Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pulpa Dan Periapikal

Pulpa Dan Periapikal

Ratings: (0)|Views: 180|Likes:
Published by Desyana
Tugas
Tugas

More info:

Published by: Desyana on Apr 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/27/2013

pdf

text

original

 
TUGASKOMUNIKASI dan KONSELING
Untuk memenuhi nilai Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Komunikasi dan Konseling
Dosen Pengampu Mata KuliahKeri Lestari Dandan, S.Si, M.Si., Apt.,
Penyakit pada Pulpa dan Periapikal
Salah satu 10 Penyakit Teratas di Indonesia
Oleh
Desyana Nufus Sholeha (26112120015)
Universitas PadjajaranFakultas FarmasiProgram Studi Profesi Apoteker2013
 
 
A.
 
Gambaran Umum Penyakit
Pulpa gigi merupakan jaringan yang lunak. Garis luar pulpa mengikuti garis garis luar bentuk gigi. Bentuk garis ruang luar pulpa mengikuti bentuk mahkota gigi dan bentuk garis luar saluran pulpa mengikuti bentuk akar gigi. Didalam pulpa terdapat berbagai elemen jaringan seperti pembuluh darah, persyarafan, serabut jaringan ikat, cairan interstitial dan sel-sel sepertifibroblast, odontoblast dan sel imun. Pulpa berfungsi sebagai pembentuk, penahan, pengatur zat-zat makanan agar gigi hidup, mengandung sel-sel syaraf/ sensori yang berfungsi dalam penerimaan rangsang. Pulpa adalah system mikrosirkuler, dimana komponen vaskuler terbesarnya adalah arteriol dan venula , yang memasuki pulpa melalui lubang di ujung saluranakar gigi (
 foramen apical 
). Bila infeksi bakteri karena karies sudah mencapai pulpa maka akanterjadi inflamasi pada pulpa dan lama kelamaan persyarafan dan vaskularisasi pulpa dapatmengalami kematian.Secara umum penyakit pulpa dapat disebutkan sebagai kelainan pada jaringan pulpa (saluranakar gigi yang berisi pembuluh-pembuluh darah dan syaraf) dan jaringan sekitar akar gigi(perapikal) akibat inflamasi oleh infeksi bakteri, mekanis, atau kimia.Kelainan-kelainan pada pulpa dapat terjadi karena aktifitas bakteri penyebab karies atau lubanggigi yang secara kronis menginfeksi jaringan pulpa dan jaringan sekitar akar gigi. Penyebablainnya dapat terjadi secara mekanis dan kimiawi, antara lain: trauma atau benturan, abrasi danatrisi, yaitu pengikisan email gigi. Contoh : bruxim atau gigi gemerutuk saat tidur dan kesalahansaat tindakan oleh dokter gigi. Kerusakan pulpa juga dapat disebabkan oleh zat asam darimakanan ataupun bahan-bahan kedokteran gigi. Perluasan inflamasi pada pulpa dapat mengenai jaringan periapikal karena kontaminasi bakteri, trauma instrument, dan efek rangsang obatsaluran akar pasca perawatan.
 
 Penatalaksanaan (Degenerasi pulpa)- Bila tidak ada tenaga kesehatan gigi, gigi dibersihkan dengan semprit air, lalu dikeringkandengan kapas.- Bila sudah ada radang periapikal berikan antibiotik Amoksisilin 500 mg 3 x sehari selama 5hari, bila terjadi alergi amoksisilin gunakan antibiotika pilihan kedua, eritromisin ataukotrimoksazol. Pada kasus yang berat : penisilin prokain 600.000 IU/hari selama 3 hari. Kalau perlu diberi parasetamol 500 mg 3 x sehari.- Sesudah peradangan reda gigi dicabut atau pasien dirujuk ke rumah sakit untuk perawatansyaraf.(Depkes RI, 2007).
B.
 
Konseling Pengobatan1.
 
Konten (Materi ) Konseling
Diasumsikan sesuai dengan pengobatan berdasarkan panduan pengobatan di puskesmas tahun2007 yaitu pemberian amoksisilin 500 mg 3 x sehari selama 5 hari dan pemberian parasetamol500 mg 3 x sehari.
R/ Amoksisilin 500 No. XVS 3 dd 1R/ Paracetamol 500 No. XVS 3 dd 1

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->