Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Transplantasi Kulit

Transplantasi Kulit

Ratings: (0)|Views: 189 |Likes:
Pengetahuan dasar tentang transplantasi kulit, mekanisme transplnatasi kulit, cara perawatan dan lain -lain.
Pengetahuan dasar tentang transplantasi kulit, mekanisme transplnatasi kulit, cara perawatan dan lain -lain.

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Afida Zahara Adzkiya on Apr 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/03/2013

pdf

text

original

 
 
BIOLOGI
Disusun oleh:Afida Zahara AdzkiyaSMA Negeri 1 Metro
Transplantasi Kulit 
 
 
I.
 
Pengertian Skin Graft
 Transplantasi kulit diperkenalkan pertama kali oleh Jacques reverdin (Swiss,1842-1929), dan Karl Tiersch (Jerman, 1822-1895), yang melakukan Split Thickness Skin Graft(cangkok sebagian tebal kulit).Transplantasi kulit (Skin Graft) adalah tindakan menanam kulit dengan ketebalantertentu baik sebagian maupun seluruh kulit yang diambil atau dilepaskan dari satu bagiantubuh yang sehat (disebut daerah donor) kemudian dipindahkan atau ditanamkan ke daerahtubuh lain yang membutuhkannya (disebut daerah resipien). Transplantasi kulit umumnyamerupakan Auto-transplantasi yaitu penggunaan kulit yang berasal dari individu yang samauntuk meminimalisasi tingkat kegagalan karena memiliki karakteristik kulit, gen, dan DNAdengan jenis yang sama.
II.
 
Penyebab Dilakukannya Skin Graft
Skin Graft dilakukan pada pasien yangmengalami kerusakan kulit yang hehat sehinggaterjadi gangguan pada fungsi kulit itu sendiri,misalnya pada luka bakar yang hebat, gesekan,kelainan kulit atau kecelakaan. Penempatan graft pada luka bertujuan untuk mencegah infeksi,melindungi jaringan yang ada di bawahnya sertamempercepat proses penyembuhan.
 
Dokter akan mempertimbangkan pelaksanaan prosedur skin graft berdasarkan pada beberapa faktor yaitu: ukuran luka, tempat luka dan kemampuan kulit sehat yang ada pada tubuh.
 
III.
 
Pembagian Skin Graft
a. Secara umum, dikelompokkan menjadi 2, yaitu:1.
 
Cangkok Kulit
Cangkok kulit lepas
 
Split cangkok kulit merupakan cangkok lapisan epidermiskulit yang dapat dipindahkan secara bebas. Kulit yangdigunakan dapat berasal dari bagian mana saja dari tubuh,namun pada umumnya berasal dari daerah paha, punggungatau perut. Kulit dapat diperluas dengan suatu alat sehinggaluasnya dapat mencapai 1,5 hingga 6-9 kali luas semula.Teknik cangkok jala ini disebut mesh dan biasanya digunakan pada luka bakar yang luas.Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka diperlukan beberapa persyaratan antaralain sistem peredaran darah pada daerah resipien harus baik, tidak ada infeksi, dankeadaan umum penderita harus baik.
Flep
 
Flep adalah cangkok jaringan kulit beserta jaringan lunak di bawahnya yang diangkatdari tempat asalnya, tetapi tetap mempunyai hubungan vaskularisasi dengan tempatasalnya. Flep yang dipindahkan akan membentuk vaskularisasi baru di tempat rsipien.Flep yang dipindahkan dapat mengandung tulang. Atas dasar vaskularisasinya, dibedakanflep acak yang mengandalkan kapiler pembuluh darah disekitarnya, dan flep bersumbuyang mengandung arteri nutrisi di dalamnya.
Cangkok jaringan lepas
 
Cangkok jaringan bebas atau flep lepas adalah bentuk flep pulau yang diambil dandilepaskan pada daerah donornya. Cangkok yang bertangkai arteri dan vena ini dipasang pada tempat lain, kemudian pembuluh darah yang berdiameter kecil ini disambungdengan pembuluh darah di daerah resipien secara bedah mikro vaskuler. Teknik ini dapatdilakukan pada flep kulit atau flep muskulokutan.
2.
 
ImplanUntuk menunjang upaya bedah rekonstruksi dan bedah estetik, padakeadaan tertentu diperlukan bahan sintetis. Bahan yang ditanam ke dalam tubuhharus memenuhi beberapa syarat, diantaranya tidak atau sedikit menimbulkanreaksi tubuh, tidak magnetis, tidak menghantar listrik, dan tidak karsinogenik.Bahan yang lazim dipakai adalah silicon, akrilik, dan logam campuran sepertititanium. Contohnya, implant prosthesis payudara setelah operasi kanker  payudara. b.
 
Berdasarkan asal
 
Autograft
: graft bersal dari individu yang sama (berasal dari tubuh yang sama).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->