Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Insektarium

Makalah Insektarium

Ratings: (0)|Views: 1,303 |Likes:
Published by letilatte
SMA Santo Aloysius, Bandung
SMA Santo Aloysius, Bandung

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: letilatte on Apr 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/17/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1.
 
Latar Belakang
Biologi adalah suatu ilmu tentang kehidupan. Bagi siswa mempelajari tumbuhandan hewan dalam hubungannya dengan lingkungan sekitarnya adalah bagian pentingdalam mempelajari biologi. Untuk mengenal hakikat hidup, serta dalam kehidupantersebut diperlukan suatu cara atau metode. Pengawetan hewan sangat diperlukanterutama untuk memenuhi kebutuhan pada masa yang akan datang, "dalam membantu" perkembangan ilmu. Awetan serangga atau biasa disebut insektarium contohnya, seringdiperlukan sebagai alat peraga dalam kegiatan belajar mengajar biologi di kelas. Adanyaawetan yang dibuat sendiri selanjutnya sangat membantu pengadaan alat peraga dankoleksi. Insektarium yang berisi serangga awetan ini juga berfungsi untuk memanfaatkanserangga yang daur hidupnya singkat. Hal ini akan memudahkan siswa mempelajari berbagai jenis serangga, termasuk yang jarang ditemui sekalipun.
1.2.
 
Rumusan Masalah
1. Melimpahnya berbagai jenis serangga yang selama ini belum dimanfaatkan2.
 
Perlunya pemanfaatan serangga hama sebagai suatu bentuk kegiatan yang akanmeningkatkan nilai jual serangga3.
 
Masa hidup serangga singkat sehingga lebih baik bila serangga diawetkan.
3.1.
 
Tujuan
1.
 
Mengawetkan berbagai jenis serangga sehingga dapat diteliti lebih dekat2.
 
Mempelajari morfologi macam-macam serangga3.
 
Mengenal klasifikasi serangga
3.2.
 
Manfaat Penelitian
4.
 
Terdapat banyak manfaat yang dapat diperoleh dari pembuatan insektarium ini.Serangga-serangga yang telah diawetkan dalam insektarium dapat menjadi acuan pembelajaran tentang serangga. Mempelajari bagian-bagian tubuh serangga awetantentunya akan lebih menarik daripada mempelajari gambar di buku. Selain itu, siswa jugaakan lebih dimudahkan karena tidak harus memakai serangga hidup setiap kali praktikum.
 
2
BAB IILANDASAN TEORI2.1. Insektarium
Seperti dikutip darihttp://en.wikipedia.org/wiki/Insectarium,insektarium adalahsebuah museum serangga yang memperlihatkan bermacam-macam anthropoda seperti : laba-laba , kumbang , kecoa , semut , lebah , kaki seribu , kelabang , jangkrik ,belalang , belalangsembah , kalajengking ,dan mantis.Insektarium merupakan koleksi serangga berupa awetan-awetan kering. Spesimen-spesimen yang telah dikeringkan dan dilabeli lalu disimpan di dalam kotak serangga. Kotak tersebut lalu dilapisi dengan gabus atau styrofoam dan ditutup.Alat yang digunakan untuk insektarium sangat beragam, mulai dari jaringserangga, kotak pemisah (separation box), botol pembunuh (killing bottle), botol pengawet, amplop kertas (papilot), alat penghisap (aspirator), perangkap. (trap), sampai pinset, kuas kecil dan pisau.Sedangkan bahan yang dibutuhkan antara lain: asam asetat glasial 5%, gliserin5%, kloroform, alkohol dan formalin. Tetapi untuk pengawetan serangga bersayap denganukuran sedang sampai besar alat dan bahan yang digunakan dapat dimodifikasisehingga lebih murah dan mudah diperoleh dimana saja. Alat yang dibutuhkan antaralain: jaring serangga, topeles, botol pembunuh (killing bottle), amplop kertas (papilot) ukuran21,5 cm x 16,5 cm, gabus (sterofoam), jarum pentul, kapas, dan kertas minyak/ kertas tisu.Sedangkan bahan yang digunakan adalah serangga yang akan diawetkan dan alkohol.Menurut Bapak Asep dari Taman Kupu-kupu Cihanjuang, serangga, terutama kupu-kupu yang dipakai untuk insektarium didapatkan dengan 2 cara, yaitu :
 
Kupu-kupu keringKupu-kupu ini baru keluar dari kepompongnya dan langsung diambil lalu disuntik alkohol pada bagian thorax. Kupu-kupu awetan dari jenis ini mempunyai kualitasyang sangat baik (A1).
 
Kupu-kupu tangkapanKupu-kupu ini ditangkap lalu dibunuh dengan cara menusuk bagian thoraxnya.Setelah itu kupu-kupu baru dikeringkan dalam oven. Kupu-kupu awetan jenis ini biasanya kurang mulus (A2).
 
3
Setelah mendapatkan serangga dan bahan-bahan lainnya, insektarium dapat dibuat.Berikut adalah langkah-langkah pembuatan insektarium :1. Perlengkapan dan Metode PengkoleksianTerbagi menjadi dua katagori, yaitu kolektor aktif (aktif mencari serangga dengan peralatan berupa insect net, aspirator, beating sheet, dll) dan kolektor pasif (menggunakan perangkap/trap).Beberapa cara pengumpulan serangga
 
Hand Collecting
 
Spesimen diambil langsung di tempat dengan tangan atau pinset (bila berbahaya)
 
Pengambilan serangga dengan aspirator . Sangat berguna bagi serangga-seranggakecil, seperti pada ordo diptera.
 scene.asu.edu
 Gambar 2.1 Aspirator 
 
Pengambilan serangga permukaan tanah dengan Pitfall Trap
 
Pitfall trap dapat ditambah umpan untuk serangga yang akan ditangkap.
oisat.org 
 Gambar 2.2 Pitfall Trap

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Eka S. Rahmawati liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->