Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
1Activity
P. 1
20120413091808-lakip-dkp-2011

20120413091808-lakip-dkp-2011

Ratings: (0)|Views: 17 |Likes:
Published by Muis Be Muis
laporan DKP
laporan DKP

More info:

Published by: Muis Be Muis on Apr 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/22/2013

pdf

text

original

 
LAKIP DKP Kab. Bantul
 
2011
 
Page | 1
KATA PENGANTAR 
Berdasarkan Inpres No. 7/1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi PemerintahDiktum 4 yang berisi setiap akhir tahun anggaran, setiap instansi menyampaikan Laporan Akuntabitas kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) kepada Presiden dan salinannya kepadakepala BPKP dengan menggunakan pedoman penyusunan sistem akuntabilitas kinerja, olehkarena itu untuk tahun 2011 ini, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul telahmenyusun LAKIP berdasarkan pedoman yang terbaru yakni berdasarkan PeraturanMenteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN-RB) No. 29 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.LAKIP tahun 2011 ini merupakan cerminan prestasi serta evaluasi terhadapberbagai program kerja pada tahun 2011, sebagai perwujudan kewajiban untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan ataupun kegagalan dari pelaksanaan visi, misi danstrategi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.Dengan disusunnya LAKIP ini, maka diharapkan nantinya akan bermanfaat untuk bahan evaluasi akuntabilitas kinerja bagi pihak yang membutuhkan, penyempurnaandokumen perencanaan periode yang akan datang, penyempurnaan pelaksanaan programdan kegiatan yang akan datang, serta penyempurnaan berbagai kebijakan yang diperlukan.Demikian yang dapat disampaikan. Terima kasih kepada semua pihak yang telahmemberikan kontribusi dalam penyusunan LAKIP Tahun 2011 ini. Mudah-mudahan denganLAKIP ini menjadikan DKP Kabupaten Bantul adalah instansi yang transparan danberakuntabilitas.Terima kasih.Bantul, Februari 2012Kepala Dinas
Ir. Edy Machmud Hidayat
NIP.195704281986031005
 
 
LAKIP DKP Kab. Bantul
 
2011
 
Page | 2
IKHTISAR EKSEKUTIF 
Terwujudnya good governence merupakan tuntutan bagi terselenggaranyamanajemen pemerintahan dan pembangunan yang berdaya guna, berhasil guna,dan bebas KKN (korupsi, kolusi, nepotisme). Dalam rangka itu diperlukan sistemakuntabilitas yang baik pada keseluruhan jajaran aparatur negara, termasuk DinasKelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul.Untuk dapat melihat tingkat keberhasilan Dinas Kelautan dan PerikananKabupaten, maka LAKIP ini disusun. Jika dulu keberhasilan instansi dilihat darianggaran pemerintah yang terserap 100% maka pada tahun ini pengukuran kinerja(keberhasilan dan kegagalan) berdasarkan pada pencapaian sasaran yang terterapada Rencana Strategis Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul Tahun2011-2015.Sasaran Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul adalah :1.
 
Tercapainya ketersediaan produk perikanan untuk mencukupi kebutuhanmasyarakat.2.
 
Tercapainya peningkatan kemampuan masyarakat untuk menghasilkankomoditas perikanan yang berdaya saing sehingga pendapatan masyarakatperikanan rata-rata diatas UMP dan Terbentuknya kelembagaan kelompok masyarakat perikanan yang mandiri, partisipatif dan dinamis.3.
 
Terwujudnya keseimbangan pemanfaatan SDA, produksi dan daya dukunglingkungan secara optimal.Setelah dilakukan analisis (hasil analisis dilihat pada bab III) maka didapatkanbahwa untuk pencapaian sasaran 1, nilai bobotnya adalah 86,5 (sangat berhasil);untuk pencapaian sasaran 2, bernilai 87,5 (sangat berhasil), dan pencapaiansasaran 3, bernilai 85 (sangat berhasil). Sehingga jika dirata-ratakan makapencapaian sasaran Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul Tahun 2011berbobot 86,33 dengan kategori
Sangat Berhasil
.
 
LAKIP DKP Kab. Bantul
 
2011
 
Page | 3
Walaupun tingkat pencapaian sasaran tersebut masuk kategori sangatberhasil, namun masih perlu ditingkatkan lagi karena belum sepenuhnya sesuaidengan yang diharapkan dan direncanakan. Banyak faktor yangmempengaruhi/menghambat pencapaian sasaran tersebut, antara lain (a) targetproduksi, baik produksi budidaya maupun produksi perikanan tangkap yangditetapkan oleh KKP RI yang terlalu tinggi sehingga Bantul kesulitan untuk mencapai target tersebut; (b) kurangnya pendampingan kepada calon wirausahapemula karena tidak adanya anggaran untuk kegiatan pembinaan/pendampingan;(c)masih terkendala pada pemasaran produk perikanan; (d) tingginya gelombanglaut sehingga mengganggu proses penangkapan ikan; (e) ketersediaan bibit ikanunggul yang masih terbatas, serta (f) koordinasi dengan instansi terkait kurangberjalan lancarBerbagai permasalahan atau kendala diatas diusahakan untuk diatasi ataupaling tidak dikurangi tingkat pengaruhnya agar tidak menghambat penccapaiansasaran. Upaya yang dilakukan antara lain :a.
 
Penyesuaian /rekonsiliasi target produksi sehingga tidak terlalu tinggi danmemperhatikan kondisi sebenarnya di lapanganb.
 
Menganggarkan untuk kegiatan monev untuk pembinaan/pendampingankepada kelompok kelautan dan perikananc.
 
Perluasan jaringan pemasaran ikan di luar wilyah Bantul melalui penggalianinformasi peluang pemasaran ikan DIY dan sekitarnya serta diluar propinsi;Seluruh sentra produksi memiliki komoditas unggulan yang menerapkanteknologi inovatif dengan kemasan dan mutu terjamin, serta seluruh desamemiliki pasar yang mampi memfasilitai penjualan hasil perikanand.
 
Melaksanakan kegiatan sesuai dengan kondisi alame.
 
Peningkatan produksi benih dengan memperhatikan kualitas dan kontinnuitasserta pengadaan induk unggulf.
 
Meningkatkan koordinasi antar instansi terkait antara lain dengan seringmelakukan komunikasi dan pertemuan sesuai dengan kebutuhan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->