Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
426Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Dasar dan Model Manajemen Strategis

Dasar dan Model Manajemen Strategis

Ratings:

5.0

(5)
|Views: 28,043 |Likes:
Published by text
Dasar dan Model Manajemen Strategis
Dasar dan Model Manajemen Strategis

More info:

Published by: text on Mar 23, 2009
Copyright:Public Domain

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/10/2014

pdf

text

original

 
BAB IKONSEP DAN MODEL MANAJEMEN STRATEGIS
1.1Definisi Manajemen Strategis
Manajemen Strategis (Strategic Management) dapat didefinisikan seni danilmu unuk memformulasikan, mengimplementasikan, dan mengevaluasikeputusan lintas fungsi yang memungkinkan organisasi dapat mencapaitujuannya. Manajemen Strategi berfokus pada mengintegrasikanmanajemen, pemasaran, keuangan/ akuntansi, produksi/ operasi,penelitian dan pengembangan, dan sistem informasi computer untukmencapai keberhasilan organisasi. Tujuan manajemen strategis adalahuntuk mengekploitasi dan menciptakan peluang baru yang berbeda untukmasa mendatang.
1.2 Pengertian Strategi
Menurut Webster’s Dictionary (2000: 725)
strategy as the skillfulemployment and coordination of tactics
and “as artful planning and management 
”. Istilah strategi berasal dari kata Yunani yaitu:
strategeia
,yang artinya seni atau ilmu untuk menjadi seorang jenderal. Pada zamandahulu, konsep ini dipandang tepat menghadapi situasi perang yangberkepanjangan dalam mempertahankan wilayah kekuasaan. Pada waktuitu, seorang jenderal diperlukan untuk memimpin suatu angkatan peranguntuk dapat memenangkan perang. Oleh karena itu, strategi juga dapatdiartikan sebagai suatu rencana untuk memimpin suatu angkatan peranguntuk mampu memenangkan perang.
1
|
Page
 
Selain itu, strategi juga dapat diartikan sebagai suatu rencana dalammembagi dan mengerahkan kekuatan militer dan material pada daerah-daerah tertentu dalam mencapai tujuan tertentu. Perlu diketahui bahwastrategi militer selalu didasarkan pada pemahaman kekuatan danpembidikan posisi lawan, karakteristik fisik dan medan perang, kekuatandan karakter sumber daya yang tersedia, sikap orang-orang yangmenempati teritorial tertentu, serta antisipasi terhadap setiap perubahanyang mungkin terjadi. Jadi, konsep strategi militer seringkali diadaptasi dan diterapkan dalamdunia bisnis, misalnya konsepnya Sun Tsu, Hannibal, dan Carl VonClausewitz. Dalam konteks bisnis, strategi menggambarkan arah bisnisyang mengikuti lingkungan yang dipilih dan merupakan pedoman dalammengalokasikan sumber daya dan usaha suatu organisasi.Stoner dan Freeman (1992) mendefinisikan konsep strategi berdasarkandua perspektif yang berbeda, yakni:
1.
Dari perspektif apa yang ingin dilakukan oleh suatu organisasi(
intends to do
). Strategi didefinisikan sebagai suatu program untukmenentukan dan mencapai tujuan organisasi danmengimplementasikan misinya. Strategi dalam hal inimengandung makna bahwa manajer memainkan peran yang aktif dan secara sadar dan rasional dalam merumuskan strategiorganisasi. Pandangan ini lebih banyak diterapkan dalamlingkungan yang selalu berubah.
2.
Dari perspektif apa yang akhirnya dilakukan (
eventually does
) olehperusahaan. Strategi dalam pandangan ini didefinisikan sebagaisuatu pola respon organisasi terhadap lingkungannya sepanjangwaktu. Dengan definisi ini, organisasi memiliki strategi, tetapi tidakpernah dirumuskan secara eksplisit. Manajer yang reaktif tepatmenerapkan pandangan ini. Manajer seperti ini biasanya hanyamenanggapi dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan secarapasif apabila diperlukan.
2
|
Page
 
1.3 Berpikir Strategis
Sebelum membicarakan model manajemen strategi, penting kiranyadipahami tentang proses berpikir strategi dan pengertian strategi. Berpikirstrategi sangat penting dan berguna dalam pengambilanm keputusanuntuk mengatasi masalah-masalah yang muncul dalam suatu perusahaan.Ada beberapa tahap dalam proses berpikir strategi, yaitu:
1.
Identifikasi Masalah (
Problems Identification
)Pada tahap awal ini, kita diharapkan dapat untukmengidentifikasikan masalah-masalah dengan cara melihat gejala-gejala yang ada.
2.
Pengelompokan Masalah (
Problems Classification
)Pada tahap ini, kita diharapkan bisa mengelompokan masalah-masalah sesuai dengan sifatnya agar kemudahan pemecahannya.
3.
Proses Abstraksi (
 Abstraction Process
)Pada tahap ini, kita diharapkan mampu menganalisis masalah-masalah dengan mencari faktor-faktor penyebabnya. Oleh Karenaitu, kemudian kita dituntut lebih teliti untuk dapat menyusunmetode pemecahannya.
4.
Penentuan Metode (
Method Determination
)Pada tahap ini, kita diharapkan mampu menentukan metode yangpaling tepat untuk penyelesaian masalah.
5.
Perencanaan Implementasi (
Implementation Planning
)Pada tahap yang akhir ini, kita dituntut untuk bisa menerapkanmetode yang telah ditetapkan.
3
|
Page

Activity (426)

You've already reviewed this. Edit your review.
Misbach Ngempot added this note
makasih ya atas infonya.... tapi agak sush dikit mendonwloadnya.... harus bayar...heheheh...
Argen Ghalee liked this
Rayha Baliqinaza liked this
AmiePoenya liked this
Anita Sari liked this
Oney'a Plez added this note
maksih yach,..
Deni Thea liked this
Sardi Mustaupa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->