Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
9Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
UU No.09 - 2009 tentang Badan Hukum Pendidikan

UU No.09 - 2009 tentang Badan Hukum Pendidikan

Ratings:

4.71

(7)
|Views: 21,969|Likes:
Published by Indoplaces
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 9 TAHUN 2009 TENTANG
BADAN HUKUM PENDIDIKAN.
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 9 TAHUN 2009 TENTANG
BADAN HUKUM PENDIDIKAN.

More info:

Published by: Indoplaces on Mar 28, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/08/2013

pdf

text

original

 
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 9 TAHUN 2009 TENTANGBADAN HUKUM PENDIDIKANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a. bahwa untuk mewujudkan fungsi dan tujuanpendidikan nasional berdasarkan Pancasila danUndang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, diperlukan otonomi dalam pengelolaanpendidikan formal dengan menerapkan manajemenberbasis sekolah/madrasah pada pendidikan dasardan menengah, serta otonomi perguruan tinggi padapendidikan tinggi;b. bahwa otonomi dalam pengelolaan pendidikan formaldapat diwujudkan, jika penyelenggara atau satuanpendidikan formal berbentuk badan hukumpendidikan, yang berfungsi memberikan pelayanan yang adil dan bermutu kepada peserta didik,berprinsip nirlaba, dan dapat mengelola dana secaramandiri untuk memajukan pendidikan nasional;c. bahwa agar badan hukum pendidikan sebagaimanadimaksud dalam huruf b, menjadi landasan hukumbagi penyelenggara atau satuan pendidikan dalammengelola pendidikan formal, maka badan hukumpendidikan tersebut perlu diatur dengan undang-undang;d. bahwa berdasarkan pertimbangan dalam huruf a,huruf b, dan huruf c, serta untuk melaksanakanketentuan Pasal 53 Undang-Undang Nomor 20 Tahun2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, perlumembentuk Undang-Undang tentang Badan HukumPendidikan;Mengingat . . .
 
 
- 2 -Mengingat : 1. Pasal 5 ayat (1) dan Pasal 20 Undang-Undang DasarNegara Republik Indonesia Tahun 1945;2. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentangSistem Pendidikan Nasional (Lembaran NegaraRepublik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 4301);Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIAMEMUTUSKAN:Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG BADAN HUKUMPENDIDIKAN.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam undang-undang ini yang dimaksud dengan:1.
 
Badan hukum pendidikan adalah badan hukum yang menyelenggarakan pendidikan formal.2.
 
Badan Hukum Pendidikan Pemerintah yangselanjutnya disebut BHPP adalah badan hukumpendidikan yang didirikan oleh Pemerintah.3.
 
Badan Hukum Pendidikan Pemerintah Daerah yangselanjutnya disebut BHPPD adalah badan hukumpendidikan yang didirikan oleh pemerintah daerah.4.
 
Badan Hukum Pendidikan Masyarakat yangselanjutnya disebut BHPM adalah badan hukumpendidikan yang didirikan oleh masyarakat.5. Badan . . .
 
 
- 3 -5.
 
Badan hukum pendidikan penyelenggara, yangselanjutnya disebut BHP Penyelenggara adalah yayasan, perkumpulan, atau badan hukum lainsejenis yang telah menyelenggarakan pendidikanformal dan diakui sebagai badan hukum pendidikan.6.
 
Pendiri adalah Pemerintah, pemerintah daerah, ataumasyarakat yang mendirikan badan hukumpendidikan.7.
 
Masyarakat adalah kelompok warga negaraIndonesia non-pemerintah yang mempunyaiperhatian dan peranan dalam bidang pendidikan.8.
 
Satuan pendidikan adalah kelompok layananpendidikan yang menyelenggarakan pendidikanformal.9.
 
Pendidikan formal adalah jalur pendidikanterstruktur dan berjenjang yang meliputi pendidikandasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.10.
 
Organ badan hukum pendidikan adalah unitorganisasi yang menjalankan fungsi badan hukumpendidikan, baik secara sendiri maupun bersama-sama, sesuai dengan tujuan badan hukumpendidikan.11.
 
Pemimpin organ pengelola pendidikan adalahpejabat yang memimpin pengelolaan pendidikandengan sebutan kepala sekolah/madrasah atausebutan lain pada pendidikan dasar dan pendidikanmenengah, atau rektor untuk universitas/institut,ketua untuk sekolah tinggi, atau direktur untukpoliteknik/akademi pada pendidikan tinggi.12. Pimpinan . . .

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ari Usman liked this
Sun Atapunang liked this
Shaiqul Umam liked this
Dewek Tea liked this
fajriads4928 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->