolah disesuaikan dengankenyataan yang ada. Kesempatan yang sama dalam memperoleh pendidikanmenuntut penyelenggara pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus untukmenyediakan dan mengusahakan sarana dan prasarana pendidikan sesuaidengan kebutuhan anak dan variasi kecacatannya.e.
 
Kerjasama (cooperative)
Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus
 
5-3
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->