Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
196Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Di Era Globalisasi

Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Di Era Globalisasi

Ratings:

4.83

(12)
|Views: 22,245 |Likes:
Published by Kaji Adeka Samawa
mudah-mudahan berguna buat kita semua
mudah-mudahan berguna buat kita semua

More info:

Published by: Kaji Adeka Samawa on Mar 24, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/27/2013

pdf

text

original

 
[PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKANANAK DI ERA GLOBALISASI]
11 maret 2009
BAB IPENDAHULUAN
A.Latar BelakangDewasa ini, peran orang tua dalam pendidikan anak sangatlahkurang. Kita bisa lihat dalam kahidupan sehari-hari, tetangga kitamisalnya. Orang tua cenderung melepas anaknya pada duniapendidikan sekolahnya saja tanpa memperhatikan pendidikan darilingkungan keluarganya itu sendiri. Dengan kurangnya perhatiandari orang tua terhadap anak, anak akan cenderung bebas untukbergaul. Biasanya pergaulan yang semacam itu akan menjurus kehal-hal yang negatif. Dari itu, maka kita sebagai generasi mudaharus mampu untuk merubah paradigma berfikir seperti ini. Karena juga merupakan calon orang tua masa depan yang diharapkanmampu lebih baik daripada orang tua saat ini. Baik dalam halkeimanan, moral, bahkan finansial sekali pun untuk membentukanak sebagai pribadi yang mampu bersaing di era globalisasi saatini dan masa yang lebih maju akan datang.B.Masalah1.Konsep anak di Era Globalisasi2.Dampak Globalisasi pada Keluarga3.Pendidikan Anak4.Peran orang Tua dalam Mendidik AnakC.Tujuan
1.
Mengubah paradigma berfikir orang tua terhadap pendidikananak.2.Menciptakan hubungan baik antara orang tua dan anak melaluidunia pendidikan.3.Mencegah dan atau mengurangi penyimpangan anak akibatpengaruh globalisasi.4.Mengetahui dampak globalisasi pada anak.
adekasamawaPage 1
 
[PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKANANAK DI ERA GLOBALISASI]
11 maret 2009
BAB IIPENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI
A.
Konsep Anak di Era Globalisasi1.GlobalisasiBerbagai definisi tentang globalisasi bisa ditemukan di berbagaitulisan tentang globalisasi. Tetapi, berbagai definisi tersebut padadasarnya melihat globalisasi sebagai sebuah
 proses
ke arahglobalitas, yakni‚... a
social condition
characterized by theexistence of global economic, political, cultural, andenvironmental interconnections and flows that make many of thecurrently existing borders and boundaries irrelevant’ (Steger,2003, p. 7) yang artinya satu kondisi sosial yang ditandai olehkeberadaan dari budaya, politis, ekonomi global, daninterkoneksi-interkoneksi lingkungan dan arus-arus yangmembuat banyak dari batasan-batasan dan perbatasan-perbatasan sekarang ini ada tidak relevan.
Globalisasi
adalah sebuah istilah yang memiliki hubungandengan peningkatan keterkaitan dan ketergantunganantarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia dunia melaluiperdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentukinteraksiyang lain sehingga batas-batas suatunegara  menjadi bias.Dalam banyak hal, globalisasi mempunyai banyak karakteristikyang sama denganinternasionalisasisehingga kedua istilah inisering dipertukarkan. Sebagian pihak sering menggunakan istilahglobalisasi yang dikaitkan dengan berkurangnya peran negaraatau batas-batas negara.
adekasamawaPage 2
 
[PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKANANAK DI ERA GLOBALISASI]
11 maret 20092.
Karakteristik GlobalisasiSebagai sebuah rangkaian proses sosial globalisasi bisa dikenalimelalui empat karakteristik yang berbeda. Pembedaan inisebenarnya lebih berkaitan dengan kebutuhan analisis daripadasebagai refleksi dari realitas globalisasi, karena keempatkarakteristik tersebut mungkin sangat terkait satu sama lain.
a)Penciptaan dan penggandaan 
Berbagai aspek kehidupan, seperti produk, gaya hidup ataupunpraktek-praktek politik saat ini cenderung tidak lagi dibatasi olehkaidah-kaidah atau batasan-batasan geografis ataupun kultural.Globalisasi bisa muncul dalam bentuk penggandaan praktekataupun produk yang telah ada sebelumnya, tetapi bisa jugamuncul dari hal-hal yang baru. Berbagai produk, seperti McDonald,Coca Cola atau Jean’s misalnya, saat ini tersedia di seluruh belahanbumi dan bisa dinikmati oleh hampir semua orang di seluruh dunia.Pada saat yang sama, demokrasi telah berkembang menjadi sebuahpraktek politik yang diidealkan.
b)Perluasan dan pemekaran hubungan sosial, aktivitas dan saling- ketergantungan 
Globalisasi juga ditandai dengan perluasan dan pemekaran dalamartian spatial dan temporal. Semua kegiatan, hubungan dan prosesberlangsung pada saat yang bersamaan dalam skala global danberlangsung selama 24 jam. Perluasan dan pemekaran temporandan spatial ini terlihat misalnya dengan operasi kegiatan finansialglobal, chain stores, kelompok teroris ataupun gerakan-gerakan sipilglobal.
c)Intensifikasi dan akseleras
Proses intensifikasi dan akselerasi terjadi dalam kaitannya denganpertukaran data dan informasi maupun dalam kaitannya denganhubungan sosial. Dalam kaitan ini, Anthony Giddens melihatglobalisasi pada dasarnya adalah lokalisasi. Jika selama ini lokaldan global dipahami sebagai dua kutub ekstrim dari sebuahkontinuum, globalisasi menjadikan lokal dan global sekaligussebagai awal dan akhir.
d)Kesadaran manusia 
adekasamawaPage 3

Activity (196)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ratnah Kurniati liked this
Nonik Ssantokki liked this
irvan_sabban liked this
Mahmudah Muhtar liked this
Anni Pink liked this
Ay Alle liked this
Ali Sofyan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->