Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
6Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Hukum Adat Bali

Makalah Hukum Adat Bali

Ratings: (0)|Views: 5,038|Likes:
Published by Kabeh Nuza Modifyer
Makalah Hukum Adat Bali, termasuk didalamnya hukum perorangan, hukum keluarga, hukum waris, dan delik adat
Makalah Hukum Adat Bali, termasuk didalamnya hukum perorangan, hukum keluarga, hukum waris, dan delik adat

More info:

Published by: Kabeh Nuza Modifyer on Apr 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/03/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Masyarakat Bali, khususnya etnis Bali yang beragama Hindu, terkenal dengan kehidupanadat dan budayanya. Nilai adat dan budaya ini merupakan suatu ketentuan yang harus di ikuti bagi masyarakat bali. Sebagai warganegara Indonesia, orang-orang Bali tentu saja juga tunduk kepada hukum negara, yaitu peraturan perundang-undangan Republik Indonesia. Disampingtunduk kepada hukum negara, bagi orang Bali juga berlaku hukum adat, bahkan pada bidang- bidang kehidupan tertentu, hukum adat Bali justru berlaku dengan sangat kuat terutama akibat belum adanya hokum nasional yang mengatur bidang kehidupan tersebut.Kehidupan hukum adat bali ini merupakan suatu warisan dari leluhur terdahulu yangsampai sekarang terjaga dan dilakukan, walaupun memang ada beberapa bagaian dalam hukumadat bali mengalami suatu proses penyesuaian hukum sesuai perkembanghan jaman. Hukumadat bali bagi masyarakat bali merupakan suatu petunjuk ,jalan, dan batasan dalam melakukansuatu perbuatan dalam ranah hukum adat. Hingga begitu kentalnya hukum adat bali ini tidak dapat dipisahkan dari ajaran agama, sehingga sulit bagi kita untuk membedakan antara hukumadat , dan mana agama, karena dalam hukum adat bali antara adat dan agama ini seolahmenyatu, saling keterkaitan. Selain agama hukum adat bali ini juga sering dihubungkan dengansejarah kehidupan masyarakat adat di bali, terutama kisah-kisah kerajaaan yang ada di bali yangmemuat bagaimana system social masyarakat adat di Bali. Masyarakat Bali sejak zaman MpuKuturan mengenal sistem Kahyangan Tiga yang dalam kehidupan sosial masyarakatnya di-implementasikan dalam wadah desa pakraman yang terbagi lagi dalam konsep banjar-banjar.Konsep yang adiluhung ini sekaligus menjadi pilar utama kehidupan masyarakat Bali dalammenopang adat dan budayanya yang diwarisi sampai sekarang. Hukum adat bali tidak hanyamengatur mengenai masyarakat adat tetapi juga pribadi/perorangan terhadap, hak dankewajibannya yang didasarkan atas kedudukannya(status social dan keturunan) serta mengenaisanksi atas pelanggaran hukum adat tersebut.
1
 
B.Rumusan Masalah
1.Bagaimanakah hukum perorangan didalam hukum adat bali ?2.Bagaimanakah hukum kekeluargaan didalam hukum adat bali ?3.Bagaimanakah hukum perkawinan didalam hukum adat bali ?4.Bagaimanakah hukum waris didalam hukum adat bali ?5.Bagaimanakah keberadaan hukum delik adat yang ada dalam hukum adat bali ?
C.Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah diatas dapat dilihat bahwa tujuan pembuatan makalah ini adalahagar kita dapat mengetahui hukum adat bali baik hukum perorangan, hukum kekeluargaan,hukum perkawinan, hukum waris, dan hukum delik adat.
D.Manfaat
Dapat menambah wawasan kita terhadap Hukum Adat Bali juga sebagai sebuah kewajiban bagikita terutama mahasiswa asal bali untuk mengetahui adat bali, sehingga kita secara tidak langsung sudah ikut berkontribusi dalam menjaga hukum adat bali..BAB IIPEMBAHASAN
2
 
A.Hukum Perorangan
Hukum Perorangan, adalah keseluruhan kaedah hukum yang mengatur kedudukanmanusia sebagai subjek hukum dan wewenang untuk memperoleh, memiliki, danmempergunakan hak – hak dan kewajiban ke dalam lalu lintas hukum serta kecakapan untuk  bertindak sendiri melaksanakan hak haknya, juga hal hal yang mempengaruhi kedudukansubjek hukum. Dalam artian sempit hokum perorangan dapat diartikan sebagai hukum orangyang hanya ketentuan orang sebagai subjek hokum. Dan dalam artian yang luas Hukum orangtidak hanya ketentuan orang sebagai subjek hukum tetapi juga termasuk aturan hukumkeluarga.Pengertian hukum perorangan menurut subekti adalah peraturan-peraturan perihalkecakapan untuk memiliki hak dan kewajiban untuk bertindak sendiri, melaksanakan hak-haknya itu serta hal-hal yang mempengaruhi kecakapan itu. Definisi ini terlalu sempit karenahukum perorangan tidak hanya mengkaji ketiga hal tersebut, namun juga mengkaji tentangdomisili dan catatan sipil. Jadi, hukum perorangan adalah keselurah kaidah-kaidah hukum yangmengatur tentang subyek hukum dan kewenangan, kecakapan, domisili, dan catatan sipil.Definisi ini dititikberatkan pada wewenang subyek hukum dan ruang lingkup peraturan hukum perorangan.
1.Subjek Hukum Perorangan
Subjek hukum adalah setiap pendukung hak dan kewajiban yaitu : manusia (Natuurlijk  persoon) dan badan huum(rechts persoon).
Manusia (Natuurlijk Persoon).
Manusia menurut pengertian hukum terdiri dari tiga pengertian :1) Mens, yaitu manusia dalam pengertian biologis yang mempunyai anggotatubuh,kepala, tangan, kaki dan sebagainya.2) Persoon, yaitu manusia dalam pengertian yuridis,baik sebagi individu/pribadi maupunsebagai makhluk yang melakukan hubungan Hukum dalam masyarakat.3) Rehts Subject (Subjek Hukum).yaitu manusia dalam hubungan dengan hubungan hukum(rechts relatie), maka manusia sebagai pendukung hak dan kewajiban.
3

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
Freddy Susilo liked this
1 hundred reads
1 thousand reads
Aditya Valentino liked this
Amin Wastoni liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->