Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bab i Sisi Islam Dalam Pembiayaan

Bab i Sisi Islam Dalam Pembiayaan

Ratings: (0)|Views: 205|Likes:
Published by Ibnu So'im

More info:

Published by: Ibnu So'im on Apr 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/16/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
Setiap pemberian pembiayaan akan menimbulkan hak dan kewajiban antar  pihak yang berkesepakatan, maka aspek Islam sangatlah penting dalam pembiayaan. Bank dan
customer 
harus mengetahui dan melaksanakan ketentuan-ketentuan yang disepakati bersama serta masing-masing tidak mengabaikanketentuan dan peraturan yang berlaku.Dari latar belakang diatas, maka kami disini akan menjelaskan makalahyang berjudul Sisi Islam dalam Pembiayaan yang mana dalam makalah ini sudahkami rangkum dan ringkas sedemikian rupa agar mudah untuk dipahami danmudah untuk dimengerti satu sama lain.
 
2
BAB IIPEMBAHASANSISI ISLAM DALAM PEMBIAYAANA.
 
SUBJEK ISLAM
1.
 
PengertianSetiap pemberian pembiayaan akan menimbulkan hak dankewajiban .bank hanya dapat mempertimbangkan pemberian pembiayaan bila pemohon tersebut merupakan subjek islam, karena subjek islammerupakan pendukung hak dan kewajiban . artinya dapat menerima hak dan dan dibeban kan kewajiban .subjek islam dapat berbentuk manusiasecara pribadi maupun badan-badan hukum
1
.2.
 
Manusia sebagai pribadiManusia sebagai pribadi/orang mampu dan cakap untuk melakukanssuatu tindakan hukum oleh undang-undang ditentukan sebagai berikut:a.
 
Telah dewasa
( aqil baligh
)
,
yaitu mencapai usia 21 tahun atausudah menikah. b.
 
Tidak ditaruh dibawaah perwalian
2
.Tidak semua manusia pribadi/ orang dapat dikatakan subjek hukumyang cakap. oleh karena itu, bank hanya akan mempertimbangkan permohonan permohonan pembiayaan dari orang/ pribadi yang tercantumdiatas.
1
Veithzal Rivai, dan Andria Permata Veithzal,
 Islamic Financial Management,
(Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2007), hal.83.
2
 
 Ibid,
 
3
3.
 
Badan hukumBadan-badan hukum atau perkumpulan-perkumpulan tertentu dialam hukum dapat memliki hak-hak dan kewajiban-kewajiban sepertiseorang manusia. Unsur yang terpenting dalam suatu badan hukumadalah terpisahnya kekayaan pribadi dan kekayaan perusahaan . artinya, jika perusahaan mengalami kerugian , maka persero/pemegang sahamhanya bertanggung jawab maksimum sebesar penyertaan di perusahaan.
B.
 
STATUS HUKUM PERUSAHAAN
1.
 
PengertianStatus hukum perusahaaan perlu diketahui karen aerat kaitanya dengantanggung jawab pembiayaan yang diberikan kepada perusahaan. Statushukum perusahaan antara lan meliputi:a.
 
Perseroan perseroan adalah suatu persetujuan antara dua orang atau lebih yangmengkaitkan diri untuk memasukan sesuatu dalam persekutuandengan maksud membagi keuntungan yang diperoleh kaenanya.dalam praktik dikenal perusahaan perorangan yang pemiliknya adalahsatu orang, orang tersebut bertanggung jawab atas utang-utangnya.kekayaan perusahaan dengan pribadi tidak terpisahkan. bank dapat menuntut kekayaan perusahaan dan pribadinya jika perusahaan tersebut dilikuidasi. b.
 
Perseroan firmaSuatu perserikatan yang diadakan untuk menjalankan suatu perusahaaan, dibawah nama bersama. Firma harus didirikan denganakte autentik dan pendirian firma harus didaftarkan kepanitira pengadilan negeri setempat dalam wilayah hukum dimana perseroan berkedudukan. Tanggung jawab persero/peserta adalah tanggungrenteng dan tidak terbatas.
3
 
3
 
 Ibid,
hal. 86-87.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->