Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Kilang Minyak

Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Kilang Minyak

Ratings: (0)|Views: 7 |Likes:

More info:

Published by: Bahlawan Hawwas Ninggrat on Apr 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/20/2014

pdf

text

original

 
1
Keselamatan dan Kesehatan KerjaPada Kilang Minyak
By. : Signage16
LATAR BELAKANG
Industri yang bergerak dalam bidang minyak dan gas bumi memiliki resiko tinggi disektor hulu, yaitu pada kegiatan pengelolaan dan pengeboran. Selain itu pada sektor hilir yaitu pada kegiatan pengolahan dan distribusi juga memiliki resiko yang hampir sama dengan sektor hulu. Resiko ini meliputi aspek finansial, kecelakaan, kebakaran,ledakan maupun penyakit akibat kerja dan dampak lingkungan. Melihat keadaantersebut diperlukan suatu manajemen yang berorientasi pada Keselamatan danKesehatan Kerja (K3) pada industri perminyakan. Indonesia telah memiliki undang –undang mengenai keselamatan kerja yaitu Undang – Undang No. 1 Tahun 1970.Selain itu terdapat pula beberapa peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.Perkembangan ilmu manajemen yang mempengaruhi Keselamatan dan KesehatanKerja telah berhasil menurunkan angka kecelakaan dan penyakit akibat kerja padaberbagai industri di dunia. Selain bidang Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan, juga diperlukan aspek Lindung Lingkungan (LL). K3 dan LL merupakan aspekorganisasi bisnis yang tidak hanya memerlukan pengetahuan mendalam akan latar belakang maupun tata cara pelaksanaannya, tetapi juga bagaimana perusahaanmenaati peraturan yangberkaitan dengan K3 dan LL. Pemahaman K3 dan LL iniberawal dari pengetahuan (knowledge), sikap (attitude) dan prilaku (behaviour).Salah satu faktor yang mempengaruhi prilaku manusia dalam hal yang berkaitandengan K3 dan LL adalah persepsinya terhadap K3 dan LL serta pelaksanaannyadalam perusahaan yang bersangkutan. Persepsi ini dipengaruhi oleh aspek internaldan aspek eksternal. Aspek internal merupakan aspek yang berkaitan dengan sifa ataukarakter individu karyawan serta motivasi karyawan. Sedangkan aspek eksternalmeruapak aspek yang berkaitan dengan kepemimpinan serta pengelolaan aspek K3dan LL seperti komitmen pimpinan dan karyawan terhadap pelaksanaan, kebijakanyang diberlakukan, program dan penerapan program K3 dan LL. Persepsi ataubagaimana pandangan penilaian karyawan terhadap K3 dan LL dalam perusahaanmenjadi semakin penting dalam mewujudkan budaya yang mendukung K3 dan LL
 
2
yang akan memberikan kontribusi yang besar untuk meningkatkan performance dancitra perusahaan secara keseluruhan.Perkembangan bidang keselamatan dan kesehatan lingkungan mengikuti upayapembangunan yang berwawasan lingkungan. Pembangunan yang berkelanjutan danberwawasan lingkungan adalah upaya sadar dan terencana yang memadukanlingkungan hidup termasuk sumber daya ke dalam proses pembangunan untukmenjamin kemampuan, kesejahteraan dan mutu hidup generasi masa kini dangenerasi masa depan. Untuk menunjang pembangunan berkelanjutan yangberwawasan lingkungan ini diperlukan suatu sistem politik yang menjamin partisipasiaktif masyarakat dalam pengambilan keputusan, sistem ekonomi yang mampumenghasilkan surplus dan berdasarkan kemampuan sendiri yang berlanjut, sistemsosial yang memberikan penyelesaian terhadap ketegangan akibat pembangunanyang tidak selaras, sistem produksi yang menghormati kewajiban untuk melestarikanekologi, sistem teknologi yang dapat menemukan jawaban terhadap permasalahanlingkungan yang ada secara terus menerus.Dibawah ini beberapa istilah yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatanlingkungan :1. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya,keadaan, dan makhluk hidup termasuk manusia dan prilakunya yangmempengaruhi kelangsungan prikehidupan dan kesejahteraan manusia sertamakhluk hidup lainnya.2. Ekosistem adalah tatanan unsure lingkungan hidup yang merupakan kesatuanutuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan,stabilitas dan produktivitas lingkungan hidup.3. Daya dukung lingkungan hidup adalah kemampuan lingkungan hidup untukmendukung prikehidupan manusia dan makhluk hidup lain.4. Baku mutu lingkungan hidup adalah ukuran batas atau kadar makhluk hidup,zat, energi atau komponen yang ada atau harus ada dan/atau unsurepencemar yang ditenggang keberadaannya dalam suatu sumber daya tertentusebagai unsure lingkungan hidup.5. Pencemaran lingkungan adalah masuk atau dimasukannya makhluk hidup, zat,energi dan/atau komponen lain dalam lingkungan hidup oelh kegiatan manusiasehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkanlingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya.
 
3
6. Keselamatan dan kesehatan kerja adalah segala daya upaya atau pemikiranyang ditujukan untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmaniahmaupun rohaniah tenaga budayanya, untuk meningkatkan kesejahteraantenaga kerja menuju masyarakat adil dan makmur.7. Kecelakaan adalah suatu kejadian yang tidak diduga dari semula dan tidakdikehendaki yang mengganggu suatu proses dari aktivitas yang telahditentukan dari semula dan dapat mengakibatkan kerugian baik korbanmanusia maupun harta benda.8. Potensi bahaya (Hazards) adalah suatu keadaan yang memungkinkan ataudapat menimbulkan kecelakaan / kerugian berupa cedera, penyakit, kerusakanatau kemampuan melaksanakan fungsi yang telah ditetapkan.9. Resiko (Risk) adalah kemungkinan terjadinya kecelakaan / kerugian padaperiode waktu tertentu atau siklus operasi tertentu.10. Insiden adalah kejadian yang tidak diinginkan yang dapat dan telahmengadakan kontak dengan sumber energi melebihi nilai ambang batas badanatau struktur.11. Aman / selamat adalah kondisi tiada kemungkinan malapetaka (bebas daribahaya)
PROSES PADA KILANG MINYAK
Sebuah kilang minyak adalah pabrik proses industri dimana minyak mentah diprosesdan dimurnikan menjadi produk petroleum berguna. Minyak yang mentah atau takdiproses tidak begitu berguna dalam bentuknya saat dipompa keluar dari dalam tanah.Maka diperlukan proses untuk menguraikannya menjadi bagian-bagian danmemurnikannya sebelum penggunaan dalam bahan padat seperti plastik dan busa,atau sebagai bahan bakar fosil petroleum seperti dalam halnya mesin otomotif danpesawat terbang.Minyak bisa digunakan dengan banyak cara yang beragam karena mengandunghidrokarbon yang berbeda panjangnya seperti parafin, aromatik, napthene (ataucycloalkane), alkene, diene, dan alkyne.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->