Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Sistem Ekonomi & Perekonomian Bebas

Makalah Sistem Ekonomi & Perekonomian Bebas

Ratings: (0)|Views: 128 |Likes:
Published by Rahimah Muslihah
Makalah ini berisi mengenai Sistem Ekonomi dan Perekonomian Bebas
Makalah ini berisi mengenai Sistem Ekonomi dan Perekonomian Bebas

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Rahimah Muslihah on Apr 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/11/2013

pdf

text

original

 
Makalah Sistem Ekonomi dan Perekonomian Bebas
Kelompok 1 Page 1
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
Latar BelakangEkonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa.Sedangkan sistem ekonomi itu sendiri merupakan cabang ilmu ekonomi yang membahas persoalan pengambilan keputusan dalam tata susunan organisasi ekonomi untuk menjawab persoalan-persoalan ekonomi untuk mewujudkan tujuan nasional suatunegara. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomilainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya.Di beberapa sistem ekonomi, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi.Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah.Selain faktor produksi, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebutmengatur produksi dan alokasi.Dalam makalah ini akan dibahas mengenai beberapa aspek sistem-sistem ekonomiserta mengenai perekonomian bebas dengan lebih fokus kepada sistem kapitalisme.B.
 
Rumusan Masalah1.
 
Apa saja aspek sistem-sistem ekonomi?2.
 
Bagaimana yang dimaksud dengan perekonomian bebas?
 
Makalah Sistem Ekonomi dan Perekonomian Bebas
Kelompok 1 Page 2
BAB IIISI
C.
 
Beberapa Aspek Sistem-Sistem Ekonomi1.
 
Persoalan Definisi Sistem Ekonomi
Untuk memahami bentuk perekonomian “bebas” dan perekonomian “terpimpin”,dibutuhkan pemahaman terlebih dahulu mengenai definisi “sistem ekonomi” melalui
 beberapa definisi menurut beberapa ahli, yaitu:a.
 
George N. Halm
“Economic system differ, socialist or capitlist , planned or unplanned, according
to their institutions.
  b.
 
Theodore Morgan
“Every economic system is part of constellation of economic, social and
 politicalinstitution and ideas and can be understood only part of this whole
.”
 
c.
 
 John F. Due
“...is the group of economic intitutions or regarded as a unit the economic system,
the organization through the operation of which the vatious resources scarce,relative to the need for them are utilized to satisfy the wants of man
.”
 
d.
 
 H.M.H.A, van der Valk 
De ecomonische orde is de organisatie van het ecomonische liven nolas dezenich binnen de kring der data heeft ontwikkeld.
” (artinya ... “orde ekonomi adalah
organisasi ehidupan ekonomi seperti yang berkembang dalam data yang ada.
”)
 Dari definisi-
definisi yang sudah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa, “sistem
ekonomi merupakan organisasi yang terdiri dari sejumlah lembaga atau pranata(ekonomi-sosial-politik-ide-ide) yang saling mempengaruhi satu sama lain yangditujukan ke arah pemecahan problem-problem produksi-konsumsi yang merupakan problem dasar setiap perekonomian demi tercapainya kemakmuran masyarakat disuatu negara.2.
 
Aneka Macam Klasifikasi Sistem Ekonomi
 
Ada banyak pendapat mengenai klasifikasi sistem ekonomi. Namun secaraumum, sistem ekonomi dapat dibagi menjadi:a.
 
Perkonomian TerencanaAda dua bentuk utama perekonomian terencana, yaitu
komunisme
dan
sosialisme
. Sebagai wujud pemikiran
 Karl Marx
, komunisme adalah sistem yangmengharuskan pemerintah memiliki dan menggunakan seluruh faktor produksi. Namun, lanjutnya, kepemilikan pemerintah atas faktor-faktor produksi tersebuthanyalah sementara; Ketika perekonomian masyarakat dianggap telah matang, pemerintah harus memberikan hak atas faktor-faktor produksi itu kepada para buruh.
 
Makalah Sistem Ekonomi dan Perekonomian Bebas
Kelompok 1 Page 3
 b.
 
Sistem Ekonomi TradisionalPada kehidupan masyarakat tradisional berkembang suatu sistem ekonomitradisional. Dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dengan bergantung pada sumber daya alam. Masyarakat juga memproduksi barang pemenuh kebutuhan yang di produksi hanya untuk kebutuhan tiap-tiap rumahtangga. dengan demikian rumah tangga dapat bertindak sebagai konsumen, produsen, dan keduannya.c.
 
Perekonomian Pasar Perekonomian pasar bergantung pada
kapitalisme
dan
liberalisme
untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjualdan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu). Sebagaiakibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan olehmekanisme penawaran-permintaan.d.
 
Perekonomian Pasar CampuranPerekonomian pasar campuran atau
mixed market economies
adalah gabunganantara sistem perekonomian pasar dan terencana.3.
 
Adakah Sistem Ekonomi dalam Bentuk Murni?
 
Tidak ada sistem ekonomi dalam bentuk murni di dunia.
 Alfred R. Oxenfeldt 
,
menyatakan bahwa: “...Everyone will admit that ‘Pure Capitalism’, ‘Pure Socialism’and ‘Pure Communism’ do not exist anywhere.”
 Menurut
Griffin
, tidak ada satu negara pun di dunia ini yang benar-benar melaksanakan perekonomian pasar atau pun terencana, bahkan negara sepertiAmerika Serikat. Meskipun dikenal sangat bebas, pemerintah Amerika Serikat tetapmengeluarkan beberapa peraturan yang membatasi kegiatan ekonomi. Misalnyalarangan untuk menjual barang-barang tertentu untuk anak di bawah umur, pengontrolan iklan, dll. Begitu pula dengan negara-negara perekonomian terencana.Saat ini, banyak negara-negara Blok Timur yang telah melakukan privatisasi
 — 
 pengubahan status perusahaaan pemerintah menjadi perusahaan swasta.Uni Soviet dan banyak negara Eropa Timur lainnya menggunakan sistemekonomi komunisme hingga akhir abad ke-20. Namun saat ini, hanya Kuba, KoreaUtara, Vietnam, dan RRC yang menggunakan sistem ini. Negara-negara itu pun tidak sepenuhnya mengatur faktor produksi. China, misalnya, mulai melonggarkan peraturan dan memperbolehkan perusahaan swasta mengontrol faktor produksinyasendiri.D.
 
Perkonomian Bebas1.
 
Pengantar Pada perekonomian bebas, dalam bentuknya yang ideal dianggap tidak ada unsur-
unsur monopoli sehingga persaingan di sana merupakan “persaingan murni”. Dalamkeadaan “persaingan murni” para pembeli tidak mempunyai preferensi terhadap
 penjual (tidak ada pilih kasih) dan mereka hanya melihat harga dalam hal melakukan pembelian-pembelian. Inti perekonomian bebas adalah
 pasar 
. Harga pasar merupakan pedoman untuk bertindak ekonomis. Perekonomian bebas padahakikatnya merupakan perekonomian pasar. Harga terbentuk di pasar sebagai hasil permintaan dan penawaran.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->