Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BAB I

BAB I

Ratings: (0)|Views: 183|Likes:
Published by Fatiya M Aziz

More info:

Published by: Fatiya M Aziz on Apr 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/04/2013

pdf

text

original

 
Analisis Mengenai Dampak Lingkungan
 
Teknik Sipil S1 1
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
Setiap makhluk hidup senantiasa akan menjaga lingkungannya dari segala ancaman.Karena lingkungan merupakan suatu ruang dimana didalamnya terdapat manusia dan perilakunya yang akan memengaruhi kelangsungan kehidupan dan kesejahteraan manusiaserta makhluk hidup lainnya ( UU. No. 23/1997).Akhir-akhir ini terdapat proyek-proyek pembangunan yang sedang dikerjakan, dalam proyek pembangunan ini pasti terdapat dampak-dampak yang dirasakan oleh masyarakat baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Maka dari itu dalam melaksanakann suaturencana usaha dan/ kegiatan harus di periksa studi kelayakannya dengan cara melakukanAMDAL.
1.2 Rumusan Masalah
a) Bagaimana teknik penyusunan AMDAL, UKL dan UPL ? b) Apa saja syarat penyusunan AMDAL, UKL dan UPL ?
1.3 Pembatasan Masalah
Penulisan makalah ini meliputi teknik dan syarat dalam penyusunan dokumenAMDAL, UKL dan UPL ditinjau dari undang-undang pembentuknya.
1.4 Tujuan
1. Untuk mengetahui teknik dalam penyusunan AMDAL dan UKL - UPL.2. Untuk mengetahui syarat yang harus dipenuhi dalam penyusunan AMDAL dan UKL
 – 
 UPL.3. Untuk mengetahui dampak yang diakibatkan dari adanya usaha dan atau kegiatan.4. untuk mengetahui siapa saja yang diperbolehkan membuat dan menggunakan AMDAL.
 
Analisis Mengenai Dampak Lingkungan
 
Teknik Sipil S1 2
BAB IITEKNIK DAN SYARAT DALAM PENYUSUNAN AMDAL, UKL-UPL2.1 Pengertian AMDAL
AMDAL merupakan singkatan dari Analisis Dampak Lingkungan. Amdal inimerupakan kajian dampak besar dan penting terhadap lingkungn hidup, dibuat pada tahap perencanaan, dan digunakan untuk pengambilan keputusan.Agar pelaksanaan AMDAL berjalan efektif dan dapat mencapai sasaran yangdiharapkan, pengawasannya dikaitkan dengan mekasnisme perijinan. Peraturan pemerintahtentang AMDAL secara jelas menegaskan bahwa AMDAL adalah salah satu syarat perijinan,dimana para pengambil keputusan wajib mempertimbangkan hasil studi AMDAL sebelummemberikan ijin usaha/kegiatan. AMDAL digunakan untuk mengambil keputusan tentang penyelenggaraan/pemberian ijin usaha dan/atau kegiatan.Dokumen AMDAL terdiri dari :1. Dokumen Kerangka Acuan Analisis Dampak Lingkungan Hidup (KA-ANDAL)2. Dokumen Analisis Dampak Lingkungan Hidup (ANDAL).3. Dokumen Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RKL)4. Dokumen Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup (RPL)Tiga dokumen (ANDAL, RKL, dan RPL) diajukan bersama-sama untuk dinilai olehKomisi Penilai AMDAL. Hasil penilaian inilah yang menentukan apakah rencanausaha/kegiatan tersebut layak secara lingkungan atau tidak dan apakah perludirekomendasikan untuk diberi ijin atau tidak.
 
Analisis Mengenai Dampak Lingkungan
 
Teknik Sipil S1 3
2.1.1 Penggunaan AMDAL
AMDAL dapat digunakan untuk :1. Bahan bagi perencanaan pembangunan wilayah.2. Membantu proses pengambilan keputusan tentang kelayakan lingkungan hidup darirencana usaha dan/kegiatan.3. Memberi masukan untuk penyusunan disain rinci teknis dari rencana usaha dan/ataukegiatan.4. Memberi masukan untuk penyusunan rencana pengelolaan dan pemantauanlingkungan hidup.5. Memberi informasi bagi masyarakat atas dampak yang ditimbulkan dari suataurencana usaha dan atau kegiatan.
2.1.2 Prosedur Penyusunan AMDAL
Prosedur penyusunan AMDAL terdiri dari :1. Proses penapisan (
 screening 
) wajib AMDAL.2. Peroses pengumuman dan konsultasi masyarakat.3. Penyusunan dan penilaian KA-ANDAL (scoping).4. Penyusunan dan penilaian ANDAL, RKL, dan RPL Proses penapisan atau kerap jugadisebut proses seleksi kegiatan wajib AMDAL, yaitu menentukan apakah suaturencana kegiatan wajib menyusun AMDAL atau tidak.5. Persetujuan kelayakan lingkungan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->