Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hukum Dan Hukum Ekonomi

Hukum Dan Hukum Ekonomi

Ratings: (0)|Views: 65 |Likes:
Published by Asmi Nuqayah
mata kuliah aspek hukum dalam ekonomi
mata kuliah aspek hukum dalam ekonomi

More info:

Published by: Asmi Nuqayah on Apr 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/23/2013

pdf

text

original

 
BAB 1
PENGERTIAN HUKUM DAN HUKUM EKONOMI
ASPEK HUKUM DALAM EKONOMINAMA : ASMI NUQAYAHNPM : 27211775KELAS : 2EB24AKUNTANSIEKONOMIUNIVERSITAS GUNADARMA 2013
 
1.1
 
PENGERTIAN HUKUM
Hukum adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaiankekuasaan kelembagaan. Dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik,ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara utamadalam hubungan sosial antar masyarakatterhadap kriminalisasi dalam hukum pidana,hukum pidanayang berupayakan cara negara dapat menuntut pelaku dalamkonstitusi hukum menyediakan kerangka kerja bagi penciptaan hukum, perlindungan hak asasi manusia dan memperluas kekuasaan politik serta cara perwakilan di mana merekayang akan dipilih. Administratif hukum digunakan untuk meninjau kembali keputusandari pemerintah, sementara hukum internasional mengatur persoalan antara berdaulatnegara dalam kegiatan mulai dari perdagangan lingkungan peraturan atau tindakanmiliter. filsuf Aristotle menyatakan bahwa "Sebuah supremasi hukum akan jauh lebih baik dari pada dibandingkan dengan peraturan tirani yang merajalela."Sedangkan pengertian atau definisi hukum menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:1.
 
Plato, dilukiskan dalam bukunya Republik. Hukum adalah sistem peraturan- peraturan yang teratur dan tersusun baik yang mengikat masyarakat.2.
 
Aristoteles, hukum hanya sebagai kumpulan peraturan yang tidak hanya mengikatmasyarakat tetapi juga hakim. Undang-undang adalah sesuatu yang berbeda dari bentuk dan isi konstitusi; karena kedudukan itulah undang-undang mengawasihakim dalam melaksanakan jabatannya dalam menghukum orang-orang yang bersalah.3.
 
Austin, hukum adalah sebagai peraturan yang diadakan untuk memberi bimbingankepada makhluk yang berakal oleh makhluk yang berakal yang berkuasa atasnya(Friedmann, 1993: 149).4.
 
Bellfoid, hukum yang berlaku di suatu masyarakat mengatur tata tertibmasyarakat itu didasarkan atas kekuasaan yang ada pada masyarakat.5.
 
Mr. E.M. Mayers, hukum adalah semua aturan yang mengandung pertimbangankesusilaan ditinjau kepada tingkah laku manusia dalam masyarakat dan yangmenjadi pedoman penguasa-penguasa negara dalam melakukan tugasnya.
 
6.
 
Duguit, hukum adalah tingkah laku para anggota masyarakat, aturan yang daya penggunaannya pada saat tertentu diindahkan oleh suatu masyarakat sebagai jaminan dari kepentingan bersama terhadap orang yang melanggar peraturan itu.7.
 
Immanuel Kant, hukum adalah keseluruhan syarat-syarat yang dengan inikehendak dari orang yang satu dapat menyesuaikan dengan kehendak bebas dariorang lain memenuhi peraturan hukum tentang Kemerdekaan.
1.2
 
TUJUAN HUKUM DAN SUMBER-SUMBER HUKUM
Sama halnya seperti pengertian hukum yang memiliki banyak teori, tujuan hukum pun memiliki begitu banyak teori berikut tujuan hukum menurut para ahli:1.
 
Prof Subekti, SH : Hukum itu mengabdi pada tujuan negara yaitu mencapaikemakmuran dan kesejahteraan rakyatnya dengan cara menyelenggarakankeadilan. Keadilan itu menuntut bahwa dalam keadaan yang sama tiap orangmendapat bagian yang sama pula.2.
 
Prof. Mr. Dr. LJ. van Apeldoorn : Tujuan hukum adalah mengatur hubunganantara sesama manusia secara damai. Hukum menghendaki perdamaian antarasesama. Dengan menimbang kepentingan yang bertentangan secara teliti danseimbang.3.
 
Geny : Tujuan hukum semata-mata ialah untuk mencapai keadilan. Dan iakepentingan daya guna dan kemanfaatan sebagai unsur dari keadilan.Pada umumnyahukum ditujukanuntuk mendapatkan keadilan, menjamin adanyakepastian hukum dalam masyarakat serta mendapatkan kemanfaatan atasdibentuknya hukum tersebut. Selain itu, menjaga dan mencegah agar tiap orangtidak menjadi hakim atas dirinya sendiri, namun tiap perkara harus diputuskanoleh hakim berdasarkan dengan ketentuan yang sedang berlaku.Secara singkatTujuan Hukumantara lain:
 
keadilan
 
kepastian
 
kemanfaatan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->