Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kurikulum SMAN 85 JKT

Kurikulum SMAN 85 JKT

Ratings: (0)|Views: 1,624 |Likes:
Published by sunaryosurya
SMAN 85
SMAN 85

More info:

Published by: sunaryosurya on Apr 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/29/2014

pdf

text

original

 
1
Kurikulum SMA Negeri 85 Jakarta Tahun Pelajaran 2012/2013
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
LATAR BELAKANG
1.
 
Kondisi Nyata
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan danmembentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangkamencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi pesertadidik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang MahaEsa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negarayang demokratis serta bertanggung jawab.Dengan diterbitkannya Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RepublikIndonesia nomor 22, 23 dan 24 tahun 2006, maka SMA Negeri 85 Jakarta perlu segeramenindaklanjuti dengan menyusun Kurikulum SMA Negeri 85 Jakarta, denganmengacu pada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan serta PedomanPenyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan yang dikeluarkan oleh BSNP. Pada tahunpelajaran 2011/2012 tingkat kelulusan mencapai 100% yang terdiri dari Peserta didikProgram IPA 120 orang, Program IPS 118 orang.
2.
 
Kondisi Ideal
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi,dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraankegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. KTSP adalahkurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuanpendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur danmuatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus. Silabusadalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tematertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materipokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untukpenilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.Tujuan Pendidikan Menengah adalah meningkatkan kecerdasanpengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan, untuk hidup mandiri danmengikuti pendidikan lebih lanjut. Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di SMA
 
2
Kurikulum SMA Negeri 85 Jakarta Tahun Pelajaran 2012/2013
Negeri 85 Jakarta dapat tercapai apabila kegiatan pembelajaran mampu membentukpola tingkah laku peserta didik sesuai dengan fungsi dan tujuan pendidikan, serta dapatdievaluasi melalui pengukuran dengan menggunakan tes dan non tes. Prosespembelajaran akan efektif apabila dilakukan melalui persiapan yang cukup danterencana dengan baik supaya dapat memenuhi:
 
1.
 
Kegiatan peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi2.
 
Kesiapan peserta didik dalam menghadapi perkembangan dunia global yangkompetitif.Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di SMA Negeri 85 Jakarta apabilakegiatan belajar mampu membentuk pola tingkah laku peserta didik sesuai dengantujuan pendidikan, serta dapat dievaluasi melalui pengukuran dengan menggunakantes dan non tes. Proses pembelajaran akan efektif apabila dilakukan melalui persiapanyang cukup dan terencana dengan baik supaya dapat diterima untuk memenuhi:Kebutuhan masyarakat setempat dan masyarakat global, mempersiapkan peserta didikdalam menghadapi perkembangan dunia global dan sebagai proses untuk melanjutkanke jenjang yang lebih tinggi.Kurikulum SMA Negeri 85 Jakarta dikembangkan sesuai dengan relevansinyadan di setujui oleh komite sekolah di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikanPropinsi DKI Jakarta. Penyusunan Kurikulum SMA Negeri 85 Jakarta berpedomanpada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan serta panduan penyusunankurikulum yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
3.
 
Potensi Dan Karakteristik SMA Negeri 85 Jakarta
SMA Negeri 85 Jakarta terletak di Jalan Srengseng Raya, KecamatanKembangan Kota Administrasi Jakarta Barat, memiliki potensi mengembangkan IlmuPengetahuan dan Teknologi. Dalam pelaksanaan kurikulum SMA Negeri 85 Jakartamenggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut:a)
 
Pelaksanaan kurikulum didasarkan pada potensi, perkembangan dan kondisipeserta didik untuk menguasai kompetensi yang berguna bagi dirinya. Dalam halini peserta didik harus mendapatkan pelayanan pendidikan yang bermutu, sertamemperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara optimal, dinamisdan menyenangkan.
 
3
Kurikulum SMA Negeri 85 Jakarta Tahun Pelajaran 2012/2013
b)
 
Kurikulum dilaksanakan dengan menegakkan kelima pilar belajar, yaitu:1)
 
belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;2)
 
belajar untuk memahami dan menghayati;3)
 
belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif;4)
 
belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain;5)
 
belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, melalui prosespembelajaran6)
 
yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.c)
 
Pelaksanaan kurikulum memungkinkan peserta didik mendapat pelayanan yangbersifat perbaikan, pengayaan, dan/atau percepatan sesuai dengan potensi, tahapperkembangan, dan kondisi peserta didik dengan tetap memperhatikanketerpaduan pengembangan pribadi peserta didik yang berdimensi ke-Tuhanan,keindividuan, kesosialan, dan moral.d)
 
Kurikulum dilaksanakan dalam suasana hubungan peserta didik dan pendidik yangsaling menerima dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat, dengan prinsip tutwuri handayani, ing madia mangun karsa, ing ngarsa sung tulada.e)
 
Kurikulum dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan multistrategi danmultimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan memanfaatkanlingkungan sekitar sebagai sumber belajar, dengan prinsip semua yang terjadi danberkembang di masyarakat dan lingkungan sekitar serta lingkungan alam semestadijadikan sumber belajar, contoh dan teladan.f)
 
Kurikulum dilaksanakan dengan mendayagunakan kondisi alam, sosial danbudaya serta kekayaan daerah untuk keberhasilan pendidikan dengan muatanseluruh bahan kajian secara optimal.g)
 
Kurikulum yang mencakup seluruh komponen kompetensi mata pelajaran, muatanlocal dan pengembangan diri diselenggarakan dalam keseimbangan, keterkaitan,dan kesinambungan yang cocok dan memadai antarkelas dan jenis serta jenjangpendidikan.Melalui kurikulum ini SMA Negeri 85 Jakarta dapat melaksanakan programpendidikannya sesuai dengan karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik.Untuk itu, dalam pengembangannya melibatkan seluruh warga sekolah denganberkoordinasi kepada pemangku kepentingan di lingkungan sekitar sekolah.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->