Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Pendahuluan Asuhan Keperawatan Gastritis Akut

Laporan Pendahuluan Asuhan Keperawatan Gastritis Akut

Ratings: (0)|Views: 31 |Likes:
Published by widododayeen

More info:

Published by: widododayeen on Apr 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/03/2014

pdf

text

original

 
1
Laporan Pendahuluan Asuhan Keperawatan Gastritis AkutA.
 
Pengertian
Menurut Dr. H. Slamet Suyono (2001), gastritis adalah :1.
 
Gastritis adalah segala radang mukosa lambung2.
 
Gastritis adalah inflamasi pada lambung mukosa dan sub mukosa lambung.
B.
 
Penyebab
Menurutwww.indofarma.co.id penyebab yang dapat mengakibatkan gastritis antara lain :1.
 
Infeksi bakteri.Sebagian besar populasi di dunia terinfeksi oleh bakteri H. Pylori yang hidup di bagian dalam lapisan mukosa yang melapisi dinding lambung. Walaupun tidak sepenuhnya dimengerti bagaimana bakteri tersebut dapat ditularkan, namundiperkirakan penularan tersebut terjadi melalui jalur oral atau akibat memakanmakanan atau minuman yang terkontaminasi oleh bakteri ini. Infeksi H. pylori inisekarang diketahui sebagai penyebab utama terjadinya peptic ulcer dan penyebabtersering terjadinya gastritis. Infeksi dalam jangka waktu yang lama akanmenyebabkan peradangan menyebar yang kemudian mengakibatkan perubahan padalapisan perlindungan dinding lambung. Salah satu perubahan itu adalah atrophicgastritis, sebuah keadaan dimana kelenjar-kelenjar penghasil asam lambung secara perlahan rusak.2.
 
Pemakaian obat penghilang nyeri secara terus menerusObat analgesic anti inflamasi nonsteroid (AINS) seperti aspirin, ibuprofen dannaproxen dapat menyebabkan peradangan pada lambung dengan cara mengurangi prostaglandin yang bertugas melindungi dinding lambung. Jika pemakaian obat-obattersebut hanya sesekali maka kemungkinan terjadinya masalah lambung akan kecil.Tapi jika pemakaiannya dilakukan secara terus menerus atau pemakaian yang berlebihan dapat mengakibatkan gastritis dan peptic ulcer.3.
 
Penggunaan alkohol secara berlebihanAlkohol dapat mengiritasi dan mengikis mukosa pada dinding lambung danmembuat dinding lambung lebih rentan terhadap asam lambung walaupun padakondisi normal.
 
2
4.
 
Penggunaan kokain. Kokain dapat merusak lambung dan menyebabkan perdarahandan gastritis.5.
 
Stres fisik Stres fisik akibat pembedahan besar, luka trauma, luka bakar atau infeksi berat dapatmenyebabkan gastritis dan juga borok serta perdarahan pada lambung.6.
 
Kelainan autoimmuneAutoimmune atrophic gastritis terjadi ketika sistem kekebalan tubuhmenyerang sel-sel sehat yang berada dalam dinding lambung. Hal ini mengakibatkan peradangan dan secara bertahap menipiskan dinding lambung, menghancurkankelenjar-kelenjar penghasil asam lambung dan mengganggu produksi faktor intrinsic(yaitu sebuah zat yang membantu tubuh mengabsorpsi vitamin B12). Kekurangan B
12
 akhirnya dapat mengakibatkan pernicious anemia, sebuah konsisi serius yang tidak dirawat dapat mempengaruhi seluruh sistem dalam tubuh.7.
 
Crohn’s disease. Walaupun penyakit ini biasanya menyebabkan peradangan kronis
 pada dinding saluran cerna, namun kadang-kadang dapat juga menyebabkan peradangan pada dinding lambung. Ketika lambung terkena penyakit ini, gejala-gejala
dari Crohn’s disease (yaitu sakit perut dan diare dalam bentuk cairan) tampak lebih
menyolok daripada gejala gastritis.8.
 
Radiasi dan kemoterapi.Perawatan terhadap kanker seperti kemoterapi dan radiasi dapat mengakibatkan peradangan pada dinding lambung yang selanjutnya dapat berkembang menjadigastritis dan peptic ulcer. Ketika tubuh terkena sejumlah kecil radiasi, kerusakantersebut menjadi permanen dan dapat mengikis dinding lambung serta merusak kelenjar penghasil asam lambung.9.
 
Penyakit bile refluk.Bile (empedu) adalah cairan yang membantu mencerna lemak-lemak dalamtubuh. Cairan ini diproduksi oleh hati. Ketika dilepaskan, empedu akan melewatiserangkaian saluran kecil dan menuju ke usus kecil. Dalam kondisi normal, sebuahotot sphincter yang berbentuk seperti cincin (pyloric valve) akan mencegah empedumengalir balik ke dalam lambung. Tapi jika katup ini tidak bekerja dengan benar,maka empedu akan masuk ke dalam lambung dan mengakibatkan peradangan dangastritis.Gastritis ada 2 macam :a.
 
Gastritis Akut
 
3
Tukak beban atau tukak seres merupakan suatu reaksi selintas pada permukaanmukosa lambung oleh akibat iritasi. Pada gastritis ini biasanya ada tukak multipleyang kecilGastritis akut tedapat 2 bentuk reaksi1)
 
Gastritis akut tanpa pendarahan2)
 
Gastritis dengan pendarahan (gastritis hemoragik atau gastritis erosive) b.
 
Gastritis Kronik 1)
 
Gastritis kronik autoimun terjadi karena terbentuknya atibodi terhadap sel pariental2)
 
Gastritis kronik autoimun dan aklorhidra dapat berubah menjadi karsinomalambungFaktor resiko dari gastritis adalah :a.
 
Obat-obatan : aspirin, obat anti inflamasi non steroid (AINS) b.
 
Alkohol , Kafeinc.
 
Gangguan mikrosirkulasi lambung: trauma, luka baker, sepsis. Secaramikroskopik terdapat lesi erosi mukosa dengan lokasi berbeda. Apabila lesi erosimukosa terdapat pada korpus dan fundus maka biasanya disebabkan oleh stress.Apabila karena obat-obatan AINS terutama ditemukan didaerah antrum namundapat juga menyeluruh sedangkan secara mikroskopik terdapat erosi denganregenerasi epitel dan ditemukan reaksi sel inflamasi neutrofil yang minimald.
 
Mikroorganisme : Helicobaeter pykory ( H. philory ), salmonella
C.
 
Manifestasi Klinis Keluhan utama dari gastritis
1.
 
Menurut (Sujono Hadi, 2002)a.
 
Gastritis AkutKeluhan yang sering diajukan pasien adalah : rasa pedih, kadang
 – 
timbul rasa berdenyut-denyut perut atas yang ada hubungan dengan makanan. Keluhan initimbul mendadak setekah makan atau minum-minuman yang iritatif atau korosif  b.
 
Gastritis kronik Keluhan yang sering diajukan oleh penderita pada umumnya bersifat ringan dandirasakan sudah berbulan-bulan bahkan sudah bertahun-tahun. Pada umumnyamengeluh rasa tidak enak diperut atas,lekas kenyang, mual, rasa pedih sebelumatau sesudah makan dan kadang mulut terasa masam.2.
 
Menurut Diane C. Baughman dan Joann C. Heckly, 2000 manifestasi klinis pada :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->