Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
88Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
STRATEGI INTERNASIONAL 2

STRATEGI INTERNASIONAL 2

Ratings:

4.78

(9)
|Views: 8,543 |Likes:
Published by alul85

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: alul85 on Mar 23, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/21/2014

pdf

text

original

 
STRATEGI INTERNASIONAL
Strategi internasional adalah penjualan produk di pasar-pasar yang berada diluar pasar domestik perusahaan. Salah satu alasan diterapkannya strategiinternasional adalah bahwa pasar internasional menghasilkan peluang baru yang potensial. Motif tradisional lainnya bagi perusahaan untuk menjadi perusahaanmultinasional adalah untuk mengamankan sumber daya yang dibutuhkan.Persediaan kunci untuk bahan baku mentah (khususnya mineral dan energi).Sementara sebagian perusahaan lain bertujuan untuk mengamankan akses kefaktor-faktor produksi yang berbiaya rendah. Sebagai contoh adalah tarif upah diTurki lebih rendah dibandingkan dengan negara-negaradi Eropa. Oleh karena itu banyak perusahaan multinasional membangun operasi mereka di Turki.Motif-motif tradisional di atas walaupun masih berlaku, akan tetapi masihada juga motif lain untuk mendorong ekspansi internasional. Misalnya, tekanantelah meningkat untuk mengintegrasikan operasi secara global, terutama didorongoleh permintaan produk yang lebih universal. Di sebagian industri, teknologimerupakan penggerak globalisasi karena skala ekonomi yang diperlukan untuk mengurangi biaya sampai tingkat yang terendah seringkali memerlukan investasiyang lebih besar daripada yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan pasar domestik. Selain itu, juga terdapat tekanan untuk pengurangan biaya, dicapaidengan membeli dari pemasok global dengan biaya terendah.Pasar skala besar yang baru seperti China dan India juga memberikaninsentif yang besar karena potensi permintaan yang dimiliki oleh kedua negaratersebut. Alasan lain, yaitu karena fluktuasi mata uang, perusahaan mungkin inginmemiliki jaringan operasi di lintas negara untuk mengurangi devaluasi di suatunegara.Dengan motivasi tradisional dan motivasi yang terus berkembang untuk merambah pasar internasional, perusahaan dapat mencapai empat manfaat daridiversifikasi internasional:1.Meningkatkan ukuran pasar 2.Keuntungan yang lebih besar dari investasi modal besar atau investasi pada produk atau proses baru.3.Skala ekonomi yang lebih besar, ruang lingkup ekonomi yang lebih besar dn pembelajaran.
4.
Keuntungan kompetitif melalui lokasi-lokasi, misal akses tenaga kerjayang yang lebih rendah, sumber daya yang penting, atau pelanggan.Peluang-peluang untuk meningkatkan daya saing strategis perusahaan inidipelajari dan dibandingkan dengan biaya-biaya yang terjadi untuk mencapainyadan tantangan manajerial yang menyertai keputusan diversifikasi internasional.
 
Meningkatkan Ukuran Pasar
Perusahaan dapat meningkatkan ukuran pasar potensialnya dengan beralihke pasar-pasar internasional. Mengikuti strategi internasional adalah pilihanatraktif bagi perusahaan untuk bersaing di pasar-pasar domestik yang memiliki peluang pertumbuhan terbatas. Mayoritas perubahan dalam pangsa pasar untuk setiap perusahaan tunggal terjadi dengan mengorbankan pangsa pasar pesaingnya.Ukuran pasar internasional tertentu juga mempengaruhi kemampuan sebuah perusahaan untuk melakukan investasi ernasional dalam riset dan pengembanganuntuk mengambil manfaat dari pasar tersebut. Pasar-pasar yang ukurannya lebih besar biasanya menawarkan laba potensi yang lebih besar dan karena itu, padaumumnya kurang beresiko bagi investasi perusahaan. Namun demikian, ukuran pasar dan kekuatan pasar perusahaan tidak menjamin kesuksesan.
Tingkat Pengembalian Investasi
Pasar-pasar skala besar dapat menentukan tingkat keuntungan investasi,seperti pabrik dan peralatan modal atau investasi di bidang riset pengembangan.Oleh karena itu, mayoritas industri yang intensif melakukan riset memiliki bisnisinternasional. Penjualan internasional sangat menentukan kemampuan setiap perusahaan untuk menghasilkan tingkat keuntungan yang memuaskan dari modalyang diinvestasikannya. Selain kebutuhan akan pasar yang besar untuk menutupi biaya yang banyak dikeluarkan dalam riset dan pengembangan, pengembanganteknologi baru semakin meningkat. Akibatnya, produk-produk baru menjadi cepatusang. Oleh karena itu, investasi pun dapat ditutupi dengan lebih cepat. Alasanutama melakukan investasi yang perlu diingat dalam pasar-pasar internasionaladalah untuk memproduksi tingkat pengembalian investasi yang terbaik. Jadi,mengharapkan keuntungan dari investasi mencerminkan determinan utama yangmembawa perusahaan ke pasar internasional.
Skala Ekonomi dan Pembelajaran
Ketika perusahaan memperluas pasar-pasar mereka, mereka mungkinmampu menikmati skala ekonomi, khususnya dalam operasi manufaktur. Jadi,selama perusahaan mampu menstandarisasi produk-produknya di seluruh negarayang menjadi pasar sasarannya, dan menggunakan fasilitas produksi yang serupaatau sama, yang berarti mengkoordinasikan sumber daya penting, maka perusahaan-perusahaan tersebut memiliki peluang untuk mencapai skala ekonomiyang optimal.Perusahaan juga mungkin dapat mendayagunakan kompetensi inti lintas pasar internasional. Hal ini memungkinkan penggunaan sumber daya dan pengetahuan antara unit-unit bisnis lintas perbatasan negara. Akibatnya akanmenghasilkan sinergi dan membantu perusahaan menghasilkan barang-barang dan jasa kualitas lebih tinggi dengan tingkat biaya yang lebih rendah. Selain itu, juga
 
memberikan peluang besar untuk belajar dari prktik-praktik yang berbeda ketikamereka memasuki pasar internasional.
Keunggulan Lokasi
Perusahaan dapat menempatkan fasilitas di negara-negara lain untuk merendahkan biaya dasar barang-barang dan jasa yang disediakan. Misal, aksestenaga kerja, energi dan sumber daya alam lainnya dengan biaya lebih rendah.Keunggulan lokasi lainnya antara lain akses ke perlengkapan yang penting dan ke pelanggan. Jika telah memiliki lokasi yang menarik dan menguntungkan, perusahaan-perusahaan harus mengelola fasilitas-fasilitas mereka dengan efektif untuk mendapatkan manfaat penuh dari keunggulan lokasi tersebut.
Strategi Tingkat-Bisnis Internasional
Strategi bisnis internasional memiliki ciri-ciri yang unik. dalammenerapkan strategi tingkat bisnis internasional, kegiatan operasional suatunegara asal seringkali menjadi sumber keunggulan kompetitif yang paling penting. Sumber daya dan kapabilitas yang dibangun di negara asal secara berkalamemungkinkan perusahaan menerapkan strategis tersebut di dalam pasar-pasar yang berlokasi di negara lain.Micahel Porter mengembangkan suatu jenis model yang menjelaskan faktor-faktor yang turut menentukan keunggulan perusahaan dalam industri global yangdominan dan berkaitan dengan negara atau lingkungan regional tertentu. Faktor produksi adalah input yang diperukan untuk bersaing di setiapindustri seperti tenaga kerja, tanah, sumber daya alam, modal, dan infrastruktur lainnya (misal, jalan tol, sistem pos, dan komunikasi) tentu saja, terdapat faktor-
Strategi, Struktur,dan Persaingan
FaktorProduksi
KondisipermintaanIndustryPendukungdan Berkaitan

Activity (88)

You've already reviewed this. Edit your review.
Nuansa Erlova liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Alfiah Isty liked this
Aris Satia Metsa liked this
Igob Otnainuj liked this
Oslo Holo liked this
Sheivo Shevo liked this
Nieyha Sco liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->