Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hewan Hidup Di Darat - Dalam Tanah - Bisa Terbang - Di Air - Darat Dan Air

Hewan Hidup Di Darat - Dalam Tanah - Bisa Terbang - Di Air - Darat Dan Air

Ratings: (0)|Views: 866 |Likes:
Published by Ratu Ku
Jenis-jenis, Nama, Keterangan hewan Hidup di Darat - Hewan dapat hidup dalam Tanah - Hewan bisa Terbang - Hewan Hidup di air - Hewan yang dapat hidup di darat dan air
Jenis-jenis, Nama, Keterangan hewan Hidup di Darat - Hewan dapat hidup dalam Tanah - Hewan bisa Terbang - Hewan Hidup di air - Hewan yang dapat hidup di darat dan air

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Ratu Ku on Apr 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/23/2013

pdf

text

original

 
advertesing  News Feed Comments Feed  Home Berita Artikel Info Pendidikan
HEWAN YANG HIDUP DI DARAT1. Kuda
Kuda (Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesies modernmamalia dari genus Equus. Hewan ini telah lama merupakan salah satu hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis, dan telah memegang peranan penting dalam pengangkutanorang dan barang selama ribuan tahun.Kuda dapat ditunggangi oleh manusia dengan menggunakan sadel dan dapat pula digunakan untuk menarik sesuatu, seperti kendaraan beroda, atau bajak. Pada beberapa d aerah, kuda juga digunakansebagai sumber makanan. Walaupun peternakan kuda diperkirakan telah dimulai sejak tahun 4500SM, bukti-bukti penggunaan kuda untuk keperluan manusia baru ditemukan terjadi sejak 2000 SM.Dalam bahasa Jawa disebut jaran, bahasa Makassar disebut jarang.
2. Laba-laba
Laba-laba, atau disebut juga labah-labah, adalah sejenis hewan berbuku-buku (arthropoda) dengandua segmen tubuh, empat pasang kaki, tak bersayap dan tak memiliki mulut pengunyah. Semua jenis laba-laba digolongkan ke dalam ordo Araneae; dan bersama dengan kalajengking, ketonggeng,tungau
 — 
semuanya berkaki delapan
 — 
dimasukkan ke dalam kelas Arachnida. Bidang studimengenai laba-laba disebut arachnologi.Laba-laba merupakan hewan pemangsa (karnivora), bahkan kadang-kadang kanibal. Mangsautamanya adalah serangga. Hampir semua jenis laba-laba, dengan perkecualian sekitar 150 spesiesdari suku Uloboridae dan Holarchaeidae, dan subordo Mesothelae, mampu menginjeksikan bisamelalui sepasang taringnya kepada musuh atau mangsanya. Meski demikian, dari puluhan ribuspesies yang ada, hanya sekitar 200 spesies yang gigitannya dapat membahayakan manusia.Tidak semua laba-laba membuat jaring untuk menangkap mangsa, akan tetapi semuanya mampumenghasilkan benang sutera --yakni helaian serat protein yang tipis namun kuat-- dari kelenjar (disebut spinneret) yang terletak di bagian belakang tubuhnya. Serat sutera ini amat berguna untuk membantu pergerakan laba-laba, berayun dari satu tempat ke tempat lain, menjerat mangsa,membuat kantung telur, melindungi lubang sarang, dan lain-lain.
 
advertesing  News Feed Comments Feed  Home Berita Artikel Info Pendidikan
3. Beruang
Beruang adalah mamalia dari ordo Carnivora, famili Ursidae. Beruang memiliki ekor kecil, indra penciuman dan pendengaran yang ulung, lima kuku per telapak tangan yang tak dapat ditarik masuk, serta bulu yang panjang, lebat dan kasar. Mereka memiliki cakar yang lebar, moncong yang panjang, dan telinga bundar. Giginya digunakan untuk bertahan dan alat dan tergantung padamakanannya. Kuku-kukunya digunakan untuk menyobek, menggali, dan menangkap. Pengelihatan beruang hampir sama dengan pengelihatan manusia. Beruang hitam dan sejenisnya tidak butawarna.Tergantung pada spesiesnya, beruang dapat memiliki 32 hingga 42 gigi. Gigi beruang tidak dikhususkan untuk membunuh mangsa mereka.Gigi taring beruang relatif kecil dan umumnyadigunakan untuk pertahanan diri atau alat. Gigi geraham beruang lebar, datar dan digunakan untuk memotong dan menggiling tumbuhan menjadi potongan lebih kecil supaya dapat dicerna.Beruang memiliki empat cakar. Setiap cakar dilengkapi lima kuku yang tajam dan panjang. Kukutersebut dapat digunakan untuk memanjat pohon, menyobek sarang rayap dan sarang lebah,menggali akar, atau menangkap mangsa, tergantung pada spesiesnya. jangan meremehkan beruang,dapat berlari mencapai kecepatan 50 km/jam (30 mph). Beruang juga dapat bergerak denganfleksibel dan lincah.Bulu beruang panjang dan kasar. Warna bulu bervariasi tergantung pada spesiesnya. Ada yang berwarna putih, blonde atau krem, hitam dan putih, sampai hitam semua atau coklat semua. Warna bulu beruang juga bervariasi walaupun mereka satu spesies. Sebagai contoh, Beruang Amerikahitam mungkin saja berbulu hitam, coklat, coklat kemerahan, atau hitam kebiruan. Beberapaspesies, seperti sun bear dan spectacled bear memiliki dada yang berwarna cerah dengan facialmarkings.Pada semua spesies beruang, jantan lebih besar daripada betina. Perbedaan antar jenis kelamin ini,semakin besar pada spesies yang lebih besar. Beruang kutub jantan berbobot dua kali lebih besar daripada betinanya, sedangkan jantan spesies beruang yang lebih kecil berbobot hampir samadengan betinanya. Beruang dapat hidup sekitar 25 tahun hingga 40 tahun. Beruang yang hidup dihutan, lebih cepat mati daripada mereka yang hidup di kebun binatang.Ada banyak macam beruang yang berbeda seperti beruang kutub, beruang coklat, beruang hitam, panda, dsb.Beruang hidup di habitat yang bervariasi, dari lingkungan tropik hingga Artik, dari hutan kelingkungan bersalju. Umumnya mereka omnivora, walaupun beberapa memiliki makanan yangkhusus, seperti beruang kutub. Mereka memakan lumur, akar, kacang dan beri. Mereka jugakadang-kadang pergi ke sungai untuk menangkap ikan. Beruang umumnya pergi jauh untuk mencari makanan. Waktu berburu biasanya ketika senja atau pagi buta kecuali ketika manusia adadi sekitar.
 
advertesing  News Feed Comments Feed  Home Berita Artikel Info Pendidikan
HEWAN YANG BISA HIDUP DALAM TANAH1. Tikus
Tikus adalah mamalia yang termasuk dalam suku Muridae. Spesies tikus yang paling dikenal adalahmencit (Mus spp.) serta tikus got (Rattus norvegicus) yang ditemukan hampir di semua negara danmerupakan suatu organisme model yang penting dalam biologi; juga merupakan hewan peliharaanyang populer.
2. Cacing Tanah
Cacing tanah adalah nama yang umum digunakan untuk kelompok Oligochaeta, yang kelas dansubkelasnya tergantung dari penemunya dalam filum Annelida.
3. Semut
Semut adalah semua serangga anggota suku Formicidae, bangsa Hymenoptera. Semut memilikilebih dari 12.000 jenis (spesies), sebagian besar hidup di kawasan tropika. Sebagian besar semutdikenal sebagai serangga sosial, dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur beranggotakanribuan semut per koloni. Anggota koloni terbagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratusemut. Dimungkinkan pula terdapat kelompok semut penjaga. Satu koloni dapat menguasai daerahyang luas untuk mendukung kehidupan mereka. Koloni semut kadangkala disebut"superorganisme" karena koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.Meskipun ukuran tubuhnya yang relatif kecil, semut termasuk hewan terkuat di dunia. Semut jantanmampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri, dapatdibandingkan dengan gajah yang hanya mampu menopang beban dengan berat dua kali dari berat badannya sendiri. Semut hanya tersaingi oleh kumbang badak yang mampu menopang bebandengan berat 850 kali berat badannya sendiri. Asam format disebut juga "asam semut" karena semutmenghasilkan asam ini sebagai alat pertahanan diri.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->