Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
0Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proposal

Proposal

Ratings: (0)|Views: 12 |Likes:
Published by Mitra Amalia Fonega
mbm
mbm

More info:

Published by: Mitra Amalia Fonega on Apr 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/16/2013

pdf

text

original

 
BAB 1PENDAHULUAN
awal mula saya tertarik dalam membuka usaha
 jamur crispi
karena Salah satu jenis bisniscemilan yang sedang marak saat ini adalah berjualan
 jamur crispy
. Cemilan ini menggunakan bahan dasar jamur tiram yang juga saat ini bisa dengan mudah kita dapatkan di pasaran karena berkembenagnya budidaya jamur Rasa dari jamur crispy yang gurih, renyah, serta sehat membuat jenis cemilan ini bisa denganmudah diterima masayarakat. Apalagi dengan slogan makanan sehat dan bebas kolesterol yangdiusung oleh segala jenis masakan berbahan dasar jamur ini membuat permintaan akan jamur crispy ini semakin menngkat.
A. SEKILAS TENTANG JAMUR CRISPY
 jamur crispy merupakan salah satu cemilan yang sehat yang sangat baik di konsumsi.selai , jamur crispy juga nmemiliki n itu karena memiliki cita rasa yang khasDari hasil penelitian, rata-rata jamur mengandung 19-35 persen protein.Dibanding beras (7,38 persen) dan gandum (13,2 persen), ia berkadar protein lebih tinggi. Asamamino esensial yang terdapat pada jamur, sekitar ada sembilan jenis dari 20 asam amino yangdikenal.Para peneliti dari Ujagar Group (India) menyampaikan, bahwa jamur tiram memiliki nilai nutrisiyang sangat bagus dengan alasan: 100 persen sayuran dan bersih; mengandung protein tinggi dankaya vitamin-mineral; rendah karbohidrat, lemak dan kalori; bagus untuk liver, pasien diabetes,dan menurunkan berat badan; berserat tinggi membantu pencernaan; antiviral dan antikanker;mudah memasaknya dan mudah dicerna; dan jamur tiram merupakan jamur yang paling enak rasanya dibanding jamur pangan lainnya.Sebagai perbandingan, tempe yang terbuat dari kedelai yang kaya serat dan juga sebagai sumber  berbagai nutrien seperti calsium, Vitamin B, dan besi, mempunyai kandungan sebagai berikut:kalori 204, protein 17 gram, lemak 8 gram, karbohidrat 15 gram, calium 80 mg, Fe (Besi) 2 mg,dan Zn 0,2 mg.
A.
 
Visi dan MisiVisi
-
 
Saya akan berusaha melayani konsumen dengan sebaik-baiknya-
 
Saya akan akan menyajikan menu yang sehat sesuai dengan kondisi konsumen-
 
Misi
-
 
Saya akan menerapkan sikap sopan santun dan ramah tamah sehingga konsumen yang datingtidak merasa segan dengan pelayanan yang saya berikan.-
 
Saya akan menuruti selera konsumen sehingga usaha yang akan saya jalani dapat berkembangdengan baik.-
 
Saya akan berusaha sekeras mungkin dan akan menciptakan tempat yang nyaman dan kualitasyang baik sehingga banyak pelanggan yang datang untuk membeli.
B.
 
LATAR BELAKANG
 
Salah satu bahanmakanan yang bisa dibuat berbagai macam camilan adalah jamur. Jamur yang  paling enak untuk di buat camilan dengan minuman teh hangat dan di nikmati di sore hari adalah jamur crispy. Seiring maraknya gerai-gerai makanan ringan yang menjajakan camilan denganinovasi produk maka memilih usaha bisnis jamur crispy adalah pilihan yang cerdas.Bisnis jamur crispy adalah bisnis kuliner Semacam keripik darijamur tiram putih.Proses membuat jamur crispy sebenarnya juga sangat sederhana, sama aja dengan membuat ayamgoreng crispy, sedangkan untuk membuat kripik jamur, hanya menambahkan proses spinner danmenggorengnya lebih lama saja (karena dimasak hingga kering)usaha ini masih cukup potensial, memang karena harganya masih cukup tinggi,segmentasi pemasarannya masih cukup terbatas.Jamur crispy banyak disukai para penikmat kuliner, mungkin karena rasanya yang gurih danteksturnya yang renyah membuat sensasi tersendiri bagi lidah kita. Apalagi ditunjang dengankeunggulan dari bahan bakunya yaitu jamur tiram yang tanpa kolesterol dan mengandung berbagai macam manfaat bagi kesehatn
 BAB IIANALISIS PASAR A.
 
Deskripsi Umum Usaha
Dalam Kegiatan Usah jamur jamur crispy ini banyak sekali yang harus diperhatikan, misalnyayang akan kita hadapi dan kendala-kendala dan resiko yang diakibatkan serta solusi yang harusdihadapi.Dalam usaha rumah makan sehat ini masalah yang dihadapi adalah pesaing, maka pengusahaharus benar-benar memperhatikan dan menguasai segalamasalah serta mengetahui tentang resiko dan kerugian.
B.
 
PROSPEK PASAR 
Makanan cemilan jamur crispy sudah banyak di kenal di berbagai daerah bahkan di luar negerihal ini terbukti dengan:1.
 
Permintaan jamur crispy di daerah – daerah yang makuin meningkat2.
 
Di luar negeri banyak yang sudah mengenal dan mengonsumsi jamur crispy3.
 
Saat ini beberapa jamur digunakan sebagai obat untuk melawan kolesterol, kanker, dan AIDS.Senyawa aktif jamur yang terkandung dikabarkan dapat sebagai antijamur, antibakteri, danantivirus dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat membunuh serangga dannematoda. Kesimpulan, secara statistik sangat menjanjikan, yakni kolesterol dan serum turun12,6 persen dan triglycerol turun 27.
C.
 
Kebutuhan dan kecenderungan pasar
 
target dalam pemasaran jamur crispi ini masih tergolong tinggi .sementara itu kecenderungan pasar akan jamur crispy sudah tergolong tinggi.Tidk hanya pengusaha jajanan kecil yang menyediakan jamur crispy tapi cafe – cafe besar punsudah mulai menyajikan menu jamur crispy.Adapun tempat-tempat yang bisa dijadikan untuk objek usaha jamur crispy tersebtut antara lain:1.
 
Masyarakat sekitar 2.
 
Pasar 3.
 
Pedagang
D.
 
Target pasar
Dalam proses pemasaran jamur crispy ini untuk tahap awal akan saya lakukan didesa sayasendiri ,kemudian setelah mendapatkan pendapatan saya akan pasarkan di kota,apa bila semua berjalan baik,lancer dan sukses.Adapun tempat-tempat yang bisa dijadikan untuk objek usaha tersebtut antara lain:1.
 
Masyarakat sekitar 2.
 
Pasar 3.
 
Pedagang
E.
 
Proyeksi pengembangan usaha
usaha ini di orientasikan sebagai usaha kecil, namun usaha ini cukup menjajanjikan untuk meningkatkan ekonomi.usaha cemilan jamur crispyuntuk itu akan di bagi beberapa tahap yaitu tahap industi kecil awal, tahap industri kecil lanjut,dan tahap industri menegah .Penjelasan mengenai ke tiga tahap tersebut adalah sebagai berikut:F.
 
Tahap Industri Kecil Awal
Tahap ini merupakan langkah awal menuju terbentuknya industri padat karyayang kuat dan kokoh
Menerapkan standar produksi yang tepat untuk mengoptimalkan hasil
Penyempurnaan sistem produksi, keuangan dan distribusi.
Penambahan tenaga kerja.
Pencarian investor Tahap industri kecil awal ini merupakan jembatan menuju berdirinya industri kecil yang kokoh.Investasi yang dibutuhkan untuk tahap industri kecil awal diperkirakan berkisar antara 25 hingga100 juta rupiah.G.
 
Tahap Industri Kecil Lanjut
Tahap ini merupakan pengembangan dari tahap industri kecil awal. Setelah kebutuhan danamencukupi, dan seluruh kekurangan telah dapat diatasi, maka dimulailah industri kecil lanjutyang ditargetkan untuk memiliki perijinan dan pembentukan badan usaha. Industri ini diharapkanmampu menyerap banyak tenaga kerja, mulai dari pekerja kasar di bagian produksi hingga profesional di bidang pemasaran, R & D dan administrasi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->