Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Anggaran Dasar Lks

Anggaran Dasar Lks

Ratings: (0)|Views: 329|Likes:
Published by Yayanskom
Anggaran Dasar Lks
Anggaran Dasar Lks

More info:

Published by: Yayanskom on Apr 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/27/2014

pdf

text

original

 
ANGGARAN DASAR IKATAN ALUMNI LATIHAN KEPEMIMPINAN SISWA( IKA – LKS )PEMBUKAAN
Bahwa perjuangan bangsa Indonesia untuk mengisi kemerdekaan yang di proklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945 telah memasuki tahapan yangsemakin memerlukan peningkatan daya dukung seluruh kekuatan generasimuda untuk ikut berpartisipasi mensukseskan pembangunan bangsa dannegara yang berkesinambungan.Bahwa untuk mengisi pembangunan bangsa dalam segala aspek kehidupanmaka diperlukan generasi muda yang handal. Yang tidak hanya mampu bekerja dan berpikir saja namun memiliki wawasan yang luas hingga dapatmengembangkan pola pikir yang terpadu mandiri dan maju, terutama dalamusaha pencapaian negara Indonesia menuju negara teknologi dan industriyang berwawasan lingkungan.Generasi muda sebagai potensi dan penerima tongkat estapet kepemimpinannasional sekaligus menjadi pewaris atau penerus cita-cita bangsa, pentinguntuk dipersiapkan dan dibina sehingga dapat menjadi calon-calon pemimpin bangsa yang betul-betul dapat diharapkan. Terutama untuk menjamintegaknya negara Pancasila dan tetap utuhnya UUD 1945.Bahwa di Sumatera Selatan telah tumbuh cikal bakal pemikiran kegiatanLatihan Kepemimpinan Siswa (LKS) sejak tahun 1990 hingga mencapai titik kuliminasi pada tahun 1995 berdirinya suatu Ikatan Alumni LatihanKepemimpinan Siswa (IKA-LKS). Dengan berdirinya lembaga IkatanAlumni Latihan Kepemimpinan Siswa (IKA-LKS) tersebut akanmenjembatani keinginan pelajar untuk menyalurkan kreatifitas yang selarasdengan kepentingan kepemudaan.Lembaga Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa (IKA-LKS) berdiriindependent di Negara Indonesia, khususnya pada bidang kepemudaan dankemasyarakatan berada pada seluruh tingkatan Pemerintah Daerah sertamenjalin hubungan yang harmonis dan dinamis, Selain itu lembaga IkatanAlumni Latihan Kepemimpinan Siswa (IKA-LKS) dimotori oleh pemuda/pelajar itu sendiri secara profesional. Atas ridho Tuhan Yang MahaKuasa dan dijiwai oleh semangat persatuan dan kesatuan yang merupakankunci pokok perjuangan didalam organisasi hingga dapat menciptakangenerasi muda khususnya pelajar yg dibina sejak dini agar berpikiran majudan luwes, maka disusunlah suatu bentuk Anggaran Dasar dan AnggaranRumah Tangga Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa (IKA-LKS). 
 
ANGGARAN DASAR BAB INAMA, WAKTU DAN TEMPAT KEDUDUKANPasal 1N a m a
Organisasi ini bernama Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswadisingkat IKA-LKS.
Pasal 2Waktu
Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa (IKA-LKS) didirikan padatanggal 24 Juli 1995 untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.
Pasal 3Tempat Kedudukan
Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa (IKA-LKS) berpusat di Ibukota Negara Indonesia.
B A B IIAZAS, SIFAT DAN FUNGSI, TUJUANPasal 4 Azas
Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa (IKA-LKS) berazaskanPancasila.
Pasal 5Sifat dan Fungsi
a.Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa ini bersifat kebangsaan,kekeluargaan dan kesederhanaan serta merupakan organisasi kekuatan bukan politik. Berfungsi sebagai wadah koordinasi pelajar yang memilikivisi dan persepsi yang terhadap perkembangan kepemudaan umumnya,kemasyarakatan dan negara Indonesia khususnya. b.Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa menjamin kemerdekaantiap-tiap anggota memeluk agama dan kepercayaan masing-masing dan beribadat menurut agama dan kepercayaannya.
Pasal 6 Tujuan
Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa (IKA-LKS) mendasari pedoman perjuangan pendiriannya atas kepentingan bangsa bernegara untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan dikalangan pemuda. Yang dijabarkansecara garis besar seperti berikut :1.Mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia seperti yang termasuk dalamPembukaan Undang-Undang Dasar 1945.2.Menjadikan manusia Indonesia seutuhnya.3.Mengikat tali persatuan dan persaudaraan antar pemuda Indonesia.
B A B IIIKEDAULATAN, MUSYAWARAH DAN REFERENDUMPasal 7 Kedaulatan
Kedaulatan organisasi sepenuhnya berada ditangan anggota dan dilaksanakanoleh Pengurus IKA-LKS.
Pasal 8 Musyawarah
1. a. Di dalam IKA-LKS kekuasaan tertinggi dipegang oleh Musyawarah Nasional. b. Musyawarah Nasional diadakan tiga tahun sekali. Apabila ada hal-hal yangluar biasa dan bersifat mendesak, maka diantara dua Musyawarah Nasionaldapat diadakan Musyawarah Nasional Luar Biasa.
 
c. Pimpinan Musyawarah Nasional adalah suatu presidium yang dipilih olehMusyawarah Nasional.2. a. Musyawarah Daerah Provinsi diadakan tiga tahun sekali dalam wilayahsuatu Provinsi. Apabila ada hal-hal yang luar biasa dan bersifat mendesak,maka diantara dua Musyawarah Daerah dapat diadakan Musyawarah DaerahLuar Biasa. b. Pimpinan Musyawarah Daerah Provinsi adalah suatu presidium yangdipilih oleh Musyawarah Daerah.3. a. Musyawarah Daerah Kota/Kabupaten diadakan tiga tahun sekali dalamwilayah suatu Kotamadya atau Kabupaten. Apabila ada hal-hal yang luar  biasa dan bersifat mendesak, maka diantara dua Musyawarah DaerahKota/Kabopaten dapat diadakan Musyawarah Daerah Kota/Kabupaten Luar Biasa. b. Pimpinan Musyawarah Daerah Kota/Kabupaten adalah suatu presidiumyang dipilih oleh Musyawarah Daerah Kota/Provinsi.4. a. Musyawarah Unit diadakan dua tahun sekali dalam wilayah suatu Unit.Apabila ada hal-hal yang luar biasa dan bersifat mendesak, maka diantara duaMusyawarah Unit dapat diadakan Musyawarah Unit Luar Biasa. b. Pimpinan Musyawarah Unit adalah suatu presidium dipilih olehMusyawarah Unit.Pasal 9 ReferendumDalam menghadapi hal-hal yang luar biasa IKA-LKS dapatmenyelenggarakan suatu referendum.
BAB IVORGANISASIPasal 10 Keanggotaan
Anggota Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa (IKA-LKS) adalah putra putri bangsa Indonesia yang dengan sukarela menjadi anggota serta pernah mengikuti LKS atau pernah menjadi Panitia dalam kegiatan LKS,diangkat sebagai anggota kehormatan atau anggota luar biasa, mentaatiAD/ART dan mematuhi Peraturan Organisasi.
Pasal 11Susunan Pengurus
1. Dewan Pembina- Presiden Republik Indonesia Pembina IKA-LKS Wilayah Pusat - Gubernur Pembina IKA-LKS IKA-LKS Wilayah Propinsi - Walikota/Bupati PembinaIKA-LKS Wilayah Kota/Kabupaten - Kepala Sekolah IKA-LKS WilayahUnitDewan Pembina IKA-LKS dapat ditambah sesuai kebutuhan dan kondisistrategis pada tiap-tiap wilayah kepengurusan, baik itu unsur instansi pemerintah, instansi swasta maupun unsur Tokoh masyarakat lainnya.2. Majelis Kehormatan Prasaja- Dewan Alumni IKA-LKS Pusat - Dewan Alumni IKA-LKS Propinsi- Dewan Alumni IKA-LKS Kota/Kabupaten- Dewan Alumni IKA-LKS UnitMajelis Kehormatan IKA-LKS dapat melibatkan unsur tokoh masyarakatsetempat yang dianggap punya potensi penting untuk perkembanganorganisasi.3. Pengurus- Pusat Pengurus Bersama IKA-LKS - Pengurus Bersama IKA-LKS Propinsi- Pengurus Bersama IKA-LKS Kota/Kabupaten - Pengurus Bersama IKA-LKS Unit

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->