Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Pemilihan Metode Peramalan Jadi

Makalah Pemilihan Metode Peramalan Jadi

Ratings: (0)|Views: 41 |Likes:
peramalan oke
peramalan oke

More info:

Published by: Muhammad Awan Sihabuddin on Apr 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/13/2013

pdf

text

original

 
Didownload dari ririez.blog.uns.ac.id1
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
Latar Belakang Masalah
Peramalan
(forecasting)
merupakan bagian vital bagi setiap organisasi bisnis danuntuk setiap pengambilan keputusan manajemen yang sangat signifikan. Peramalanmenjadi dasar bagi perencanaan jangka panjang perusahaan. Dalam area fungsionalkeuangan, peramalan memberikan dasar dalam menentukan anggaran dan pengendalianbiaya. Pada bagian pemasaran, peramalan penjualan dibutuhkan untuk merencanakanproduk baru, kompensasi tenaga penjual, dan beberapa keputusan penting lainnya.Selanjutnya, pada bagian produksi dan operasi menggunakan data-data peramalan untuk perencanaan kapasitas, fasilitas, produksi, penjadwalan, dan pengendalian persedian
(inventory control)
. Untuk menetapkan kebijakan ekonomi seperti tingkat pertumbuhanekonomi, tingkat pengangguran, tingkat inflasi, dan lain sebagainya dapat pula dilakukandengan teknik metode peramalan dan pengukuran kesalahan peramalan.
B.
 
Perumusan Masalah
Dari uraian yang telah diberikan dalam latar belakang masalah, dapat dirumuskanpermasalahan dalam memilih teknik peramalan dan pengukuran kesalahan peramalanuntuk data tertentu.
C.
 
Tujuan Penulisan
Permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan ini berdasarkan pada pemilihanteknik peramalan dan pengukuran kesalahan peramalan.
D.
 
Manfaat Penulisan
Untuk mengetahui teknik-teknik dan pengukuran kesalahan peramalan apa sajayang dapat dilakukan untuk melakukan peramalan pada suatu data.
 
Didownload dari ririez.blog.uns.ac.id2
BAB IIPEMBAHASAN
 A. Teknik-teknik Peramalan
 Faktor utama yang mempengaruhi pemilihan teknik peramalan adalah identifikasi danmengetahui pola dari data. Beberapa teknik peramalan yang dapat digunakan:
1.
 
Teknik peramalan untuk data stasioner
Data stasioner dapat didefinisikan dengan cepat seperti sesuatu yang nilai rata-ratanyatidak dapat diubah sewaktu-waktu. Seperti situasi yang berkembang ketika adapeningkatan pola data yang mempengaruhinya maka teknik ini akan relatif stabil.
Teknik peramalan stasioner digunakan jika
 – 
Data stabil, lingkungan yg berpengaruh relatif tetapMisalnya angka kerusakan perminggu pada pemasangan bagian-bagianperakitan mesin memiliki rata- rata produksi yang sama, kumpulan penjualanproduk atau layanan dalam pekembangan proses kehidupan dan jumlah hasilpenjualan dari tingkat usaha yang konstan.
 – 
Butuh model yang sangat sederhana karena keterbatasan data, ataumemudahkan dalam penjelasan dan pelaksanaanContoh: ketika bisnis atau organisasi itu baru dan hanya sedikit data historisyang tersedia
 – 
Adanya asumsi tertentu sehingga data menjadi lebih stabilContoh: mengganti pendapatan ke pendapatan perkapita atau menggantipenjualan dolar ke jumlah dolar konstan.
 – 
Adanya transformasi data sehingga menjadi stabilContoh: mentransformasi rangkaian dengan menggunakan logaritma, akarkuadrat atau pembedaan.
 – 
Data adalah himpunan eror dari teknik peramalan yang dianggap cukup baik (memadai)
Teknik yang bisa digunakan
 – 
Naïve
 
Didownload dari ririez.blog.uns.ac.id3
 – 
Simple averaging
 – 
Moving average
 – 
Autoregressive moving average (ARMA)
2.
 
Teknik peramalan untuk data Trend
Rangkaian Trend diberikan lebih awal sebagai runtun waktu yang mengandungkomponen bentuk panjang yang menggambarkan pertumbuhan atau kemerosotan dalamrangkaian diatas periode perpanjangan waktu. Dengan kata lain runtun waktu dikatakanmempunyai Trend jika nilai rata-ratanya menggantikan waktu tambahan, jadi Trenddigunakan untuk meningkatkan atau menurunkan selama periode yang mana peramalandiinginkan.
Teknik peramalan untuk data trend digunakan jika
 – 
Daya produksi yang meningkat atau kemajuan teknologi yang mendorongperubahan gaya hidup (misal:permintaan barang elektronik)Contoh: permintaan komponen elektronik, yang meningkat dengan adanyakomputer dan pemakaian jalan kereta api yang menurun karena adanyapesawat terbang
 – 
Pertambahan jumlah penduduk yang mendorong pada permintaan barang dan jasaContoh: pajak penjualan barang-barang konsumsi, permintaan konsumsienergi, dan penggunaan bahan mentah.
 – 
Daya beli dolar yang mempengaruhi perekonomian
inflasiContoh: gaji,biaya produksi dan harga
 – 
Sambutan pasar meningkat.Contoh: periode pertumbuhan dalam putaran produk baru.
Teknik yang bisa digunakan:
 – 
Moving average
 – 
Holt’ linear exponential smoothing
 – 
Simple regression
 – 
Growth curve
 – 
Exponential

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->