Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
2.Kedudukan Dokumentasi Di Perpustakaan

2.Kedudukan Dokumentasi Di Perpustakaan

Ratings: (0)|Views: 283|Likes:
Published by sopary
ILDOK
ILDOK

More info:

Published by: sopary on Apr 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/19/2013

pdf

text

original

 
Kedudukan Dokumentasi di Perpustakaan
A.
 
Pengertian Dokumentasi terbatas pada bidang kepustakawanan
 Kepustakawanan adalah penerapan Ilmu Perpustakaan terhadap kegiatan perpustakaanseperti pengadaan dokumen, pengolahan, penyebaran serta perluasan jasa perpustakaan.Perpustakaan ialah gedung tempat menyimpan dokumen tercetak dan tidak tercetak, diatur menurut sistem tertentu untuk digunakan pemustaka.Jadi, bila definisi dokumentasi terbatas pada bidang kepustakawanan, maka dikelompokkanmenjadi tiga kelompok, yaitu:a.
 
Definisi supraposisi
 Definisi supraposisi disebut pula definisi menyeluruh atau posisi atas. Definisi berdasarkansupraposisi menganggap bahwa dokumentasi termasuk dalam perpustakaan, namun maknanyalebih luas daripada perpustakaan. Dokumentasi memiliki makna yaitu segala materi yangmemuat informasi. Bila digambarkan secara sederhana maka terlihat sebagai berikut:Tokoh dokumentasi yang menganut paham ini adalah Paul Otlet (seorang pengacara Belgiayang ikut serta mendirikan organisasi dokumentasi bernama Federation InternationalDocumentation) dan Jesse Shera (pernah menjabat Dekan Sekolah Perpustakaan Case WesternReserve University di Cleveland, Ohio, AS). Otlet mengatakan bahwa dokumentasi ialah pengumpulan, penyusunan, dan penyaluran setiap jenis dokumen dalam setiap bidang kegiatanmanusia. Sedangkan menurut Shera, dokumentasi merupakan organisasi bibliografi, yaitu penyaluran bahan grafis, untuk semua tingkat pemakaian sedemikian rupa agar dapatmemanfaatkan semaksimal mungkin aktifitas social pengalaman manusia terekam.
Dokumentasi
Perpus
 
b. Definisi parallel
Definisi paralel disebut juga definisi juxtaposisi artinya dokumentasi dan perpustakaanmenduduki tempat yang sejajar atau paralel. Yang termasuk kelompok ini antara lain ilmuwanPietsch dan Fill, Komisi Dokumentasi Ikatan Pustakawan Belanda.
 
Pietsch mengatakan pustakawan mengolah sedangkan dokumentalis mengeksploitasi koleksi.Fill mengatakan perpustakaan berkaitan dengan administrasi dokumen sedangkan dokumentasi berkaitan dengan eksploitasi dokumen. Pendapat lain juga tidak terlalu jauh dari pendapat diatas; umumnya mereka menggunakan pendekatan khusus terhadap dokumen. Misalnya, pengolahan buku adalah tugas perpustakaan sedangkan pengolahan artikel majalah merupakantugas dokumentasi. Ada pula yang mengatakan dokumen ilmu-ilmu sosial serta kemanusiaanmerupakan wewenang perpustakaan sedangkan dokumen ilmu pengetahuan dan teknologimenjadi wewenang dokumentasi.
c. Definisi infraposisi
 Definisi infraposisi seringkali disebut definisi subordinasi, maka peranan dokumentasi disini lebih kecil dan posisinya berada di bawah perpustakaan. Yang termasuk kelompok ini adalahKunze dan Bjorkbom. Kunze berpendapat dokumentasi merupakan perluasan dari fungsikepustakawanan. Sedangkan Bjorkbom mengatakan dokumentasi bukanlah sesuatu yang baru.Dia menolak penggunaan istilah dokumentasi dan sebagai gantinya ia menggunakan istilah lain,seperti jasa literatur, jasa perpustakaan, tinjauan literatur, jasa abstrak (intisari karangan), dan pemencaran informasi. Bjorkbom memberi definisi dokumentasi sebagai pekerjaan informasi perpustakaan dan bibliografi yang disesuaikan dengan situasi pada perpustakaan khusus. Walaupun terdapat perbedaan pada hakikatnya perbedaan pada dokumentasi dan perpustakaanterletak pada fungsinya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->