Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Menjadi Generasi Muda Memberi Dampak Positif Dalam Pergaulan Sosial

Menjadi Generasi Muda Memberi Dampak Positif Dalam Pergaulan Sosial

Ratings: (0)|Views: 113 |Likes:

More info:

Published by: Abdul Haris Manggala Putra on Apr 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/18/2013

pdf

text

original

 
KARYA TULIS
PERANAN GENERASI MUDA DALAM BANGSA 
OLEH ABDUL HARIS MANGGALA PUTRA 
 
BAB IPENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Generasi muda merupakan generasi penerus bangsa dan penerus cita-citabangsa. Jika dilihat dari kenyataan yang ada, suatu negara akan maju karenaadanya dukungan dari pada pemuda atau generasi muda yang aktif. Merekadiharapkan dapat melakukan hal yang terbaik untuk negara ini. Generasi mudamemiliki kemampuan dan peranan yang besar, namun sering kali mereka tidakdiperhatikan dan kurang mendapat bimbingan dari generasi terdahulu. Selain itu,perkembangan informasi dan teknologi telah membuat generasi muda terpengaruhbesar akan dampaknya. Ini semua mengakibatkan munculnya efek-efek yang negatif dalam kehidupan generasi muda.Generasi muda adalah pewaris bangsa dan negara ini, baik buruknya bangsa kedepan bergantung kepada generasi mudanya. Mereka dituntut memiliki kepribadianyang kokoh, semangat nasionalisme dan karakter yang kuat untuk membangunbangsa dan negaranya, memilki dan menguasai pengetahuan dan tekhnologi untukbersaing dengan bangsa lain dalam tataran global, dan tergantung pula kepadaapakah generasi mudanya berfikir positif untuk berkreasi yang akan melahirkankarya - karya nyata dan membawa pengaruh dan perubahan yang besar bagikemajuan bangsa dan negaranya.Dalam karya tulis ini saya akan menjelaskan tentang peranan generasi mudaterhadap kemajuan bangsa dan peranannya dalam hal-hal positif lainnya.Pentingnya kepekaan generasi muda sangat penting demi kemajuan bangsa dannegara ini. Generasi muda merupakan pewaris dan pengembang selanjutnya darinegara ini.
 
BAB IIPERANAN GENERASI MUDA DALAM BANGSA
2.1 Generasi Muda di Zaman Perjuangan Kemerdekaan
Banyak kisah yang dapat kita dengar tentang generasi muda, apalagi saat masapenjajahan di Indonesia dulu. Para generasi muda menjadi penggerak dalammemperjuangkan kemerdekaan. Mereka berjuang dengan keras dan tidak mengenallelah demi kemerdekaan tanah air yang mereka cintai dengan jiwa dan raga. Hal inidapat dilihat dari berbagai perlawanan yang dilancarkan oleh generasi muda saat itukepada para penjajah, seperti perlawanan pada 10 November 1945 di Surabaya,dan Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta.Banyak berbagai perlawanan yang terjadi di masa itu demi perjuangankemerdekaan Indonesia. Mereka tidak hanya berjuang dengan mempergunakansenjata. Ada juga yang melakukannya dengan
speaking power 
, seperti yang dilakukan Bung Hatta di Belanda saat beliau sekolah di sana dengan mendirikanPerhimpuanan Indonesia (PI). Gerakan yang beliau lakukan tidak hanya sendirian,namun dibantu oleh remja-remaja Indonesia yang ada di Belanda. Tapi, apa yangbeliau lakukan tidak hanya didukung oleh kaum pribumi, tapi juga mendapatkandukungan dari berbagai negara. Sehingga pihak Belanda sangat khawatir denganpergerakan Bung Hatta.
2.2 Generasi Muda di Zaman Sekarang
 Apa yang para pemuda lakukan dan butuhkan pada zaman itu dengan sekarangtentu sangat jauh perbedaannya. Dulu, para pemuda membutuhkan bambu runcingdan senjata. Sedangkan kita, yang sekarang hidup di zaman yang sangat canggihsangat membutuhkan teknologi yang terbaru. Dan tidak hanya itu, kita berjuanguntuk lebih memajukan negeri ini. Melanjutkan apa yang telah diperjuangkan olehpara pahlawan kita dahulu.Jika kita berbicara tentang generasi muda, banyak suka dan duka baik yangpernah kita alami atau teman-teman kita hadapi. Kata orang banyak yang dapat kitalakukan di saat remaja. Remaja sekarang terlalu jauh melakukan hal yang ia suka.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->