Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perangkat Keras Untuk Internet

Perangkat Keras Untuk Internet

Ratings: (0)|Views: 125|Likes:
Published by sinarsetyatik
yang dibutuhkan untuk dapat mengakses internet
yang dibutuhkan untuk dapat mengakses internet

More info:

Published by: sinarsetyatik on Apr 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/11/2014

pdf

text

original

 
Modem
Berasal dari singkatan
MOdulator DEModulator 
.Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyalinformasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siapuntuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagianyang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data ataupesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterimasehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.Modem merupakan penggabungan kedua-duanya,artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiapperangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnyamenggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lainsebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang seringdigunakan untuk komunikasi pada komputer.Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadisinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasiseperti telepon dan radio.Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dandikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternaldan modem internal.
Modem terbagi atas:
1. Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital2. Modem ADSL3. Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TVKabel4. Modem CDMA5. Modem 3GP6. Modem GSM
Router
 Adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkanpaket data melalui sebuah jaringan atau Internet menujutujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagairouting. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringanlainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakanpenghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).
 
Secara umum, router dibagi menjadi dua buah jenis, yakni:* static router (router statis): adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang disetsecara manual oleh para administrator jaringan.*dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dab membuat tabelrouting dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungandengan router lainnya.
Kartu Jaringan
network interface card 
disingkat NIC atau juga
network car
) adalah sebuahkartuyang berfungsisebagai jembatan darikomputer ke sebuah jaringa n komputer .Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadidua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yangbersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NICEthernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagaiMAC address, yang dapat bersifat statis atau dapatdiubah oleh pengguna.
Webcam
(singkatan dari
web camera
) adalah sebutan bagikamera 
real-time
(bermakna keadaan pada saatini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihatmelalui
, program
, atau aplikasi
video call 
. Istilah“webcam” juga merujuk kepada jenis kamera yangdigunakan untuk keperluan ini. Ada berbagaimacam merek webcam, diantaranya LogiTech,SunFlowwer, dan sebagainya. Webcam biasanyaber resolusisebesar 352×288 / 640×480 piksel.Namun ada yang kualitasnya hingga 1Megapiksel. Sekarang hampir semua kameradigital dan HP bisa dijadikan sebagai kamera web(webcam).
 
Bridge Jaringan
adalah sebuahkomponen jaringanyang digunakanuntuk memperluas jaringanatau membuat sebuahsegmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi didalamlapisan data-linkpada model OSI. Bridge  juga dapat digunakan untuk menggabungkan duabuah media jaringan yang berbeda, seperti halnyaantara mediakabel Unshielded Twisted-Pair (UTP)dengankabel serat optikatau dua buaharsitektur    jaringanyang berbeda, seperti halnya antaraToken  RingdanEthernet. Bridge akan membuat sinyal yang ditransmisikan oleh pengirim tapi tidakmelakukan konversi terhadap protokol, sehinggaagar dua segmen jaringan yang dikoneksikanke bridge tersebut harus terdapat protokol jaringanyang sama (seperti halnyaTCP/IP). Bridge jaringan juga kadang-kadang mendukung protokolSimple Network Management Protocol (SNMP), dan beberapa di antaranya memiliki fitur diagnosislainnya. Terdapat tiga jenis bridge jaringan yang umum dijumpai:Bridge Lokal: sebuah bridge yang dapat menghubungkan segmen-segmen jaringanlokal.Bridge Remote: dapat digunakan untuk membuat sebuah sambungan (link) antaraLANuntukmembuat sebuah Wide Area Network.Bridge Nirkabel: sebuah bridge yang dapat menggabungkan jaringan LAN berkabel dan jaringan LAN nirkabel.
WIRELESS ACCESS POINT
Wi-Fi
merupakan kependekan dari
WirelessFidelity
, yang memiliki pengertian yaitusekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel(
Wireless Local AreaNetworks
- WLAN) yang didasari pada spesifikasiIEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedangdalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebutmenawarkan banyak peningkatan mulai dari luascakupan yang lebih jauh hingga kecepatantransfernya.
Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkatnirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat inilebih banyak digunakan untuk mengaksesinternet. Halini memungkinan seseorang dengankomputer  dengan kartu nirkabel (
wireless card
) atau
(PDA) untuk terhubung dengan internetdengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan
hotspot
) terdekat.
Spesifikasi
Wi-Fi
dirancang berdasarkan spesifikasiIEEE 802.11. Sekarang ini ada empat variasi dari 802.11, yaitu:
802.11a
802.11b
802.11g
802.11n

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->