Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Anggaran Rumah Tangga Lks

Anggaran Rumah Tangga Lks

Ratings: (0)|Views: 243 |Likes:
Published by Yayanskom
Anggaran Rumah Tangga Lks
Anggaran Rumah Tangga Lks

More info:

Published by: Yayanskom on Apr 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/27/2013

pdf

text

original

 
ANGGARAN RUMAH TANGGAIKATAN ALUMNI LATIHAN KEPEMIMPINAN SISWABAB INAMA, WAKTU DAN TEMPAT KEDUDUKANPasal 1N a m a
Organisasi ini bernama Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswadisingkat IKA-LKS dengan PRASAJA sebagai ciri kepemimpinan. Hal inidimaksudkan agar pemuda dan pelajar yang tergabung didalamnya berwatakkan pemimpin yang sederhana dan tidak berlebih-lebihan serta dapatmengembangkan kepemimpinannya dimanapun dia berada.
Pasal 2W a k t u
Hari jadi IKA-LKS adalah tanggal 24 Juli 1995 karena saat itu adalah yang paling bersejarah bagi IKA-LKS yaitu sejak diucapkannya Ikrar IkatanAlumni Latihan Kepemimpinan Siswa (IKA-LKS), dan sejak saat itu pulaIkatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa mulai bergerak.
Pasal 3Tempat Kedudukan
Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa berpusat di Ibukota NegaraIndonesia DKI Jakarta. Hal ini dikarenakan DKI Jakarta merupakan PusatPemerintahan Negara Indonesia dan untuk memudahkan segala birokrasiorganisasi. Namun sebelum kepengurusan Pusat terbentuk makaKepengurusan Pusat dikendalikan oleh Dewan Pendiri IKA-LKS sebagaimotor penggerak organisasi hingga terbentuknya kepengurusan Pusat yangsesuai dengan Undang Undang dan Peraturan Pemerintah Negara KesatuanRepublik Indonesia.
BAB IIAZAS, SIFAT DAN FUNGSI, TUJUANPasal 4A z a s
Pancasila adalah satu - satunya azas Ikatan Alumni Latihan KepemimpinanSiswa untuk mencapai tujuan Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa.Selain itu Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa berupaya agaPenghayatan dan Pengamalan Pancasila diwujudkan dalam perbuatan dantindakan.setiap anggota Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa.
Pasal 5Sifat dan Fungsi
Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa bersifat kebangsaan,kekeluargaan dan kesederhanaan yang berfungsi sebagai salah satu lembaga pendidikan luar sekolah dan sebagai wadah pembinaan generasi muda,dengan prinsip dasar pendidikan kepemimpinan yang pelaksanaandiserasikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa danmasyarakat Indonesia.
Pasal 6Tujuan
Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa melaksanakan pendidikankepemimpinan dikalangan pemuda dalam rangka mencapai tujuan nasionalsebagaimana tercantum dalam pembukaan Undang-Undang dasar 1945.Pada hakikatnya tujuan pendidikan kepemimpinan yang diterapkan dalamIkatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa adalah membentuk sikap dan
 
 perilaku yang positif, menambah pengetahuan dan pengalaman, sertamenguasai sikap kepemimpinan yang baik, sehingga menjadi manusia yang berkepribadian jiwa pemuda Indonesia, yang percaya pada kemampuan dirisendiri, sanggup dan mampu melaksanakan kepemimpinan¬nya, serta bersama-sama bertanggungjawab atas kelangsungan pembangunanmasyarakat, bangsa dan negara Indonesia.
BAB IIIKEDAULATAN, MUSYAWARAH DAN REFERENDUMPasal 7Kedaulatan
Kedaulatan organisasi Ikatan Alumni Latihan Kepemimpinan Siswasepenuhnya berada ditangan anggota yang dalam pelaksanaannya dijalankanoleh pengurus IKA-LKS.
Pasal 8Musyawarah
1. Musyawarah Nasionala.Musyawarah Nasional diadakan setiap tiga tahun sekali. b.Pimpinan Musyawarah Nasional dipimpin oleh suatu Presidium yangdipilih oleh Musyawarah Nasional tersebut.c.Hasil dalam Musyawarah Nasional dinyatakan sah apabila disetujuioleh dua sepertiga dari jumlah yang hadir dalam Musyawarah Nasional dan diagendakan secara tertulis.2. Musyawarah Daerah Provinsia.Musyawarah Daerah Provinsi diadakan setiap tiga tahun sekali dalamwilayah suatu Provinsi. b.Pimpinan Musyawarah Daerah Provinsi dipimpin oleh suatuPresidium yang dipilih oleh Musyawarah Daerah Provinsi tersebut.c.Hasil dalam Musyawarah Daerah Provinsi dinyatakan syah apabiladisetujui oleh dua sepertiga dari jumlah yang hadir dalamMusyawarah Daerah Provinsi dan diagendakan secara tertulis.3. Musyawarah Daerah Kota/Kabupatena.Musyawarah Daerah Kota/Kabupaten diadakan setiap tiga tahunsekali dalam wilayah suatu Kota/Kabupaten. b.Pimpinan Musyawarah Daerah Kota/Kabupaten dipimpin oleh suatuPresidium yang dipilih oleh Musyawarah Daerah Kota/Kabupatentersebut.c.Hasil dalam Musyawarah Daerah Kota/Kabupaten dinyatakan syahapabila disetujui oleh dua sepertiga dari jumlah yang hadir dalamMusyawarah Daerah Kota/Kabupaten dan diagendakan secara tertulis.4. Musyawarah Unita.Musyawarah Unit diadakan setiap dua tahun sekali dalam wilayahsuatu Unit. b.Pimpinan Musyawarah Unit dipimpin oleh suatu Presidium yangdipilih oleh Musyawarah Unit tersebut.c.Hasil dalam Musyawarah Unit dinyatakan syah apabila disetujui olehdua sepertiga dari jumlah yang hadir dalam Musyawarah Unit dandiagendakan secara tertulis.5. Musyawarah Luar Biasaa.Musyawarah Luar Biasa hanya dilaksanakan apabila dipandang perlu.
 
 b.Musyawarah Luar Biasa diselenggarakan atas prakarsa pengurustertinggi atau atas usul dari sekurang-kurangnya dua pertiga jumlah pengurus daerah yang ada, yang diajukan secara tertulis kepada pengurus tertinggi dengan disertai alasan yang jelas.c.Jika enam bulan setelah usul tertulis itu diterima dan pengurustertinggi belum juga mengadakan Musyawarah Luar Biasa, maka para pengusul berhak mendesak pengurus tertinggi untuk segeramenyelenggarakan Musyawarah Luar Biasa.d.Hasil dalam Musyawarah Luar Biasa dinyatakan syah apabiladisetujui oleh dua sepertiga dari jumlah yang hadir dalamMusyawarah Luar Biasa dan diagendakan secara tertulis.
Pasal 9 Referendum
Dalam hal-hal luar biasa IKA-LKS dapat menyelenggarakan referendumyang dijalankan secara tertulis, jelas dan disusun sedemikian rupa sehingga jawaban atas referendum tersebut cukup dengan setuju atau tidak setuju,kemudian diumumkan hasilnya setelah mendapat persetujuan lebih dariseperdua jumlah pihak yang mempunyai hak suara, yaitu jumlah anggotayang ada diwilayahnya.
BAB IV ORGANISASIPasal 10 Keanggotaan
1. Anggota organisasi IKA-LKS adalah putra-putri Indonesia.2. Ditetapkan dan disahkan oleh Pengurus IKA-LKS dijajarannya.3. Pernah mengikuti dan atau terlibat dalam kegiatan yg diadakan olehorganisasi IKA-LKS.4. Diangkat sebagai anggota kehormatan atau anggota luar biasa.5. Mengajukan permohonan secara tertulis (mengisi formulir) yang ditujukankepada pengurus.6. Mentaati dan mengamalkan AD dan ART serta Peraturan Organisasi IKA-LKS.
Pasal 11Hak dan Kewajiban Anggota
1. Anggota mempunyai Hak :a.Memperoleh perlakuan yang sama dari organisasi, mengeluarkan pendapat dan mengajukan usul-usul serta saran-saran. b.Mempunyai hak dipilih dan memilih dan memperoleh pembelaanserta perlindungan dari organisasi.c.Memperoleh pendidikan, pelatihan dan ketrampilan berorganisasi dan promosi dari organisasi.2. Anggota mempunyai kewajiban :a.Menghayati serta mengamalkan AD dan ART organisasi. b.Mentaati dan mematuhi seluruh keputusan-keputusan organisasi.c.Menentang dan membela setiap usaha dan tindakan yang dapatmerugikan organisasi.d.Aktif mengikuti kegiatan-kegiatan organisasi baik kedalam maupunkeluar.e.Mengutamakan sifat kekeluargaan, gotong royong dan kesederhanaan.f.Berani, jujur, bertanggung jawab, setia dan dapat dipercaya.g.Membayar iuran secara aktif.
Pasal 12Berakhirnya Keanggotaan
1. Anggota berakhir keanggotaannya karena ;

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->