Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kepemimpinan

Kepemimpinan

Ratings: (0)|Views: 4 |Likes:
Published by Rama Putra Iswara

More info:

Published by: Rama Putra Iswara on Apr 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2014

pdf

text

original

 
 KEPEMIMPINAN
Oleh:Irma Darhojatun (A1B109005)Alfian Riza Hidayat (A1B109056)Laily Faradila (A1B109061)Emy Fitri Astuti (A1B109065)I Dewa Putu Budhi Hartaya (A1B1109012)
 
KEPEMIMPINAN
1. Pentingnya Kepemimpinan
Ada suatu keunggulan wirausaha yang sukses dibandingkan dengan wirausaha yanggagal atau bangkrut yang terletak pada dinamika dan efektivitas kepeminpinan.Peter F. Drucker:
 points out those managers (business leaders) are the basic and scarcest resource of any business enterprise
(Hersay & Blanchard, 1977: 83).Pada umumnya kegagalan itu disebabkan oleh kepeminpinan yang tidak efektif,mereka mampu memimpin karyawan, tidak bisa bekerja sama dengan orang lain atau merekatidak bisa menguasai, mengendalikan diri sendiri.Seorang wirausaha yang baik adalah seorang pemimpin dalam bisnis, haruslah orangyang dapat menguasai dan mengembangkan diri sendiri, dan juga mampu menguasai dirisendiri, dan juga mampu menguasai serta mengarahkan dan mengembangkan parakaryawannya.1.
 
Kepemimpinan melibatkan orang lain seperti bawahan atau pengikut. Seorangwirausaha akan berhasil apabila dia berhasil memimpin karyawannya atau pembantu-pembantu yang mau bekerja sama dengan dia untuk memajukan perusahaan.2.
 
Kepeminpinan menyangkut distribusi kekuasaan. Para wirausaha mempunyai otoritasuntuk memberikan sebagian kekuasaan kepada karyawan atau seorang karyawandiangkat menjadi pemimpin pada bagian-bagian tertentu.3.
 
Kepemimpinan menyakut penanaman pengaruh dalam rangka mengarahkan parabawahan.
2. Dua Pendekatan Utama Kepemimpinan
Untuk mempelajari kepemimpinan, ada dua pendekatan utama yaitu:
1. Pendekatan Sifat-Sifat (Traits Approach)
Pendekatan psikologi ini untuk sebagian besar didasarkan atas pengakuan umum bahwaperilaku individu untuk sebagian ditentukan oleh struktur kepribadian (Oteng Sutisna, 1982:24).Pendekatan sifat-sifat menyatakan bahwa terdapat sifat-sifat tertentu pada pemimpin antaralain: memiliki kekuatan fisik dan keramahan. Ada sifat kepribadian yang dapat dipandangberhubungan positif dengan prilaku pemimpin dan mempunyai korelasi tinggi ialahpopularitas, keaslian, adaptabilitas, ambisi, ketekunan, status sosial, status ekonomi, mampuberkomunikasi.
 
Dia mampu berkomunikasi dengan para relasi yang diharapkan dapat memasok barang, dandia berkomunikasi mempengaruhi calon langganan.Selanjutnya ada sifat-sifat yang berkaitan positif dengan prilaku pemimpin tapi berkolerasitidak terlalu tinggi seperti tanggung jawab, integritas, percaya diri, mobilitas, keterampilansosial, sifat-sifat fisik, kelancaran pembicara.Meskipun dikalangan para ahli persyaratan pemimpin belum disepakati sepenuhnya namunada sejumlah sifat-sifat kepribadian yang perlu dimiliki para memimpin (Andy Undap, 1983:29).1)
 
Pendidikan umum yang luas2)
 
Kematangan mental3)
 
Sifat ingin tahu4)
 
Kemampuan analitis5)
 
Memiliki daya ingat yang kuat 6)
 
Integratif. Seorang wirausaha harus memiliki kepribadian terpadu, tidak terpecah-pecah yang membuat dia terombang-ambing.7)
 
Keterampilan berkomunikasi8)
 
Keterampilan mendidik. Seorang wirausaha harus mampu memberi petunjuk danmendidik para karyawan dalam beberapa hal yang berhubungan dengan pekerjaan9)
 
Rasional dan objektif. Pemikiran-pemikiran, kesimpulan dan keputusan yangdiambil oleh seorang wirausaha harus berlandaskan pada pemikiran-pemikiransehat, rasional dan objektif, tidak pilih kasih dan tidak emosional10)
 
Pragmatisme. Keputusan-keputusan seorang wirausaha harus dibuat sesuaikemampuan dan sumber daya yang tersedia11)
 
Ada naluri prioritas. Berhubungan terbatasnya sumber daya yang tersedia makaseorang wirausaha harus mampu menetapkan skala prioritas apa yang harusdikerjakan lebih dulu12)
 
Pandai mengatur waktu. Seorang wirausaha harus mampu bertindak cepat dantepat dan mempertimbangkan waktu secara efisien13)
 
Kesederhanaan.14)
 
Sifat keberanian15)
 
Kemauan mendengar. Seorang wirausaha harus mampu menggali informasi danmendengar apa ide dan keinginan dari para karyawannya
2. Pendekatan Kepribadian (Behavioral Approach)
Perilaku pemimpin ini dapat berorientasi pada tugas atau pada hubungan antar karyawannya.Menurut teori ini kepemimpinan terdiri atas empat system yaitu:
a. Exploitative authoritativeb. Benevolent authoritative

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->