Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
EKONOMI PEMBANGUNAN.doc

EKONOMI PEMBANGUNAN.doc

Ratings: (0)|Views: 32 |Likes:
ok
ok

More info:

Published by: Rendra Love Aiucarbon on Apr 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/22/2013

pdf

text

original

 
M. PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA
Untuk mencapai kemajuan-kemajuan ini ialah dengan menggunakan kelebihan penduduk yang ada, yang merupakan pengangguran tersembunyi dan setengahmenganggur di desa-desa.Mobilitas kelebihan tenaga kerja untuk pembangunan ekonomi hendaknyadidasarkan pada tradisi atau paguyuban yang ada dalam masyarakat disitu sebelumada industri.Pembangunan masyarakat desa dapat didefinisikan sebagai proses di manaorang-orang di situ bersama dengan pejabat-pejabat pemerintah berusaha untuk memperbaiki keadaan perekonomian, sosial dan kebudayaan dalam masyarakat yang bersangkutan, mengintegrasikan masyarakat ini dalam kehidupan bangsa dan dapatmembantu membangun bangsa dan negara.Pembangunan masyarakat desa meliputi 2 unsur yaitu: ikut bertanya pendudusendiri dalam usaha untuk memperbaiki tingkat hidupnya dengan inisiatif merekasendiri dibarengi dengan bantuan-bantuan teknik serta lain-lain bantuan sedemikianrupa sehingga memajukan inisiatif mereka untuk berusaha sendiri dan salingmembantu. Tindakan dari kedua pihak dan mengurangi bahaya pertentangan atau perselisihan sosial.Hasilnya, membantu memberantas buta huruf dan perbaikan-perbaikankesehatan. Ekonomis memajukan produksi pertanian serta usaha-usaha metode-metode pertanian seperti: pemakaian pupuk, pemilihan bibit yang baik termasuk jenistanaman dan sebagainya. Untuk memajukan perindustrian yang sesuai dengan desadisitu yang berarti pula merupakan sumber penghasilan dan lapangan kerja bagi penduduk desa.
N. TABUNGAN DALAM NEGERI DAN PEMBENTUKAN KAPITAL
Bantuan luar negeri yang umumnya diberikan kepada negara sedang berkembang menyebabkan adanya kejutan pertumbuhan perekonomian pada pertengahan kedua dari abad 19. Kapital dari luar negeri ini pada umumnya berbentuk investasi swasta, hadiah-hadiah dan pinjaman negara, yang sangat membantu negara
 
sedang berkembang menuju ke tingkat pertumbuhan yang ditopang sendiri, (self sustaining growth).Pembangunan ekonomi sebaiknya didasarkan pada sumber-sumber ekonomiyang terdapat dalam perekonomian sendiri, sedang capital dari luar negeri ituhendaknya sekadar sebagai tambahan saja.1. TabunganBagi beberapa negara sedang berkembang, tabungan untuk investasi lebih dari10% dari produksi nasional. Menurut Rostow adalah hal yang diperlukan untuk lepas landas (take-off) ke pertumbuhan yang ditopang sendiri (self sustaininggrowth).Mengembangkan tabungan dalam negeri, baik tabungan itu berasal daritabungan dalam negeri, baik tabungan itu berasal dari tabungan sector swastaataupun dari tabungan pemerintah. Pendapat dari pajak untuk investasi sebagaitabungan paksaan dapat pula digunakan. Tabungan di negara sedang berkembangrelative rendah karena rendahnya tingkat pendapatan, dan ini karena rendahnya produktivitas penduduk karena sering terjadi inflasi dan devaluasi serta kekuranganlembaga yang dapat menampung simpanan itu.Menurut Prof.Lews, tabungan sukarela punya kecenderungan untuk tumbuhdengan cepat hanya apabila ketidakmerataan pembagian pendapatan itu disebabkanterutama oleh adanya tingkat keuntungan wiraswasta yang tinggi. Sebaliknya, bilaketidaksamaan ini disebabkan oleh adanya pendapatan tuan tanah yang tinggi,makatabungan tak akan terdorong.Wiraswasta Puritan di Inggris pada abad ke-18 dimana di Inggris merekayang kaya menanamkan kembali kekayaan-kekayaannya ke dalam usaha-usaha perekonomian. Dinegara terbelakang umumnya kelebihan nilai yang mereka terima biasanya digunakan untuk keperluan prestise, barang-barang mewah,seperti perhiasan-perhiasan atau meniru kehidupan orang-orang Barat seperti membelimobil, lemari es, televisi dan sebagainya. Jadi lebih banyak digunakan untuk kepentingan konsumsi.
 
Kelas wiraswasta biasanya kurang mau menggunakan dananya dalamusaha-usaha jangka panjang, maka negara sedang berkembang harus dapat memberidaya tarik bagi investasi-investasi asing dan memberi dorongan-dorongan sehinggamereka yang mempuyai modal mau menanamkan kapitalnya untuk perkembangan perekonomian.Penyaluran tabungan ke investasi produktif dapat melalui beberapa carayaitu dengan menggunakan system perbankan diperlukan adanya lembaga-lembagakredit dan tabungan yang cukup, terutama diperlukan sistem Bank yang efisien.Bank-bank harus diorganisir sedemikian rupa sehingga dapat menarik tabungansebanyak mungkin dari masyarakat dan membagikannya dalam bentuk kreditterutama pada petani-petani dan pedagang-pedagang kecil. Pada waktu yang samaharus dijaga jangan sampai terjadi bahaya perluasan kredit yang bersifat inflator (inflationary credit expansion) oleh Bank-bank Swasta karena akan membahayakankebijaksanaan pembangunan pemerintah.2. Pajak Metode untuk menarik dana dari konsumsi dan menjadikannya tersedia bagiinvestasi yang produktif. Dana-dana yang berasal dari pajak dapat dipinjamkan oleh pemerintah kepada perusahaan-perusahaan swasta untuk keperluan investasi sepertihalnya di Jepang. Sebaliknya, pemerintah dapat membiayai investasinya denganmeminjam dari investor swasta seperti halnya terjadi dinegara-negara kapitalis. Politik  pajak negara belum maju hendaknya jangan meniru politik pajak di negara maju sebabada perbedaan yang besar dalam tujuan yang hendak dicapai dan dalam keadaandimana politik pajak itu dilakukan.Tujuanya antara lain dapat didefinisikan sebagai berikut yaitu: mengumpulkandana lewat perpajakan atau tabungan pemerintah. Untuk memungkinkan pemerintahmembantu investasi swasta guna mencapai tingkat perkembangan yang dikehendakidan menyediakan perangsang-perangsang yang diperlukan agar swasta berusahasemaksimum mungkin menaikkan produksi dan pembentukan modal.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->