Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
0Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Wujudkan Rasa Keadilan Brantas Premanisme

Wujudkan Rasa Keadilan Brantas Premanisme

Ratings: (0)|Views: 3 |Likes:
Published by Rizky M Faisal

More info:

Published by: Rizky M Faisal on Apr 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/13/2013

pdf

text

original

 
4/13/13 Wujudkan Rasa Keadilan Brantas Premanismesyabab.com/artikel/analisis/3426-wujudkan-rasa-keadilan-brantas-premanisme.html 1/5
WujudkanRasaKeadilanBrantasPremanisme
- Hasil investigasi Tim Investigasi dari TNI ADTNIAngkatan Darat mengungkap bahwa sembilan orang anggotaKopasus Grup 2 Kandang Menjangan Kartasura terlibatpenyerangan Lapas Cebongan Sleman pada Sabtu (23/3/2013)dini hari.Ketua Tim Investigasi dari TNI AD Brigjen TNI Unggul K Yudhoyonomengatakan, penyerangan itu merupakan tindakan seketika yangdilatari jiwa korsa dan membela kehormatan kesatuan. Latarbelakang penyerangan tersebut adalah pengeroyokan danpembunuhan terhadap anggota Kopassus Serka Heru Santoso diHugo’s Cafe pada 19 Maret 2013. Dalam peristiwa penyeranganitu, empat tersangka pembunuh Serka Santoso ditembak mati(lihat, Kompas.com, 8/4).
Darurat Premanisme
Apa yang terjadi adalah aksi premanisme dibalas dengan aksipremanisme. Bedanya aksi premanisme yang pertama dilakukanoleh kelompok preman sedangkan yang kedua aksi premanismepembalasan dilakukan oleh sejumlah oknum aparat negara. Hal itumenunjukkan, negeri ini sudah darurat premanisme.Pakar sosial dari Universitas Indonesia (UI) Devi Rahmawatimengungkapkan, premanisme telah bermetamorfosis dari sekadarpenyakit masyarakat menjadi sebuah jalan mendirikan industrisosial yang negatif. Premanisme menjadi upaya mengisi sisiekonomi kehidupan. Penegak hukum ikut andil membuatperkembangan premanisme kian akut (Republika, 8/4).Ada banyak faktor yang memicu dan menyuburkan premanisme.
Faktor pertama
, penegakan hukum yang mandul, buruk dandeskriminatif. Kenyataan buruknya penegakan hukum itu
 
 ADVERTISEMENT ADVERTISEMENT ADVERTISEMENT ADVERTISEMENT
DEPAN AKHBAR TSAQAFAHARTIKELKHILAFAHPENDIDIKAN KELUARGA ANAK MUDA MEDIA
OPINI SURAT PEMBACAANALISIS
Last update
05:38:08 AM GMT
>04 13 2013 CARI
Maraknya Kaum Tunawisma Buah Dari Sistem Busuk Kapitalisme!
 
4/13/13 Wujudkan Rasa Keadilan Brantas Premanismesyabab.com/artikel/analisis/3426-wujudkan-rasa-keadilan-brantas-premanisme.html 2/5
terungkap dalam hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI).Hasil itu menunjukkan bahwa kepuasan publik terhadap penegakanhukum di Indonesia berada pada titik terendah. Hanya 29,8 persenresponden yang menyatakan puas terhadap penegakan hukum.Sebanyak 56 persen responden menyatakan tidak puas. Sisanyasebanyak 14,2 persen responden menyatakan tidak tahu atautidak menjawab. (Kompas.com, 7/4).Peneliti LSI Dewi Arum mengatakan, rendahnya kepuasan publikterhadap penegakan hukum merupakan proses yang panjang dantidak singkat. Ada akumulasi masalah yang tidak dapatdiselesaikan melalui penegakan hukum yang adil. Dengan demikian,ada persepsi bahwa wibawa hukum sudah jatuh pada titikterendah. Salah satu sumber munculnya premanisme adalahmandulnya penegakan hukum. Untuk mengatasinya, pemerintahharus menegakkan hukum tanpa diskriminasi. (lihat, Kompas.com,7/4).Disinilah salah satu problem sulitnya. Sebab seperti diungkapkanoleh sosiolog UI Paulus Wirutomo, organisasi preman itu sampai keatas, sampai pada orang-orang yang mempunyai kedudukan dalammasyarakat, pejabat-pejabat yang duduk dalam pemerintahanatau negara, baik militer maupun sipil, dan orang-orang yangpunya modal kuat. Dengan kondisi itu, kepolisian menjadi takutatau segan sehingga lalu pura-pura tidak tahu atau membiarkan.Sudah jadi rahasia umum, keberadaan preman itu sering dibeckingioleh aparat. Ibaratnya mana mungkin “jeruk makan jeruk”.Akibatnya keberadaan kelompok preman itu sulit diberantas.
Faktor kedua
, faktor ekonomi. Bentrokan yang terjadi antarakelompok preman atau kelompok preman dengan aparat keamanansebagian besar dipicu tuntutan ekonomi (Kompas.com, 9/4).Sulitnya mencari penghidupan akibat tiadanya lapangan kerjasementara tuntutan biaya hidup sedemikian tinggi akhirnyamendorong sebagian orang terjun dalam dunia premanisme.Keberadaan preman itu lantas menjadi seperti permanen sebabseolah mendapat wadah dengan dijadikan sebagai debt collectoroleh sebagian pihak.
Faktor ketiga
, sistem hukum yang buruk tidak memberikan rasakeadilan dan tidak memiliki efek jera. Kasus Cebongan menyiratkanadanya ketidakpercayaan, proses hukum bisa memberikankeadilan. Seolah tuntutannya, nyawa harus dibayar dengannyawa, satu hal yang sulit atau bahkan tidak bisa dipenuhi melaluiproses hukum.Bahkan hukuman yang ada juga tidak bisa memberikan efek jera.Banyak preman setelah menjalani hukuman, keluar dan kembali jadipreman. Orang pun tidak takut menjadi preman dan melakukanaksi premanisme, apalagi jika berkelompok atau bahkan menjelmamenjadi sebuah organisasi atau mafia.Ketiga faktor itu pada dasarnya disebabkan oleh faktor utamaberupa penerapan sekulerisme demokrasi kapitalisme dan berbagaisistem dan pemikiran turunannya. Sekulerisme meminggirkan faktoragama dan ketakwaan sehingga tidak ada lagi kontrol internalpaling pakem yang bisa mengerem tindak kejahatan. Demokrasidengan menyerahkan pembuatan hukum dan peraturan kepadamanusia menghasilkan hukum yang buruk. Sementara kapitalismemenyebabkan pendistribusian kekayaan tidak merata dan orangterdorong memperoleh harta dengan cara apapun termasukdengan aksi premanisme atau memanfaatkan “jasa preman”.
Islam Wujudkan Rasa Keadilan dan Brantas Premanisme
Semua faktor di atas membuat pemberantasan premanisme sulitterwujud dengan sistem kapitalisme yang diterapkan saat ini. Jugabahwa pemberantasan premanisme harus dilakukan secara multidimenasi, bukan hanya dimensi penegakan hukum. Hal seperti ituhanya bisa wujudkan oleh sistem Islam.
TERBARU DI SINI
RUU Ormas Ditunda,Ormas IslamBersatu Suaranyatidak Bisa DiabaikanTDL dan BBM NaikLagi…Gelombang MuslimEropa Ikut Berjihaddi Di SuriahPemerintah SriLangka DukungGerakan Anti Islam;Umat Islam ButuhKhilafah!Maraknya KaumTunawisma BuahDari Sistem BusukKapitalisme!
TERHANGAT DI SINI
ACFTA-Pasar Bebas2010: “Bunuh DiriEkonomi Indonesia"Analisis: PersainganCina - AmerikaSomalia, Si TandukAfrika dalam Era ‘Percaturan Besar’ BaruPembangunanTembok Mesir;SemakinMembuktikan SekatNasionalismeUU Mineral dan BatuBara:MelanggengkanSistem Keruk Cepatdan Jual MurahBahan TambangIndonesia
TEXT ADVERTISEMENT
Mitra Dakwah
Promosikan produk Anda kepada umat,dapatkan nilai lebih. Segera hubungi bagianiklan kami!http://media.syabab.com
Promosi Anda Di Sini!
Anda dapat mempromosikan produk Andamelalui jasa iklan teks di website kesayanganAnda ini.http://media.syabab.com
Syabab Media
Jasa pembuatan website untuk personal atauperusahaaan Anda. Hubunga segera!http://media.syabab.com
Sebarkan Pesan Dakwah
Iklan produk Anda di sini. Mari bangunkesadaran umat dan opini publik untuk Islamdan kebangkitan.http://media.syabab.com
Powered by syababmedia
RUU Ormas Ditunda, Ormas IslamBersatu Suaranya tidak Bisa Diabaikan 
Post: 12.04.13
Wujudkan Rasa Keadilan BrantasPremanisme 
Post: 12.04.13
TDL dan BBM Naik Lagi… 
Post: 12.04.13
Gelombang Muslim Eropa Ikut Berjihaddi Di Suriah 
Post: 12.04.13
Pemerintah Sri Langka Dukung GerakanAnti Islam; Umat Islam Butuh Khilafah! 
Post: 12.04.13
TERBARU
POPULER TOP BULAN INI
 
4/13/13 Wujudkan Rasa Keadilan Brantas Premanismesyabab.com/artikel/analisis/3426-wujudkan-rasa-keadilan-brantas-premanisme.html 3/5
Pertama
dan yang utama, Islam mewajibkan pembinaanketakwaan rakyat dan aparat. Ketakwaan akan membentukbenteng kokoh dan kontrol diri terkuat yang bisa menghalangirakyat dan aparat melakukan aksi premanisme. Pembentukanketakwaan itu dilakukan negara menggunakan semua sarana yangmungkin terutama pendidikan baik formal maupun informal.
Kedua
, penerapan sistem ekonomi Islam akan menjaminpendistribusian harta kekayaan secara adil dan merata diantararakyat. Sistem ekonomi Islam memungkinkan negara menciptakanlapangan kerja yang luas dan memberikan jaminan pemenuhankebutuhan pokok (pangan, sandang dan papan) dan kebutuhandasar dalam bentuk pendidikan, pelayanan kesehatan dankeamanan untuk seluruh rakyat. Dengan penerapan sistemekonomi Islam, alasan tuntutan ekonomi terjadinya aksipremanisme akan sangat minimal atau bahkan hilang.
Ketiga
, Islam melarang penegakan hukum secara diskrinatif. Islammenilai diskriminasi dalam penegakan hukum akan menghancurkanmasyarakat. Rasul saw pernah bersabda:
«
ﯿﱠ ﯿ ﯿ ﯾﱠ ﯿ   ﯾﯾ ﱠ ﯿ
»
Sesungguhnya tidak lain binasanya orang-orang sebelum kalianbahwa mereka itu jika orang mulia di tengah mereka mencuri mereka biarkan, dan jika orang lemah di tengah mereka mencuri maka mereka terapkan had atasnya, demi Allah seandainyaFathimah binti Muhammad mencuri sungguh aku potongtangannya
(HR al-Bukhari dan Muslim)
Dalam Islam negara harus menjamin penegakan hukum berlakusama untuk seluruh rakyat. Negara harus menindak tegas aparatyang berlaku diskriminatif dalam menegakkan hukum. Sebab jikadibiarkan akan membahayakan dan membinasakan masyarakat,seperti yang terjadi pada masalah premanisme sekarang ini. Danuntuk menjamin hal itu, Islam pun membuka ruang bagi rakyat baiksecara berjamaah ataupun individual untuk mengoreksi negaraatau penguasa, termasuk memperkarakan ke Mahkamah Mazhalim jika dirasakan negara/penguasa telah menzalimi rakyat.
Keempat 
, sistem hukum Islam yang memberikan rasa keadilan dansekaligus memberikan efek jera. Dalam hal ini Islam dengan tegasmengharamkan seseorang meneror, mengintimidasi ataumengancam orang lain yang merupakan khas aksi premanisme.Nabi saw bersabda:
«
»
Seorang Muslim tidak halal meneror Muslim yang lain.
(HR Ahmad, Abu Dawud dan al-Baihaqi)
Siapa saja yang mengintimidasi, meneror atau mengancam individulain, ia telah melakukan tindak kriminal. Dia layak dijatuhi sanksiberupa ta’zir dimana bentuk dan kadar sanksinya diserahkankepada ijtihad qadhi. Tentu jika meneror dan mengancam orangbanyak, ia layak dijatuhi sanksi yang berat.Disamping itu, untuk tiap-tiap aksi kekerasan premanisme Islam juga menetapkan sanksi hukumnya secara spesifik. Jika aksipremanisme itu menyebabkan cacat fisik maka di dalamnyaterdapat ketentuan diyat. Jika sampai membunuh dengan sengajamaka sanksinya adalah qishash. Kecuali jika ahli waris korbanmemaafkan, namun pelaku harus membayar diyat. Begitupun jenispembunuhan lainnya maka pelakunya harus membayar diyat yaitu100 ekor Unta atau 1000 dinar (4.250 gram emas atau Rp 9,35miliar dengan kurs 1 Dinar= Rp 2,2 juta) untuk tiap orang korbanterbunuh. Jika aksi premanisme itu sampai dalam bentuk hirabah(pengacau keamanan) maka sanksinya adalah dibunuh ataudisalib, atau dipotong tangan dan kaki dengan bertimbal balik,

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->